9 Cara Mengobati Asam Urat Secara Alami Yang Sudah Terbukti Khasiatnya

Diposting pada 164 views

Cara mengobati asam urat secara alami yang sudah terbukti khasiatnya bisa menjadi pilihan alternatif terbaik dilsamping usaha anda dalam mengobati asam urat dengan obat dokter. Cara alami ini bisa anda coba agar penyakit asam urat teratasi. Tidak perlu sulit-sulit untuk menemukan bahannya, karena semua ada disekitar kita dan sering kita konsumsi.

Perlu anda ingat, apabila mengobati asam urat secara alami bukanlah sesuatu yang instan. Anda harus mau sabar dan telaten agar hasilnya maksimal. Selain itu, bahan-bahan alami ini juga aman dikonsumsi alias tidak akan menimbulkan efek samping layaknya obat-obat dipasaran.

Cara mengobati asam urat secara alami
Cara mengobati asam urat secara alami

Langsung saja di simak bagaimana cara mengobati asam urat secara alami berikut ini.

Cara mengobati asam urat secara alami

1. Mengkonsumsi Jus Cerry

Cerry merupakan salah satu buah yang mengandung senyawa asam cukup pekat. Kandungan tersebut bermanfaat untuk mengimbagi kadar asam urat di dalam darah maupun urine. Tidak cukup sampai di situ saja, buah cerry pun juga dikenal mengandung nutrisi dan kalium di dalamnya.

Keduanya mampu meringankan rasa sakit di persendian. Maka dari itu, cobalah untuk rutin mengkonsumsi buah cerry.

Berdasarkan data yang sudah diterbitkan Harvard University, ternyata cerry mengandung anti-inflamasi dan antioksidan tinggi. Anti-inflamasi tersebut akan membantu tubuh mencegah terjadinya peradangan, sedangkan antioksidannya akan mencegah berbagai macam radikal bebas berbahaya.

2. Bidara

Tidak mau kalah dengan buah cerry, tanaman Bidara pun juga sangat efektif dalam mengobati asam urat secara alami. Hal ini dikarenakan berbagai kandungan yang ada di dalamnya. Kandungan tersebut meliputi natirum, flavonoid, keton, aldehida, kalsium, alkana, dan kalsium. Anda bisa membuat ramuan dari taman Bidara ini.

Berikut adalah cara membuatnya.

Pertama-tama silahkan siapkan 1 gram buah lada, 10 gram temulawak, daun bidara 10 gram, dan 9 gram Komfrey. Silahkan rebus semua bahan tadi dengan 5 gelas air, tunggu hingga mendidih dan hanya menyisakan air kira-ira 2 gelas.

Silahkan minum ramuan alami ini 3x sehari. Yaitu saat pagi, siang dan mau tidur.

3. Jahe

Jahe merupakan rempah alami yang dikarunai berbagai macam kandungan baik untuk kesehatan tubuh. Salah satu kandungan yang terdapat di dalam jahe adalah sifat anti-inflamasi. Kandungan tersebut sangatlah ampuh dalam mengobati asa urat secara alami terutama untuk peradangan sendi gout.

Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

Pertama-tama silahkan potong jahe kecil-kecil kemudian rebus dengan air secukupnya, tunggu hingga mendidih. Setelah mendidih angkat dan diamkan hingga dingin, minum ramuan ini minimal 2x sehari. Alternatif lain adalah menambahkan jahe ke dalam resep makanan ataupun makan kecil, ukurannya adalah sepotong baku jahe untuk setiap harinya.

Anda bisa juga menambahkan 1 1/2 sendok teh jahe ke dala 1 cangkir air mendidih, aduk-aduk sampai merata. Minum ramuan ini minimal 2x sehari. Pilihan yang terakhir adalah membuat pasta berbahan dasar jahe dan air.

Jika sudah jadi, anda bisa menambahkan pasa ini ke daerah yang sakit dengan cara membubuhkannya. Lakukan cara ini setidaknya 1x sehari.

4. Menggunakan sosor bebek

Tak disangka, ternyata sosor bebek bisa juga digunakan untuk mengobati asam urat secara alami. Hal ini dikarenakan berbagai macam kandungan baik yang ada di dalamnya. Anda bisa mencampurkan jahe, cengkeh, sosor bebek dan kawan-kawannya.

Kombinasi herbal tersebut sudah terbukti ampuh dalam mengatasi asam urat. Menariknya lagi, apabila ramuan tersebut dikonsumsi secara rutin maka akan menjaga daya tahan.

Berikut ini adalah cara-caranya.

