21 Makanan Yang Tinggi Akan Kandungan Karbohidrat

Diposting pada 236 views

Makanan yang tinggi akan kandungan karbohidrat bisa kita temui dengan mudah di kehidupan sehari-hari.Jenis makan ini hampir setiap harinya kita konsumsi, mengingat fungsinya yang sangat penting.

Karbohidrat berperan penting dalam memberikan asupan energi harian bagi tubuh. Jika tubuh kekurangan karbohidrat, maka bisa dipastikan kondisinya akan lemas dan semua aktifitasnya akan terganggu.

Selain berperan untuk menyuplai energi, karbohidrat juga mempunyai beberapa manfaat lain untuk tubuh. Diantaranya adalah menyeimbangkan proses oksidasi lemak yang tak sempurna dan membantu protein supaya bekerja baik di dalam tubuh.

Maka dari itu, anda wajib memenuhi kebutuhan karbohidrat harian anda. Makanan yang banyak mengandung karbohidrat rasanya sangatlah enak sehingga tidak akan membuat anda benci untuk mengkonsumsinya.

Tanpa banyak basa-basi lagi, silahkan simak beberapa jenis makanan yang tinggi akan kandungan karbohidrat berikut ini.

21 Makanan Yang Tinggi Akan Kandungan Karbohidrat

1. Beras

Makanan Yang Tinggi Akan Kandungan Karbohidrat Beras
Beras

Beras adalah salah satu bahan makanan pokok yang banyak dikonsumsi oleh penduduk Indonesia. Beras sendiri mempunyai 2 jenis yang berbeda. Yaitu beras putih dan beras merah, kedua jenis beras ini sama-sama kaya akan kandungan karbohidrat.

Namun, kandungan karbohidrat di dalam beras merah jauh lebih tinggi dibandingkan beras putih. Beras merah yang sudah dimasak menjadi nasi mengandung 38 karbohidrat disetiap setengah piring nasi.

Sedangkan untuk beras putih, kandungan karboidratnya hanya 40,6 disetiap satu piring.
Sehingga tidak mengherankan apabila beras merah sangatlah dianjurkan untuk dikonsumsi bagi orang yang sedang diet.

Mengkonsumsi sedikit beras merah saja, maka sudah bisa memberi efek kenyang dalam jangka waktu yang lama.

2. Singkong

Makanan Yang Tinggi Akan Kandungan Karbohidrat Singkong
Singkong

Singkong adalah bahan makanan terbaik untuk menggantikan nasi. Di Indonesia sendiri, singkong sudah sejak lama dijadikan pengganti nasi untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat harian.

Baca Juga  Pengertian dan Pemahaman Istilah berawal Huruf G

Di dalam sepotong singkong, terkandung 16%-17% kandungan karbohidrat. Sama halnya dengan beras merah, anda pun juga bisa mendapatkan banyak karbohidrat hanya dengan mengkonsumsi sedikit singkong.

3. Ubi

Makanan Yang Tinggi Akan Kandungan Karbohidrat Ubi
Ubi

Makanan yang tinggi akan kandungan karbohidrat selanjutnya adalah ubi. Di dalam ubi terkandung cukup banyak karbohidrat sehingga tak mengherankan apabila ubi mampu memberi efek mengenyangkan dalam jangka waktu yang lama.Disetiap 8 ons ubi terkandung sekitar 55 gram karbohidrat.

Selain tinggi akan kandungan karbohidrat, ternyata ubi juga mengandung beberpa nutrisi lain seperti Vitamin C, Vitamin A, dan Kalium.Bahkan, kandungan serat tinggi di dalam ubi mampu memperlancar proses pencernaan.Jadi anda tidak perlu ragu-ragu lagi untuk mengkonsumsi ubi.

4. Apel

Makanan Yang Tinggi Akan Kandungan Karbohidrat Apel
Apel

Bagi anda yang sangat suka mengkonsumsi buah, maka apel adalah solusi terbaik untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat harian anda.

Hal ini dikarenakan, di dalam apel terkandung karbohidrat yang sangat tinggi.Anda bisa mendapatkan 23 gram karbohidrat setiap kali mengkonsumsi satu buah apel.

Buah apel sangatlah pas dijadikan sebagai menu makan malam.Untuk anda yang saat ini sedang melakukan diet, maka apel bisa menjadi menu makanan utama anda.

Apel akan memberikan efek kenyang yang cukup sehingga tidak membuat anda terus-terusan lapar.

