Kebutuhan Manusia Di Lihat Dari Berbagai Sudut Pandang

Diposting pada 587 views

Beragam Jenis Kebutuhan Manusia ~ Kebutuhan manusia harus dipenuhi untuk bisa bertahan hidup atau untuk memuaskan hasrat yang timbul. Ada banyak sekali jenis kebutuhan manusia yang harus dipenuhi bukan hanya kebutuhan primer saja.

Beragam jenis kebutuhan manusia
Beragam jenis kebutuhan manusia

Beragam jenis kebutuhan manusia

1. Kebutuhan manusia menurut intensitas kegunaannya

Jika dibedakan menurut intensitas kegunaannya, kebutuhan manusia dapat dibedakan seperti yang berikut ini.

a. Kebutuhan mutlak

Jenis kebutuhan yang satu ini harus dipenuhi dan tidak mungkin untuk ditinggalkan. Contoh kebutuhan mutlak adalah kebutuhan makan dan minum yang harus dipenuhi sehari-hari. Jika tidak, maka kehidupan manusia bisa terancam dan mati.

b. Kebutuhan primer

Jenis kebutuhan manusia yang satu ini harus bisa dipenuhi oleh manusia jika ingin hidupnya baik dan layak. Beberapa contoh kebutuhan primer antara lain adalah makanan, minum, pakaian serta rumah.

c. Kebutuhan sekunder

Kebutuhan sekunder merupakan salah satu jenis kebutuhan yang muncul setelah seseorang telah mampu memenuhi kebutuhan primer. Kebutuhan tiap orang berbeda antara satu dengan yang lain.

Contoh dari kebutuhan sekunder adalah mobil bagi mereka yang memiliki penghasilan tinggi sementara mereka dengan penghasilan rendah, umumnya menginginkan barang mewah.

d. Kebutuhan tersier

Jenis kebutuhan tersier adalah kebutuhan dengan tingkat pemenuhan setelah kebutuhan yang lain seperti kebutuhan primer dan sekunder terpenuhi.

2. Kebutuhan menurut waktunya

Jika dibedakan menurut waktunya, kebutuhan manusia dapat dibedakan seperti yang berikut ini.

a. Kebutuhan sekarang

Kebutuhan sekarang merupakan jenis kebutuhan yang harus dipenuhi saat ini juga dan tidak boleh ditunda-tunda. Beberapa contoh kebutuhan sekarang adalah obat bagi orang dan makanan untuk mereka yang tengah kelaparan.

b. Kebutuhan mendesak

Kebutuhan mendesak dapat terjadi ketika seseorang membutuhkan sesuatu secara tiba-tiba. Contoh dari jenis kebutuhan ini adalah bantuan bagi masyarakat yang terkena musibah, kebutuhan untuk berkonsultasi pada pengacara atau konsultan kesehatan.

Baca Juga  Pengertian Cuaca Dan Iklim serta Unsur-Unsur yang Menyertaianya

c. Kebutuhan di masa yang akan datang

Jenis kebutuhan ini merupakan jenis kebutuhan yang pemenuhannya dapat dilakukan di kemudian hari. Kebutuhan ini masih bisa ditunda karena tidak terlalu mendesak penggunaannya. Contoh dari kebutuhan ini adalah menabung.

3. Kebutuhan manusia menurut sifatnya

Jika dibedakan menurut sifatnya, kebutuhan manusia dapat dibedakan seperti yang berikut ini.

a. Kebutuhan jasmani

Kebutuhan jasmani merupakan kebutuhan yang berhubungan dengan jasmani atau fisik seseorang. Kebutuhan ini mendorong manusia untuk menjaga penampilan serta menjaga kesehatannya. Contoh dari kebutuhan jasmani adalah rolahraga serta mengonsumsi menu makanan sehat.

b. Kebutuhan rohani

Jenis kebutuhan yang satu ini merupakan salah satu kebutuhan manusia yang behubungan dengan kesehatan jiwa. Adapun contoh kebutuhan rohani adalah beribadah sesuai dengan petunjuk agama masing-masing, berekreasi, dan bersosialisasi.

4. Kebutuhan kebutuhan berdasarkan subjek yang dibutuhkan

Jika dibedakan menurut subjek yang dibutuhkan, kebutuhan manusia dapat dibedakan seperti yang berikut ini.

a. Kebutuhan individual

Jenis kebutuhan ini adalah kebutuhan yang berguna untuk perorangan. Antar satu individual tentu berbeda satu dengan yang lain.

b. Kebutuhan kolektif

Kebutuhan kolektif adalah kebutuhan yang berguna untuk banyak orang. Contoh dari kebutuhan ini adalah rumah sakit, pasar, jembatan, sekolah, dan angkutan umum.

5. Kebutuhan menurut sosio-budaya

Kebutuhan ini memiliki kaitan yang erat dengan lingkungan serta kondisi masyarakat sekaligus dengan sifat psikologis manusia. Kebutuhan ini meliputi kebutuhan sosial serta psikologis seseorang.

a. Kebutuhan sosial

Dalam kehidupan bermasyarakat, tiap orang memiliki status yang berbeda antara satu dengan yang lain. Manusia akan melakukan tugasnya masing-masing sesuai dengan status serta kedudukan yang mereka miliki. Contoh dari kebutuhan ini adalah memberi sumbangan pada seseorang.

Baca Juga  Pengertian dan Macam- macam Gempa Bumi

b. Kebutuhan psikologis

Kebutuhan psikologis memiliki kaitan erat dengan sifat rohani manusia dan tidak memiliki nilai ekonomis karena tidak semua jenis kebutuhan ini dapat dipenuhi dengan mengandalkan ekonomi. Sebagai contoh adalah rasa aman, rasa tentram, kebebasan serta kebahagiaan.

Ada begitu banyak jenis kebutuhan yang harus dipenuhi oleh manusia. Jika kebutuhan primernya telah terpenuhi, maka akan muncul jenis kebutuhan yang lain sesuai dengan kemampuan mereka.

Beragam jenis kebutuhan manusia sendiri umumnya dipengaruhi oleh faktor lingkungan, faktor alam serta faktor adat istiadat. Meski telah terpenuhi kebutuhan dasarnya, namun kebutuhan manusia akan mengalami peningkatan karena sifat manusia yang tidak pernah berpuas diri.

Loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.