Cara Mudah Menulis Naskah Drama

Diposting pada 1.776 views

Cara Menulis Naskah Drama. Selayaknya cerpen, novel dan roman, naskah drama juga termasuk karya sastra, akan tetapi dengan sistem penulisan yang berbeda. Jika cerpen, novel dan roman ditulis dalam narasi, maka drama ditulis dalam bentuk berupa dialog antar para tokoh serta penjelasan mengenai tindakan tokoh (anotasi)

Naskah drama bisa saja dipentaskan sehingga menyajikan suatu hiburan bagi masyarakat. Namun yang menjadi permasalahan adalah hendaknya drama yang dipentaskan itu merupakan drama yang menarik supaya tidak membosankan, dan kunci utamanya adalah naskah drama juga harus berkualitas.

Menulis Naskah Drama
Menulis Naskah Drama

Mungkin Anda juga berkeinginan untuk menjadi seorang penulis naskah drama, atau Anda penasaran ingin tahu bagaimana kerja seorang penulis naskah? Berikut kami sajikan informasi mengenai cara menulis naskah drama untuk para pembaca semua. Silahkan disimak.

Cara Menulis Naskah Drama

1. Pikirkan Tema dan Karakter Tokoh yang Akan Muncul dalam Naskah

Ini adalah hal pertama yang harus Anda lakukan. Untuk bisa menulis naskah drama, Anda harus menentukan tema yang akan Anda angkat sehingga Anda memiliki pegangan dalam proses penulisan drama serta menyusun judul naskah drama Anda.

Tema ini bisa saja Anda jadikan sekaligus sebagai judul. Namun jika tidak, Anda pintar-pintarlah dalam menyusun kata-kata sehingga judul yang Anda buat menjadi menarik supaya banyak penonton yang berkenan untuk menyaksikan drama yang dihasilkan dari naskah Anda.

Tokoh juga merupakan unsur yang penting dalam sebuah cerita dan setiap tokoh pastinya memiliki karakter yang akan tampak pada perilaku tokoh. Karakter tokoh ini juga hendaknya bisa meyakinkan karena naskah drama dominan adalah berupa dialog.

2. Pikirkan Alur dan Setting Cerita

Setelah Anda menentukan tema dan membuat penokohan, Anda juga harus memikirkan alur atau jalan cerita. Pikirkan bagaimana cerita itu akan dimulai, kapan konflik akan terjadi dan bagaimana cara penyelesaian konflik.

Bisa saja Anda membuat cerita itu menjadi never ending, tetapi yang semacam ini tentu akan menyebalkan bagi penikmat naskah Anda ataupun penikmat drama yang menggunakan naskah Anda. Dan jangan lupa juga untuk menentukan inti dari cerita Anda serta bagilah menjadi beberapa babak.

Dan juga, suatu peristiwa tentu akan terjadi di suatu tempat tertentu dan waktu tertentu. Anda juga hendaknya memikirkan setting ini baik setting waktu maupun setting tempat karena setting juga termasuk salah satu unsur penting dalam sebuah cerita. Sesuaikan juga dengan kondisi panggung yang akan digunakan nantinya.

3. Buat Sinopsis

Buatlah sinopsis singkat yang berisi tentang kerangka cerita Anda. Ini akan membantu mempermudah Anda untuk mengembangkan ide-ide cerita Anda dan supaya Anda tidak lupa dengan apa saja yang harus Anda tulis.

Sebaiknya Anda membuat sinopsis ini per babak yang terdiri dari beberapa adegan. Tulislah dengan ringkas keseluruhan cerita Anda.

4. Mulailah untuk Menulis

Setelah langkah-langkah diatas sudah Anda lakukan, otomatis hal utama yang Anda perlukan untuk membuat sebuah naskah drama sudah tersedia, selain alat tulis tentunya. Yang harus Anda lakukan selanjutnya adalah Anda harus menulisnya dan mengembangkannya sesuai dengan sinopsis Anda.

Mulailah menulis sesuai dengan apa yang Anda pikirkan pertama kali. Jika Anda merasa kurang, Anda bisa melakukan perbaikan nanti. Jika Anda tidak segera menuliskannya, dikhawatirkan ide-ide yang tengah membumbung di kepala Anda akan hilang.

5. Revisi

Sebelum Anda melakukan langkah yang satu ini, Anda terlebih dahulu meminta pendapat rekan Anda, barangkali rekan Anda memiliki masukan atau ide yang dapat ‘memperhalus’ naskah drama yang Anda buat. Dan kunci untuk langkah yang satu ini Anda harus terbuka terhadap pendapat dan kritikan orang lain.

Jika memang harus dilakukan perbaikan, lakukanlah perbaikan itu. Tetapi jika naskah yang Anda susun dirasa sudah bagus dan tidak perlu perbaikan, maka selamat, naskah Anda sudah siap untuk dipentaskan.

Itulah cara-cara yang dapat Anda lakukan untuk menulis sebuah naskah drama. Tips yang paling penting adalah Anda harus mengerahkan daya imajinasi dan kreatifitas yang Anda punya, supaya naskah Anda menjadi lebih hidup. Semoga bermanfaat.

Loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.