Cara Mengajar Matematika Kreatif

Diposting pada 554 views

Cara Mengajar Matematika dengan Kreatif dan Mudah

Salah satu ilmu pengetahuan yang sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari adalah ilmu Matematika. Hampir sebagian aktivitas dalam hidup kita selalu berkecimpung dalam dunia Matematika terutama hitung menghitung. Bagi pengajar penting untuk memahami cara mengajar Matematika dengan kreatif.

Pemahaman tentang ilmu Matematika harus dipupuk sedini mungkin karena pada kenyataannya salah satu pembelajaran di sekolah ini dianggap sebagai pendidikan yang penting, terutama untuk masa depan.

Hal dasar yang paling mempengaruhi tingkat pemahaman seseorang terhadap mata pelajaran ini adalah metode cara mengajar Matematika yang diberikan. Untuk membuat peserta didik menjadi lebih memahami topik yang diberikan, sebaiknya kita menggunakan cara-cara yang kreatif. Dengan begitu, mereka dapat merasa lebih senang dan nyaman saat menerima materi.

Cara Mengajar Matematika Kreatif
Cara Mengajar Matematika Kreatif

Berikut ini adalah beberapa cara mengajar Matematika secara Kreatif :

1. Sering-sering Mengerjakan Latihan Soal

Otak manusia dapat bekerja lebih maksimal jika sering dilatih dalam waktu yang rutin. Pertama-tama, Anda bisa memberikan latihan soal yang mudah terlebih dahulu. Terutama setelah materi pembelajaran telah usai. Dan jangan lupa melakukan pembahasan bersama sehingga anak didik mengetahui penyelesaian soal yang tepat.

2. Mengajar dengan Menggunakan Bagian Tubuh

Anak-anak yang baru menerima Matematika membutuhkan latihan yang cukup keras. Anda bisa melibatkan mereka dengan menghitung angka-angka kecil menggunakan jari-jari tangan. Dengan begitu mereka akan mudah memahami dan pembelajaran tidak akan terasa menegangkan.

3. Tunggu Sampai Mereka Paham

Jangan membiasakan untuk mengajar dengan cara tergesa-gesa karena mengejar target. Sebaiknya sebelum masuk ke materi selanjutnya, pastikan anak didik Anda sudah memahami semua materi tersebut. Dekati mereka satu per satu dan bantu mereka untuk memahami materi yang telah diajarkan.

4. Jalin Hubungan yang Baik

Tidak jarang para siswa menganggap guru Matematika sebagai guru yang paling kejam. Untuk menyikapi kejadian seperti ini, dari awal pembelajaran Anda haru bisa menjalin hubungan yang baik pada mereka. Ciptakan kepercayaan dan kedekatan sehingga mereka tidak merasa tegang selama penyampaian materi.

5. Mengajar Sekaligus Bermain

Untuk menghindari anak didik merasa bosan dengan  mata pelajaran ini, sebaiknya Anda menyisipkan sedikit permainan di sela-sela materi. Misalnya dengan mengajak mereka bermain ilustrasi di sebuah pasar, lalu melatih mereka menjadi penjual dan pembeli. Dengan cara ini, mereka dapat berlatih berhitung dengan cara yang menyenangkan.

Demikian sedikit cara mengajar Matematika dengan kreatif. Semoga informasi yang kami berikan dapat Anda terapkan dalam kehidupan belajar mengajar Anda. Dan semoga bermanfaat.

Loading...
loading...

One thought on “Cara Mengajar Matematika Kreatif

  1. Terima kasih atas tipsnya, sangat bermanfaat tentunya 🙂
    semoga dengan mengaplikasikan tips2 diatas banyak anak2 yang menjadi senang dengan pelajaran Matematika 😀

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.