Perlukah Warga Indonesia Belajar Bahasa Indonesia

Diposting pada 567 views

Bahasa merupakan media yang dapat mengantarkan kita untuk memperoleh informasi dan ilmu pengetahuan. Sebagai bahasa nasional di Indonesia, maka sewajarnya Anda juga harus tetap mempelajari bahasa Indonesia, sejak pendidikan sekolah dasar hingga perguruan tinggi.

Peristiwa yang cukup mengejutkan adalah masih banyak mahasiswa di Indonesia yang belum menguasai bahasa negara Indonesia dengan baik dan benar. Sehingga Dirjen Depdiknas RI memutuskan untuk tetap memberikan pelajaran di sekolah-sekolah di Indonesia, hingga perguruan tinggi.

Selain masalah itu, ada beberapa hal yang harus Anda ketahui yang menjadi alasan adanya pelajaran bahasa kebangsaan Indonesia di Indonesia. Berikut adalah penjelasan selengkapnya. Silahkan untuk disimak secara keseluruhan.

Bahasa Indonesia Bahasa Persatuan
Bahasa Indonesia Bahasa Persatuan

Bahasa Indonesia

Bahasa persatuan Indonesia merupakan bahasa yang lahir langsung dari negara Indonesia. Bahasa ini memiliki peran sebagai kemakmuran negara. Karena negara kita yang memiliki keanekaragaman bahasa dan budaya.

Bahasa kebangsaan Indonesia hingga saat ini masih mengalami  perkembangan mengenai jumlah kosakata yang terus bertambah. Sehingga Bahasa Indonesia merupakan cara yang tepat untuk menjaga Bhineka Tunggal Ika di Indonesia.

Manfaat dan Tujuan Pembelajaran Bahasa Indonesia di Indonesia

  1. Menghargai bahasa dan kebudayaan yang ada di Indonesia walaupun Indonesia terdiri dari berbagai macam suku, agam, budaya, ras, dan sebagainya.
  2. Dapat menggunakan Bahasa negara Indonesia yang baik dan benar sesuai EYD.
  3. Berkomunikasi dengan baik dan tepat menggunakan Bahasa Indonesia, baik melalui tulisan maupun secara lisan.
  4. Menjadi insan yang lebih bangga dengan Indonesia dan seluruh kebudayaan yang ada di dalamnya.
  5. Lebih memahami penggunaan Bahasa Negara serta mengembangkan kemampuan intelektual.
  6. Memelihara kesadaran akan penggunaan Bahasa Bangsa Indonesia sehingga dapat menerapkan-nya dengan menggunakan ejaan yang benar.
  7. Meningkatkan keterampilan peserta didik mengenai penggunaan Bahasa Indonesia.
  8. Dapat berguna hingga di dunia pekerjaan, karena saat kita berhadapan dengan klien tentu akan mengutamakan Bahasa baku  Indonesia dari pada bahasa daerah masing-masing.

Jadi, belajar Bahasa Nasional Indonesia harus dilakukan secara berkesinambungan agar hasil yang didapat dapat tercapai. Bertambahanya usia warga Indonesia bukan suatu jaminan bertambahnya penguasaan terhadap Bahasa Bangsa.

Jadi, alangkah baiknya jika pendidikan Bahasa Indonesia diberika sejak dini hingga jenjang perguruan yang tertinggi. Guna menjaga dan mempertahankan kelestarian Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Demikian artikel yang dapat kami bagikan kepada pembaca. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda semua.

Loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.