  • Pertama-tama silahkan persiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu, ia melipti 5 butir kapulaga, 5 gram biji pala, 10 gram jahe, 1 jari kayu manis, 4 lembar daun sosor bebek, 600 mili liter air dan 5 butir cengkeh.
  • Rebus semua bahan yang sudah disiapkan menggunakan 600ml air, tunggu hingga tersisa setengahnya. Bagi ramuan ini menjadi 3 gelas, atau 100ml per gelas. Minumlah ramuan ini 3x sehari secara rutin.
  • Biasanya ramuan ini akan menyembuhkan nyeri sendi karena asam urat dalam jangka waktu seminggu.

5. Daun Kumis Kucing

Mungkin nama daun kumis kucing sudah familiar ditelinga anda sebagai bahan alami yang akan menghancurkan batu pada saluran kencing. Akan tetapi manfaat herbal ini tidak cukup sampai disitu saja, sifat deuretik yang ada di dalam tanaman kumis kucing sudah terbukti ampuh bisa melarutkan Asam Urat di dalam tubuh melalui kencing.

Berikut ini adalah cara mengobati asam urat secara alami menggunakan daun kumis kucing.

  • Siapkan 20 gram daun meniran, 10 gram daun kapulaga kering, 20 gram daun kumis kucing yang basah, 30 gram jahe merah, dan 20 gram daun sawi.
  • Silahkan campur semua bahan tadi dan tambahkan pula jahe merah yang sudah ditumbuk halus. Silahkan rebus bahan-bahan ini menggunakan 1 liter air hingga mendidih.
  • Tunggu dan angkat air ini apabila sudah separuh dari semua. Anda bisa minum ramuan herbal ini 3x sehari.

6. Rutin mengkonsumsi makanan bersifat basa

Menurut sebuah buku yang berjudul “Alkakinize or Die” seorang dokter yang bernama Dr Theodore A mengungkapkan apabila seseorang rutin mengonsumsi makanan basa (sayur, bijibuah dan lain-lain) maka sangat efektif dalam menurunkan asam urat.

Pada dasarnya asam urat di dalam tubuh akan diproses melewati ginjal, di sinilah peranan makanan bersifat basa. Ia akan membantu melarutkan asam urat tadi lalu mengeluarkannya dari dalam tubuh berbentuk urine.

7. Jus Lemon

Jus lemon merupakan pilihan lezat yang bisa anda coba untuk menurunkan asam urat secara alami. Ia akan berperan menetralkan kelebihan asam urat di dalam aliran darah, dan mengurangi rasa sakit yang ditimbulkannya.

Untuk mendapatkan manfaat ini, anda cukup mencampurkan antara baking soda dengan jus lemon segar. Apabila tidak ditemukan jus melon, maka anda bisa menggantinya dengan buah-buahan lain yang tingi akan kandungan vitamin C yang berguna untuk memperkuat jaringan tubuh.

Pertama-tama siapkan 1 gelas jus lemon terlebih dahulu, kemudian campurkan 1 1/2 sendok teh baking soda ke dalam jus lemon tadi. Diamkan selama beberapa detik hingga busanya menghilang, setelah itu campurkan ke dalam 1 gelas air. Minumlah ramuan ini secara rutin.

8. Mengkonsumsi cuka madu

Cuka madu mungkin terasa sangat asing di telinga anda semua. Di negara Arab Saudi sana, cuka madu biasa disebut dengan nama propolis dan banyak dijual para pedagang obat herbal.

Cuka madu atau propolis adalah kumpulan resi lebah yang bermanfaat memberi sifat basa di dalam tubuh. Sehingga tidak heran apabila propolis sangat efektif dalam menetralkan asam urat tinggi.

9. Baking Soda

Kadar asam urat yang sangat tinggi dan terlalu banyak mengendap di sendi, maka hal ini bisa memicu terjadinya peradangan sendi atau got. Nah, untuk mengatasi kedua hal tersebut anda bisa memanfaatkan baking soda. Baing soda ini nantinya akan mengurangi rasa sakit dan menurunkan kadar asam urat.

Berikut adalah cara mengobati asam urat secara alami menggunakan baking soda.

Pertama-tama siapkan segelas air dan baking soda sebanyak 1/2 sendok teh. Campurkan keduanya hingga merata. Minumlah campuran ini 4x sehari dan jangan sampai lebih. Lakukan cara ini secara rutin hingga 2 minggu lamanya.

Catatan penting: Untuk anda yang sudah berusia 60 tahun lebih, jangan minum ramuan ini lebih dari 3x sehari. Dan berhati-hatilah apabila anda memiliki darah tinggi.

Bagaimana, sangat mudah kan cara mengobati asam urat secara alami di atas?. Silahkan anda coba sendiri dan rutinlah saat mengkonsumsinya. Jangan lupa juga untuk selalu memperbanyak konsumsi air putih agar asam urat di dalam tubuh bisa dilarutkan.

Loading...
loading...
loading...
Baca Juga  Apakah Benar Sistem Pendidikan Homeschooling Lebih Efektif dari Pendidikan Formal?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *