Daftar 7 Keajaiban Dunia Terbaru Versi Unesco

Diposting pada 354 views

7 Keajaiban Dunia Terbaru ~ Berbicara mengenai keajaiban warisan dunia, yang ada pikiran banyak orang tentulah situs- situs bersejarah dengan bentuk indah dan penuh akan nilai artistik di dalamnya.

Dan memang begitulah faktanya. Keberadaan situs warisan dunia sendiri telah secara resmi ditetapkan dan dipilih dari seratus juta lebih situs ataupun bangunan peninggalan sejarah penting di dunia.

Dari banyaknya situs dan tempat bersejarah yang ada, terdapat 7 keajaiban dunia yang menarik untuk dibahas, karena ketujuhnya terpilih dari ribuan situs di dunia sebagai yang terbaik (versi unesco).

7 Keajaiban Dunia Terbaru

Tertarik ingin tahu lebih lanjut situs apa saja yang di maksud 7 keajaiban dunia terbaru , simak ulasannya berikut ini.

1. The great wall di negara china

7 Keajaiban Dunia Terbaru The Great Wall di Negara China
The Great Wall di Negara China

The great wall yang berlokasi di negara china merupakan sebuah tembok besar yang menghubungkan antara satu benteng dengan benteng yang lain dengan tujuan melindungi wilayah china yang kala itu mendapat serangan dari suku mongol.

Tembok besar yang satu ini dibangun papa tahun 722 sebelum masehi atau tepatnya ketika zaman musim semi hingga zaman kekuasaan dinasti ming pada tahun 1655.

Dengan masa pembangunan yang memakan waktu sangat lama tersebut tidak heran jika bangunan ini disebut sebagai bangunan terbesar sepanjang sejarah peradapan manusia. The great wall sendiri dibangun secara membentang di atas gurun, dataran hingga pegunungan layaknya seekor naga raksasa.

Setelah dilakukan pengukuran oleh badan survei dan pemetaan serta badan administrasi warisan budaya republik rakyat china di tahun 2009, hasil survei menyatakan jika tembok ini memiliki panjang 8.850km.

Di tahun 1987, the great wall resmi masuk sebagai salah satu situs warisan dunia oleh unesco. Hebatnya lagi, tembok besar di china ini,menjadi satu- satunya situs buatan manusia yang dapat terlihat dari luar angkasa, meski banyak juga yang menyangkal hal ini.

2. Machu picchu di peru

7 Keajaiban Dunia Terbaru Machu Picchu di Peru
Machu Picchu di Peru

Daftar keajaiaban dunia yang selanjutnya adalah machu picchu yang juga merupakan reruntuhan inka di lembah pegunungan urubamba, peru.

Baca Juga  Kelebihan dan Kelemahan Sekolah Full Day Untuk Peserta Didik

Reruntuhan yang satu ini awalnya adalah sebuah kota yang dibangun pada tahun 1450 oleh kerajaan inka. Kota tersebut lantas ditinggalkan oleh penduduknya saat kerajaan inka takluk atas serangan spanyol.

Jika diartikan secara langsung ke bahasa indonesia, machu picchu memiliki arti sebagai gunung tua. Situs sejarah yang satu ini, ditemukan kembali oleh seorang arkeolog dari universitas yale yakni hiram bingham pada tahun 1911. Machu pichu juga menjadi salah satu warisan dunia unesco secara resmi di tahun 1983.

3. Petra di yordania

7 Keajaiban Dunia Terbaru Petra di Yordania
Petra di Yordania

Petra merupakan sebuah kota yang dibangun pada tebing berbatu di yordania. Dalam bahasa indonesia, kata petra sendiri memiliki arti  “batu”.

Awalnya petra adalah ibukota atas kerajaan nabatean yang dibangun oleh raja aretas iv di tahun 9 sm dan selesai pada tahun 40 sm.

