Cara Membedakan antara Ikan Koi Jantan dan Ikan Koi Betina

Diposting pada 457 views
Berdasarkan pengalaman yang saya dapat tentang ikan koi, masalah yang sederhana namun agak sulit ditebak atau-pun dilihat kepastian-nya tentang cara membedakan ikan koi jantan dan ikan koi betina. 

Sebab dibenak saya pun pernah bertanya hal demikian dan pertanyaan yang sering muncul pada penggemar ikan koi juga hampir sama yaitu bagaimana membedakan antara koi jantan dan koi betina.Cara Membedakan antara Ikan Koi Jantan dan Ikan Koi Betina


Pada usia dan ukuran koi yang masih muda dan kecil memang agak sulit untuk mengidentifikasi jenis kelamin pada ikan koi, meski bagi orang-orang yang sudah paham betul tidaklah sulit.

Namun pada usia yang sudah cukup matang dan dewasa koi jantan dan betina dapat dibedakan dari segi fisik yang Nampak oleh mata telanjang. Ada beberapa hal yang bisa diamati sehingga bisa dibedakan yang mana koi jantan dan koi betina.


Hal pertama yang bisa diamati berdasarkan yang saya ketahui untuk membedakan koi jantan dan koi betina adalah pada bentuk badan ikan (body conformation). 

Ikan Koi Jantan dan betina memiliki perbedaan pada bentuk atau ukuran badannya. Koi Jantan cenderung memiliki bentuk badan yang panjang dan kurus. Sedangkan Koi Betina memiliki bentuk badan yang lebih tambun dan lebih bulat.

Sirip ikan koi jantan dan betina memiliki perbedaan pada bagian siripnya. Sirip Koi Betina cenderung lebih besar tetapi memiliki warna yang lebih sedikit.

Pada koi betina sirip cenderung memiliki bentuk yang bulat. Sirip ikan koi jantan memiliki sirip yang runcing pada bagian tepinya dan memiliki warna yang solid.

Sirip Ikan Koi Betina, Bagian tepi Bulat


Sirip Ikan Koi Jantan, BagianTepi Runcing

Selain pada bagian-bagian tersebut kita dapat membedakan jenis kelamin ikan koi dengan hal biasa orang lakukan yaitu dengan meraba pada bagian pipi dan sirip-nya.

Pada koi jantan pipi dan sirip terdapat bintik-bintik putih, yang bisa dirasakan jika diraba. Utamanya pada ikan koi jantan dewasa.

Pada bentuk badan ikan koi betina biasanya lebih bagus dibandingkan koi jantan. Karena alasan tersebut banyak penggemar ikan koi memilih koi betina untuk dipelihara.

Dalam beberapa kontes ikan koi betina lebih sering menjadi juara karena bentuk badannya yang unik dan menarik hati bagi yang melihatnya. Namun demikian ada pula ikan koi jantan yang memiliki bentuk badan yang bagus walau tidak secara keseluruhan.

Sekianlah penjelasan dari saya tentang cara membedakan ikan koi jantan dan betina semoga dapat berguna dan bermanfaat bagi anda untuk lebih paham dan mengerti serta lebih perhatian dan lebih mengenali ikan koi anda.

Salam GENUS (Generasi Penerus)

Loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.