Bahaya Bahan Plastik Pada Toples atau Wadah Bagi Kesehatan

Diposting pada 373 views

Bahaya Bahan Plastik Bagi Kesehatan

Banyak yang belum tahu, kalau sebenarnya banyak toples atau wadah makanan yang digunakan untuk tempat bekal, tempat sayur, tempat nasi dan lain-lain ternyata berbahaya bagi kesehatan. Artikel ini akan membahas bahaya bahan plastik pada toples atau wadah makanan dan lainnya.

Selain menyimpan sayur, nasi dan lain-lain di dalam wadah yang terbuat dari kaca atau stainless, menyimpannya di dalam wadah plastik merupakan hal yang sering kita temui di lingkungan kita. Selain murah harganya dan mudah ditemui di pasar berbagai wadah makanan atau sayur seperti toples, tempat bekal, piring atau mangkuk yang terbuat dari plastic tidak mudah pecah dibandingkan yang terbuat dari kaca.

Bahaya Bahan Plastik Bagi Kesehatan
Bahaya Bahan Plastik Bagi Kesehatan

Namun apakah anda sudah tahu bahwa hal ini dapat menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan.

Untuk diketahui bahwa plastik merupakan materi sintesis yang terbuat dari berbagai macam zat. Meski beberapa jenis plastik aman digunakan, tapi penggunaan secara terus menerus akan berdampak buruk pada kesehatan.

Didalam plastik mengandung zat kimia yang bernama phthalates. Yang membuat plastik menjadi fleksible dan lentur yang membuatnya tidak mudah pecah. Namun hal itu berkaitan dengan berbagai masalah kesehatan seperti kanker lever, memicu masalah reproduksi dan lain-lain.

Dan seperti yang kita ketahui bahwa plastik sulit diuraikan, memerlukan waktu puluhan bahkan ratusan tahun untuk menguraikannya. Dan jika terus menerus plastik bertambah bisa kita bayangkan masa depan akan dipenuhi oleh sampah sampah plastik.

Jadi sebaiknya kita membeli wadah sayur, piring, gelas maupun mangkuk yang terbuat dari kaca atau stainless demi menghindari hal-hal yang tidak baik bagi kesehatan kita dan keluarga kita. Apa artinya uang dibandingkan dengan kesehatan keluarga kita.

Tips Memilih Bahan Plastik

Tapi jika terpaksa keadaan harus membeli wadah yang terbuat dari plastik, ini adalah tips tips-nya untuk memilih barang yang kurang be-resiko.
Berikut tips-tips-nya :

  1. Cium wadah atau toples yang hendak dibeli, usahakan membeli barang yang tidak ada bau plastik-nya atau yang baunya tidak menyengat. Karena biasanya yang berbau plastik menyengat berbahaya bagi kesehatan dan baunya susah hilang meski sudah digunakan berulang kali.
  2. Pilih barang dengan merk yang sudah terpercaya. Biasanya harganya mahal karena bahan yang digunakan adalah bahan-bahan yang bagus berkualitas dan beresiko rendah terhadap kesehatan.
  3. Hindari barang dengan warna yang mencolok. Karena biasanya terkandung zat zat pewarna yang berbahaya.

Sekian beberapa tips yang bisa saya sampaikan. Semoga bermanfaat.

Loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.