5. Semangka

Makanan Yang Tinggi Akan Kandungan Karbohidrat Semangka
Semangka

Belum banyak orang yang menyadari jika buah semangka ternyata juga mengandung banyak karbohidrat.

Semangka yang dikenal sebagai buah kaya akan kandungan air, mineral,betakaroten dan Vitamin C ini nyatanya mampu membuat anda merasa kenyang dalam waktu yang lama.Hal ini sudah pasti karena kandungan karbohidrat didalamnya.

Di setiap 100 gram semangka terkandung 8 gr karbohidrat. Sehingga anda bisa mencoba mengkonsumsi buah segar ini untuk memperoleh asupan karbohidrat harian.

6. Kedelai

Makanan Yang Tinggi Akan Kandungan Karbohidrat Kedelai
Kedelai

Kedelai adalah salah satu makanan yang menjadi sumber karbohidrat terbaik. Anda bisa mengkonsumsi aneka olahan kedelai untuk memperoleh karbohidrat. Beberapa olahan kedelai yang sangat disukai adalah tahu, tempe dan susu kedelai.

Baca Juga  Cahaya

7. Mangga

Makanan Yang Tinggi Akan Kandungan Karbohidrat Mangga
Mangga

Apakah anda menyukai mangga? Buah musiman yang terkena dengan rasa manisnya ini ternyata tidak hanya kaya akan manfaat namun ternyata juga mengandung karbohidrat cukup banyak.

Buah mangga sangatlah dianjurkan untuk dikonsumsi karena cukup efektif dalam meningkatkan energi dan stamina. Anda pun juga bisa menjadikannya sebagai jus segar untuk diminum sehari-hari.

8. Pisang

Makanan Yang Tinggi Akan Kandungan Karbohidrat Pisang
Pisang

Pisang adalah buah yang memang layak untuk dijuluki sebagai buah seribu manfaat.Buah ini diperkaya oleh kandungan kalium,serat,berbagai jenis vitamin dan potasium.

Sehingga banyak orang yang suka dengan pisang.Namun disamping itu semua,ternyata pisang juga menjadi salah satu sumber karbohidrat yang mampu membuat anda kenyang saat mengkonsumsinya.

Bahkan para ahli kesehatan banyak yang menyarankan supaya mengkonsumsi pisang secara rutin setiap hari karena kandungan seratnya mampu melancarkan pencernaan di dalam tubuh. Setidaknya terkandung 24 gram karbohidrat di dalam satu buah pisang.

9. Kentang

Makanan Yang Tinggi Akan Kandungan Karbohidrat Kentang
Kentang

Jika di Indonesia kentang tidak sepopuler nasi ataupun singkong, namun nyatanya di berbagai negara lain kentang justru dijadikan makanan pokok.

Hal ini tentu bukan tanpa alasan, kentang adalah salah satu sumber karbohidrat yang mampu memberi efek kenyang jika anda mengkonsumsinya.

Setiap 100 gram kentang yang anda konsumsi, didalamnya terkandung 21 gram karbohidrat.Jadi jangan heran apabila secangkir kentang rebus sudah bisa mengenyangkan perut anda.

Tidak hanya karbohidrat saja, namun di dalam kentang juga terkandung zat besi,kalium,lemak,aneka vitamin seperti Vitamin B6 dan Vitamin C.

10. Jeruk

Makanan Yang Tinggi Akan Kandungan Karbohidrat Jeruk
Jeruk

Tidak mau kalah dengan apel dan mangga, Jeruk pun juga menjadi buah yang kaya akan kandungan karbohidrat.Buah jeruk adalah sumber Vitamin C yang sangat populer dikalangan masyarakat.

Tingginya kandungan Vitamin C pada jeruk bermanfaat untuk membantu pertumbuhan di dalam tubuh. Selain itu jeruk pun juga diperkaya oleh glukosa,asam sitrat,fruktosa,karbohidrat dan sukrosa,
Karbohidrat di dalam jeruk tersebut berkhasiat untuk menjaga perut anda dari rasa lapar.

Baca Juga  Masa- masa Praaksara/ Prasejarah dan Ilmu Bantu Sejarah

Di dalam satu buah jeruk terkandung 14-18,5 karbohidrat.Dengan persentase tersebut jeruk pastinya sangat cocok dijadikan asupan karbohidrat harian.

Selanjutnya : Makanan Yang Tinggi Akan Kandungan Karbohidrat No 11 – 21

Loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.