Buah Tomat dan khasiatnya

Diposting pada 176 views

Tentang buah Tomat

Mengingat berbagai macam zat yang terkandung dalam buah tomat dan sangat berguna bagi manusia, maka sudah selayaknya apabila tomat ditanam dan dikembangkan, dan dapat dibudidayakan lebih lanjut. 


Menanam tomat dapat dilakukan oleh siapapun, karena tanaman tomat hanya membutuhkan penanganan yang minim. Oleh sebab itu lebih bijaksana apabila setiap keluarga melakukan penanaman sayuran buah ini. 

Menanam tomat tidak sukar,. Tanaman ini dapat tumbuh dimana saja, asal masih bias mendapatkan sinar matahari yang penuh sepanjang hari. Jumlah penyinaran matahari akan mempengaruhi banyaknya kadar vitamin C dalam buah tomat. 

Buah Tomat dan khasiatnya
Kadar vitamin C buah tomat akan rendah bila tanaman mendapat jumlah penyinaran rendah, demikian sebaliknya. Tanaman ini juga bisa ditanam di pot-pot seperti layaknya orang menanam bunga.

Manfaat tomat sebenarnya sudah di teliti sejak lama, beberapa peneliti mendapatkan bahwa tomat dapat mengobati ganguan pencernaan, diare, memulihkan fungsi lever dan serangan empedu. 


Selain itu juga ditemukan bahwa gel berwarna kuning yang menyelubungi biji tomat dapat mencegah penggumpalan dan pembekuan darah penyebab stroke dan penyakit jantung. Tomat juga mampu memulihkan lemah syahwat dan meningkatkan jumlah sperma serta menambah kegesitan gerakan.

Keistimewaan lain buah tomat adalah tinginya kandungan likopen. Selain memberikan warna merah pada buah tomat, likopen terbukti efektif sebagai zat antioksidan. 


Likopen juga dapat menurunkan risiko terkena kanker, terutama kanker prostat, lambung, tenggorokan dan usus besar. Kandungan asam klorogenat dan asam p-kumarat di dalam tomat mampu melemahkan zat nitrosamin penyebab kanker.

Kandungan lain yang terdapat dari tomat adalah kaya akan vitamin A, vitamin C, mineral, serat dan zat fitonutrien, yang semua itu sangat menyehatkan tubuh.

Tomat juga banyak dimanfaatkan di dalam industri kecantikan, banyak masker dan pil anti penuaan yang berbahan dasar tomat. Bukan tanpa alasan, pigmen likopen memang terbukti efektif sebagai antioksidan. 


Zat lain seperti tomatin di dalam tomat bersifat sebagai antiinflamasi, yaitu dapat menyembuhkan luka dan jerawat. Jika Anda demam, tomat juga mempunyai sifat antipiretik alias penurun demam. 

Sementara serat yang tinggi di dalam tomat mampu mengatasi ganguan pencernaan seperti sembelit dan wasir.

Dimasak Lebih Baik

Tomat merupakan tanaman yang sudah tidak asing lagi bagi kita. Hampir semua orang pasti sudah mengenal tanaman ini. Dalam kehidupan sehari-hari tomat memegang peranan penting, terutama bagi ibu-ibu rumah tangga. 


Karena mereka sering menggunakan tomat dalam masakan. Selain dibuat bumbu masakan atau dicampurkan dalam masakan, buah tomat dimakan begitu saja juga enak. Warnanya yang merah merekah, rasanya segar, manis agak kemasammasaman. 

Buah Tomat dan khasiatnyaTomat banyak mengandung vitamin dan mineral dan didalam sebuah tomat terdapat 30 kalori, vitamin C 40 mg, vitamin A 1500 S.I, zat besi, kalsium, dan lain-lain. Karena mengandung zat-zat tersebut, maka tomat juga berguna bagi orang-orang yang ingin langsing. Sebab zat-zat tersebut bergizi tetapi tidak menggemukkan.

Mengkonsumsi buah tomat sebaiknya dimasak terlebih dahulu. Seperti yang terungkap dari penelitian badan pangan dunia FAO-WHO. Hasil penelitian lembaga ini menunjukan jika kandungan likopen tidak rusak dan jumlahnya tidak jauh berubah selama pemanasan. 


Bahkan kandungan likopen akan meningkat 10 kali lipat ketika tomat diolah menjadi saus atau pasta tomat.

Likopen merupakan bagian dari karotenoid yang larut dalam lemak, namun likopen yang larut di dalam lemak justru sulit di serap oleh tubuh. Karenanya, disarankan mengolah tomat dengan cara di rebus atau dikukus. 


Mengkonsumsi sebaiknya pilih yang tomat organik. Tomat organik lebih sehat karena bebas dari residu kimia, baik dari pupuk dan pestisida. Tomat dari hasil organik juga lebih tinggi kandungan kalsiumnya, sekitar 23 mg dibandingkan tomat un-organik yang hanya mengandung 5 mg kalsium. 

Khasiat buah Tomat

Khasiat buah Tomat diantaranya :

  1. Mampu melancarkan pencernaan di dalam tubuh.
  2. Menyembuhkan gusi berdarah. Ambil tomat segar dan cuci bersih, kemudian makanlah
  3. Kandungan yang terdapat pada tomat mampu dijadikan sebagai bahan masker wajah. Guna dari itu pastinya untuk memuluskan dan memutihkan wajah serta mengangkat sel-sel mati dilapisan kulit wajah.
  4. Mampu mengurangi panas dalam sehingga panas dalam tubuh segera netral kembali.
  5. Dan bagian yang terpenting dari khasiat tomat ini adalah memiliki antioksidan yang cukup dan baik buat tubuh manusia maupun untuk hewan
  6. Mampu mengurangi bau mulut dll.

Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat bagi anda untuk menambah wawasan dan pengetahuan tentang tomat dan manfaatnya.

Salam GENUS (Generasi Penerus)

Loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.