Cara Terbaik Dalam Menerapkan Pendidikan Moral Bagi Siswa

Diposting pada 2.364 views

Cara menerapkan pendidikan moral ~ Moral merupakan nilai-nilai kehidupan yang menjadi pedoman oleh individu maupun kelompok dalam bertingkah laku di lingkungan bermasyarakat.

Sedangkan strategi pendidikan moral adalah cara yang dilakukan untuk meningkatkan tingkah laku yang positif, sesuai dengan norma-norma kehidupan.

Seorang anak dikatakan melanggar norma salah satunya dapat diketahui dari tingkat kenakalan yang mereka lakukan. Untuk menciptakan moral yang baik pada siswa maka sebaiknya Anda melakukan beberapa cara berikut ini.

Cara menerapkan pendidikan moral
Cara menerapkan pendidikan moral

Cara Menerapkan Pendidikan Moral

1. Dengan Membuat Peraturan

Hal ini menjadi kunci utama untuk membentuk oral pada anak di lingkungan sekolah. Lembaga pendidikan ini harus membuat suatu peraturan yang harus dipatuhi dan akan diberikan konsekuensi jika warga sekolah melanggarnya.

Contoh mudah adalah dengan membuat peraturan mengenai jadwal masuk ke sekolah yaitu maksimal pukul 07.00. jika melebihi itu, maka siswa akan dikenakan sanksi.

2. Memberikan Contoh yang Baik

Sebaik seseorang yang lebih dihormati, maka sepatutnya Anda memberikan contoh sikap yang baik sehingga Anda menjadi sosok yang diteladani. Jika ada peraturan untuk datang ke sekolah sebelum terlambat, maka sebagai guru Anda juga harus datang tepat waktu.

Contoh lain adalah dengan membiasakan siswa saling menyapa dengan guru atau sesama teman, misalnya dengan tersenyum, mengucapkan salam, ataupun berjabat tangan. Hal ini dapat menciptakan tingkah laku anak didik yang baik dan sesuai dengan norma.

3. Memberikan Motivasi

Anda harus sering-sering memberikan motivasi kepada anak didik mengenai tingkah laku yang baik yang harus dilakukan saat berinteraksi dengan orang lain. Dengan adanya masukan yang positif, maka akan memudahkan anak-anak untuk terus menerapkan moral yang baik.

4. Mengarahkan pada Kegiatan Positif

Kegiatan positif sangat penting untuk tetap menjaga moral anak bangsa. Misalnya dengan membuat kegiatan yang sesuai dengan minat bakatnya. Selain itu Anda juga tidak perlu menyampaikan pembelajaran dengan suasana yang tegang dan hanya fokus pada materi. Sebaiknya Anda selingi dengan beberapa permainan.

5. Menjelaskan Tindakan-tindakan yang Melanggar Moral

Ana-anak melakukan pelanggaran moral terkadang juga disebabkan karena mereka kurang memahami tentang moral itu sendiri. Sebaiknya Anda menambahkan informasi kepada mereka mengenai tindakan-tindakan yang tergolong pelanggaran moral serta resiko yang akan terjadi.

Nah, itulah beberapa cara menerapkan pendidikan moral pada anak didik. Semoga artikel yang kami bagikan dapat bermanfaat bagi Anda semua.

Loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.