Aliexpress INT
Kirim Artikel
Need Backlink From This Web PRchecker.info

9 Teknik Pembuatan Lukisan Dalam Melukis

Seni lukis merupakan salah satu cabang seni rupa yang berdimensi dua. Seni lukis adalah ekspresi dalam bentuk gambar. dalam artikel ini akan kita bahas tentang teknik melukis.

Dalam hal cara melukis juga harus memperhatikan unsur ungkapan perasaan. Melukis disini bisa berarti menghasilkan karya lukisan, sketsa, maupun gambar. Keberhasilan sebuah lukisan karena seniman berhasil menyusun unsur- unsur lukisan itu menjadi suatu ungkapan perasaan.

Unsur (elemen) visual suatu lukisan antara lain garis, bidang, warna, tekstur, gelap terang, komposisi, nada, dominasi, dan kesatuan.

Teknik Melukis
Teknik Melukis

Macam Teknik Melukis

Yang juga harus diperhatikan dalam melukis adalah teknik melukis itu sendiri, ada beragam teknik melukis yang bisa digunakan untuk membuat suatu lukisan. Adapun “9 Teknik Melukis” yaitu :

1. Teknik Aquarel

Teknik aquarel adalah teknik melukis dengan menggunakan cat air dengan sapuan warna tipis sehingga menghasilkan warna transparan.

2. Teknik Plakat

Teknik plakat yaitu teknik melukis dengan menggunakan cat poster, cat minyak, cat akrilik dengan sapuan warna yang tebal, sehingga menghasilkan warna yang padat dan menutup.

3. Teknik semprot / spray

Teknik spray dikenal sebagai teknik semprot, yaitu teknik melukis dengan bahan dasar bahan cair yang digunakan dengan menggunakan sprayer. Teknik ini banyak digunakan untuk membuat reklame visual.

4. Pointilis

Pointilis adalah teknik melukis dalam membuat gelap terang objeknya dengan membuat unsur- unsur titik.

5. Tempera

Tempera adalah teknik melukis pada dinding bangunan ketika dinding masih basah cat mulai disapukan sehingga hasilnya menyatu dengan arsitekturnya. Lukisan dinding sering disebut juga dengan gambar mural.

6. Teknik kolase

Teknik kolase adalah teknik dengan cara menempel. Ide- idenya dari abstrak sampai realis. Bahan yang digunakan bervariasi dari yang murah sampai ke yang paling mahal dapat digunakan sebagai media dengan cara merangkai atau merakit suatu karya seni.

7. Teknik mozaik

Teknik ini dilukiskan pada bagian dinding, lantai, ataupun langit- langit bangunan. Idenya dari yang abstrak sampai yang realis, sedangkan pelaksanaanya dengan menempelkan batu- batuan kecil atau kaca berwarna maupun benda- benda berwarna. hasil lukisan teknik ini banyak terdapat di Mesir, India dan Tiongkok(China).

8. Teknik Cat Minyak

Teknik pengerjaan ini sering dikerjakan beberapa seniman dalam pameran seni lukis. Cara ini dikerjakan lebih bebas baik konvensional maupun nonkonvensional. Dapat dikerjakan dengan atau Iijn olie, atau yang nonkonvensional misalnya cat air tersebut dicampur dengan semen putih, pasir atau bahan eksperimen lainnya. Bahkan pelukis besar seperti Affandi melukis langsung dari tube cat tanpa bantuan kuas. Media yang digunakan adalah kanvas, kain blaco, kertas, karton, papan, dan kaca.

9. Teknik Fresco

Teknik ini merupakan lukisan dinding(mural) yang menggunakan cat air sebagai media alat berekspresi. Berdasar istilahnya, fresco berasal dari kata fresh yang artinya segar. Maksudnya lukisan diniding ini dilakukan pada saat dinding tersebut dalam keadaan basah. Karena lapisan dinding basah, maka cat akan melekat kuat.

Demikian artikel tentang “9 Teknik Pembuatan Lukisan Dalam Melukis” ini saya buat dan saya susun, SEMOGA BERMANFAAT.

Salam PC (Prestasi Cemerlang)

Loading...
loading...
15 Comments

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *