Dampak Buruk Makan Berlebihan Bagi Kesehatan

Diposting pada 439 views

Akibat Makan Berlebihan

Makan merupakan salah satu kebutuhan pokok bagi manusia sehari- hari. Tanpa makan, tubuh kita tidak akan mendapatkan energi yang cukup untuk bergerak. Meski demikian, tidak lantas anda diperbolehkan makan secara berlebihan dan tanpa aturan. Makan secara berlebihan, bukan hanya sebagai suatu tindak pemborosan namun juga tidak baik bagi kesehatan. Apa akibat makan berlebihan ?

Akibat Makan Berlebihan
Akibat Makan Berlebihan

Ada beberapa hal yang harus diwaspadai terkait dengan makan secara berlebihan. Berikut ini adalah beberapa akibat makan berlebihan, diantaranya adalah:

1. Berat Badan Naik

Berat badan yang tidak ideal, merupakan masalah tersendiri bagi sebagian orang. Terutama bagi kaum hawa yang namanya berat badan naik, tentu membuat mereka kelimpungan.

Terlebih jika pola makan berlebih tidak disertai dengan aktivitas pendukung layaknya olahraga, maka berat badan akan makin berkembang dengan tidak terkendali. Mengonsumsi makanan sebaiknya dipilih dari jenis makanan bernutrisi dan tidak hanya sekedar mengikuti nafsu pribadi.

Banyak makan juga membuat kerangka tubuh anda tertekan. Akibatnya tubuh akan semakin sulit untuk digunakan secara bebas bergerak.

2. Gangguan Pencernaan

Naiknya berat badan bukan satu- satunya masalah yang akan anda hadapi jika terlalu banyak makan. Gangguan pencernaan adalah dampak buruk lainnya yang akan anda dapatkan. Makan tanpa batasan dan tidak pandang bulu pada jenis makanan yang dikonsumsi, membuat pencernaan dalam tubuh anda mudah mengalami gangguan.

Gangguan yang sudah umum terjadi akibat makan tanpa aturan adalah perut kembung dan dipenuhi oleh gas. Tidak hanya itu, namun tulang dan persendian yang sakit merupakan dampak lainnya yang sering terjadi pada mereka yang gemar makan tanpa aturan.

3. Turunnya Rasa Kepercayaan Diri

Akibat terlalu banyak makan, adalah bentuk tubuh yang semakin lebar. Jika kenaikan tubuh yang dialami tidak lagi terkontrol, maka dampaknya adalah krisis percaya diri. Terutama bagi perempuan, penampilan sehari- hari mereka, mempengaruhi bagaimana cara mereka bertindak.

Semakin ideal dan bagus tubuh mereka, dengan sendirinya dia akan semakin percaya diri. Hal ini berlaku pula sebaliknya, saat tubuh mereka gemuk, maka kepercayaan diri akan merosot.

Mengonsumsi makanan, harus dilakukan dengan baik dan teratur serta dengan batasan tertentu. Perlu diketahui, tidak semua kalori yang diasup oleh tubuh akan dibakar sebagai energi. Terutama jika tidak dibarengi dengan aktivitas fisik, maka penimbunan lemak serta kalori akan menjadi masalah tersendiri bagi berat badan yang anda miliki.

Demikian beberapa akibat makan berlebihan bagi tubuh. Semoga bermanfaat.

Loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.