APA ITU KORUPSI ?

Diposting pada 478 views
Ilmu Pengetahuan ( Event Zero Indonesia )

APA ITU KORUPSI ?

Korupsi berasal dari bahasa Latinyaitu corruptio yang di ambil dan diartikan dari kata kerja corrumpereyang bermakna menyogok, memutarbalik, menggoyahkan, rusak , busuk yang merupakan suatu tindakan pejabat publik, baik politisimaupun pegawai negeri, serta pihak lain yang terlibat dalam tindakan itu yang secara tidak wajar dan tidak legal menyalahgunakan kepercayaan publik yang dikuasakan kepada mereka untuk mendapatkan keuntungan sepihak. Namun korupsi bias pula diartikan dalam sederhananya yaitu tindakan yang merugikan bagi kebanyakan orang atau perorangan yang hak maupun pendapatannya di ambil secara diam-diam ataupun direncanakan dengan secara sistematis maupun tanpa disadari sehingga mampu berpotensi merugikan pihak lain maupun orang lain.

Tentu saja tindakan korupsi ini memiliki jeratan hukum ataupun sanksi yang bermacam-macam apabila dilakukan baik dalam perusahaan maupun dalam suatu lembaga kenegaraan, tergantung pada berat ringannya yang dikorupsi. Namun kita ketahui dizaman sekarang banyak penggunaan kata korupsi ini hanya ada di dalam lembaga pemerintahan saja. Namun saya ketahui bahwa korupsi itu bukan hanya terjadi dalam suatu lembaga pemerintahan saja melainkan hingga dalam kehidupan bermasyarakt hingga ke dalam ruang lingkup sekolah. Mungkin ada yang bertanya, ruang lingkup yang bagaimana sih yang dikorupsi di sekolah itu ? dan apa yang dikorupsi?


Pastinya korupsi yang terjadi dalam ruang lingkup sekolah itu mencakup mengatur keuangan sekolah baik yang diterima maupun yang dikeluarkan demi kebutuhan sekolah maupun anak didik. Apa yang di korupsi ? jawab’’ Dana Bos dan BSM. Dan itu sudah sangat tidak asing bagi pemegang kekuasaan. Namun itu hanya contoh saja. Bila ingin mengetahui kebenarannya, jadilah seorang Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang berintegritas tinggi, maksudnya yaitu menjadi seorang yang memiliki kejujuran dan tanggungjawab yang tinggi dan berkualitas. Tidak menjadi seorang LSM yang pergi ketika diberi uang sogokan 10 ribu rupiah bahkan mungkin 5 ribu pun diterima.

Bila itu terjadi, maka itu menunjukkan kualitas harga diri anda sangat rendah. Begitu pula para koruptor Negaraku ini, apalagi yang dari provinsiku ini, sudah terbukti tapi tetap seperti tidak ada masalah. 

Semoga Artikel ini memberi manfaat dan menambah wawasan kita dalam pelanggaran yang disebabkan oleh Korupsi.

Salam GENUS (Generasi Penerus)

 

Loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.