Bagian-Bagian Utama Mesin Diesel Dan Penjelasannya

Diposting pada 1.942 views
Ilmu Pengetahuan ( Event Zero Indonesia ) Tentu saja mesin diesel akan bisa bekerja dan berfungsi dengan baik haruslah tersusun atas komponen-komponen yang lengkap dari mesin diesel tersebut. Sebab apabila komponen atau bagian dari mesin diesel tersebut tidak ada atau tidak dengan keadaan baik atau lengkap, maka mesin diesel tidak akan bekerja dengan apa yang diharapkan sebab bagian-bagian utama dari diesel menunjang kinerja dari mesin diesel.

Berikut merupakan bagian-bagian utama yang berfungsi sebagai penunjang operasional mesin diesel adalah sistem bahan bakar, sistem pendingin, sistem pelumasan, sistem udara dan gas bekas.

1. Sistem Bahan Bakar

Pada sistem bahan bakar ini memiliki fungsi untuk mengalirkan bahan bakar mulai dari tangki bahan bakar sampai menyemprotkan dari pengabut pada waktu pembakaran di dalam silinder. Jenis bahan bakar yang digunakan umumnya pada mesin diesel ini adalah minyak solar atau minyak IDO (Ignation Diesel Oil).

2. Sistem pendingin

Saat genset beroperasi, maka temperatur kerja mesin akan meningkat. Untuk menurunkannya diperlukan sistem pendingin dengan menggunakan air. Air yang digunakan untuk sistem pendinginan adalah air murni yang tidak mengandung kotoran dan kadar garam untuk mencegah terjadinya korosi. Air tersebutlah yang berfungsi untuk mendinginkan blok silinder dan turbocharger.
Bagian-Bagian Utama Mesin Diesel Dan Penjelasannya

3. Sistem Pelumasan

Pada sistem pelumasan adalah untuk mengurangi keausan mesin dengan cara mengalirkan minyak pelumas dari karter ke bagian-bagian yang memerlukan pelumas pada waktu mesin sedang beroperasi atau keadaan hidup.

4. Sistem Udara dan Gas Bekas

Pada sistem udara dan gas bekas (buang) ini tentu memiliki fungsi untuk mengatur udara pembakar ke dalam ruang bakar atau silinder di waktu langkah isap. Udara ini dikompresikan waktu langkah kompresi dan mengeluarkan gas bekas dari silinder waktu langkah buang. Bila anda melihat knalpot, maka di artikel ini akan sedikit menjelaskannya bahwa knalpot adalah bagian dari mesin diesel yang berfungsi untuk menyalurkan gas bekas sisa pembakaran ke udara luar selain itu knalpot berfungsi juga sebagai peredam getaran akibat ledakan pembakaran dan tekanan gas buang.

Demikianlah artikel ini dibuat semoga dapat membantu dan bermanfaat bagi anda.

Baca Juga  MASALAH YANG TERJADI JIKA HUBUNGAN TAK HARMONIS

Salam GENUS (Generasi Penerus)

Loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.