Adapun penemuan kembali situs bersejarah ini dilakukan oleh seorang pengelana yang berasal dari swiss dengan nama johann ludwig burkhardt di tahun 1812.

Pada tanggal 6 desember 1985, petra di yordania ditetapkan sebagai warisan dunia oleh unesco. Keberadaan petra di yordania menjadi simbol dari teknik dan pelindungan.

4. Christ the redeemer di rio de janeiro brasil

7 Keajaiban Dunia Terbaru Christ the redeemer di rio de janeiro brasil
Christ the redeemer di rio de janeiro brasil

Situs warisan dunia yang selanjutnya adalah christ the redeemer atau patung kristus penebus yang terletak di atas gunung corcovado kota rio de janeiro. Adapun tinggi patung mencapai 38 meter dan membutuhkan waktu hingga 5 tahun lamanya untuk penyelesaian.

Patung kristus penebus ini diresmikan pada tahun 1931 dan menjadi satu diantara 5 monumen terbaik yang ada di dunia. Adapun tangan patung yang terbuka dianggap sebagai simbol kehangatan dari penduduk brasil dalam menyambut para wisatawan yang datang.

5. Pyramid at chichen itza di meksiko

7 Keajaiban Dunia Terbaru Pyramid at Chichen Itza di Meksiko
Pyramid at Chichen Itza di Meksiko

Pyramid at chichen itza, merupakan sebuah bangunan yang dibuat dengan bentuk layaknya piramida. Bangunan ini dipercaya sebagai pusat dari kegiatan politik serta ekonomi bangsa maya kala itu.

Baca Juga  Biografi Tentang Moh. Hatta dan Perjuangannya

Keberadaan warisan dunia yang satu ini semakin menarik dengan adanya bangunan seribu tiang, candi chac mool dan piramida kulkucan yang ada di sekitarnya.

Pada tahun 1988, bangunan yang juga dibangun sekitar tahun 800 sm ini dinyatakan secara resmi sebagai situs warisan dunia oleh unesco.

6. Roman colosseum di roma italia

7 Keajaiban Dunia Terbaru Roman Colosseum di Roma Italia
Roman Colosseum di Roma Italia

Roman colosseum yang dibangun di roma italia, merupakan sejenis bangunan yang digunakan sebagai penyelenggaraan atas pertunjukan spektakuler yakni duel antara binatang.

Situs warisan dunia yang satu ini dibangun oleh kaisar vespasian di masa dominitianus pada tahun 72 m. Adapun penyelesaian pembangunannya dilakukan oleh anaknya titus di tahun 80 masehi.

Pada tahun 1980, unesco secara resmi menyatakan jika colosseum roma menjadi salah satu situs warisan dunia.

7. Taj mahal di india

7 Keajaiban Dunia Terbaru Taj mahal di india
Taj mahal di india

Sejarah mengatakan jika taj mahal merupakan salah satu bukti kecintaan kaisar mughal kelima pada istrinya yakni mumtaz mahal.

Keberadaan situs ini dibuat untuk mengenang sang istri yang terlebih dahulu wafat ketika melahirkan putrinya, gauhara begum. Gauhara begum sendiri merupakan anak dari pasangan ini yang ke 14.

Letak monumen sendiri berada di agra india yang dibangun pada tahun 1630 dan selesai di tahun 1653. Adapun penetapan situs taj mahal sebagai salah satu warisan dunia, terjadi pada tahun 1983.

Beberapa daftar di atas, merupakan bangunan yang dianggap sebagai warisan budaya menakjubkan dan tentunya dapat anda masukkan sebagai area wisata anda yang selanjutnya.

Hingga kini ada banyak sekali negara yang mendaftarkan situs peninggalan pada negara mereka sebagai salah satu situs warisan dunia. Meski demikian, unesco memiliki kriteria tersendiri dalam pemilihan situs- situs warisan yang ada / 7 Keajaiban Dunia Terbaru.

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *