Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Yang Paling Mudah Dan Terbukti Efektif

Diposting pada 715 views

Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi ~ Cara menurunkan kolesterol tinggi yang paling mudah dan terbukti efektif adalah satu hal wajib yang harus diketahui oleh setiap penderita kolesterol.

Hal ini dilakukan mengingat besarnya dampak negatif dari kolesterol tinggi. Kolesterol tinggi yang ada di dalam tubuh bisa memicu terjadinya penyakit jantung dan stroke. Bahkan tak jarang pula para penderita kolesterol kehilangan nyawanya.

Maka dari itu, penderita kolesterol tinggi harus mengetahui apa saja yang harus mereka lakukan agar bisa terhindar dari bahaya kolesterol. Dengan menerapkan pola hidup sehat dan pola makan yang lebih baik, maka bisa dipastikan jika kolesterol di dalam tubuh anda akan turun secara cepat.

Nah, apakah anda sudah tidak sabar lagi ingin mengetahui cara menurunkan kolesterol tinggi yang paling mudah dan terbukti efektif ? Silahkan simak ulasan engkapnya di bawah ini.

Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi
Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi

Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi

1. Diet Serat Pangan

Diet serat pangan atau yang lebih populer dikenal dengan dietary fiber, merupakan sebuah usaha diet dengan cara memperbanyak asupan makanan tinggi karbohidrat.

Diet jenis sangatlah mudah untuk dilakukan dan tidak membutuhkan biaya mahal. Pasalnya semua bahan makanan yang anda butuhkan tersedia lengkap di pasaran. Harganya pun sangat terjangkau.

Meskipun mudah dan murah dalam penerapannya, akan tetapi diet serat pangan ternyata sangat efektif dalam menurunkan kolesterol tinggi. Bahkan Dr. Pearson mengungkapkan apabila memenuhi kebutuhan serat pangan harian mampu menurunkan kadar LDL dalam tubuh hingga 5%.

Beberapa jenis makanan yang bisa anda jadikan sebagai sumber serat adalah kacang-kacangan, alpukat, oatmeal stroberi, jagung, kacang putih, kacang almond, kacang hitam, beras merah, buah apel, mangga, buah pir, edamame, dan brokoli.

Para ahli gizi menyarankan agar penderita kolesterol tinggi agar memenuhi kebutuhan serat pangannya sebesar 25-35 gram dalam sehari. Apabila mereka mampu memenuhinya, maka kolesterol tinggi bukan menjadi masalah lagi.

2. Diet Rendah Lemak

Penderita kolesterol tinggi pada ummnya adalah mereka yang mempunyai berat badan berlebih atau sering disebut obesitas. Hal ini dikarenakan banyaknya tumpukan lemak sampah yang ada di dalam tubuhnya. Sehingga tidak mengherankan jika kadar kolesterolnya sangat tinggi.

Nah, untuk mengatasi kondisi ini para penderita kolesterol disarankan agar diet rendah lemak. Anda bisa mengawali usaha diet rendah lemak anda dengan cara rutin mengkonsumsi sayur dan buah-buahan.

Hindarilah mengkonsumsi kentang goreng dan daging merah, karena 2 makanan ini mengandung lemak yang sangat tinggi. Jika anda masih saja mengkonsumsi kentang goreng dan daging merah, maka jangan kaget apabila kolesterol anda melambung tinggi.

Mengingat pentingnya diet rendah lemak bagi kesehatan tubuh, maka semua orang disarankan untuk menjalaninya. Terlebih lagi bagi penderita kolesterol, dengan diet rendah lemak mereka mampu menurunkan kolesterol di dalam tubuhnya sampai 20%.

Bahkan resiko anda terkena stroke bisa hilang seketika apabila anda sukses diet ini.

3. Perbaiki Kembali Pola Hidup Dan Pola Makan

Begitu anda mengetahui jika anda divonis mempunyai kadar kolesterol tinggi, maka mulai saat itu juga anda harus mau memperbaiki pola hidup dan pola makan. Karena kedua hal ini berhubungan erat dan menjadi faktor utama keberhasilan seseorang dalam menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Jika anda tidak mau merubah pola hidup anda yang tidak sehat, maka bersiap-siaplah plak di arteri anda akan semakin banyak dan menutupi peredaran darah. Dengan demikian resiko terkena penyakit jantung juga semakin besar.

Namun anda tidak perlu khawatir, pasalnya kadar kolesterol jahat tersebut masih bisa diatasi oleh kolesterol baik di dalam tubuh. Kolesterol baik ini sebisa mungkin akan menyeimbangkan kondisi tubuh agar tidak berlebihan menanggung beban kolesterol jahat.

Maka dari itu, segera perbaiki pola makan dan pola hidup anda agar kolesterol baik di dalam tubuh semakin banyak dan mencegah berbagai komplikasi kolesterol tinggi.

4. Perbanyak Konsumsi Seafood

Cara menurunkan kolesterol tinggi paling mudah selanjutnya adalah memperbanyak konsumsi makanan laut atau seafood. Menurut penelitian yang dilakukan oleh beberapa ahli kesehatan, mereka menemukan jika kebanyakan dari olahan seafood mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Namun tetap saja ada beberapa jenis seafood tertentu yang harus anda hindari.

Beberapa jenis panganan laut yang baik untuk anda konsumsi adalah sekawanan ikan yang mengandung lemak esensial omega-3 tinggi dan rendah akan kandungan lemak jenuh.

Manfaat dari lemak esensial omega-3 ini sangatlah penting bagi tubuh. Ia akan menguras kadar kolesterol secara total, trigliserida dan LDL koesterol. Beberapa jenis ikan yang masuk ke dalam kategori ini adalah ikan salmon,sarden,trout dan tuna.

Supaya kandungan baik yang ada di daam ikan tidak berkurang ataupun hilang, maka sebaiknya anda mengolahnya dengan cara dibakar, diuap ataupun di panggang. Sebisa mungkin jangan menggorengnya, karena jika ikan-ikan ini sudah tercampur dengan lemak, maka minyak yang ada didalamnya berubah menjadi minyak jahat.

5. Rutin Olahraga

Salah satu faktor utama mengapa seseorang terkena kolesterol tinggi adalah kemalasannya dalam melakukan olahraga. Pola hidup seperti ini akan terus menumpuk lemak-lemak jahat di dalam tubuh.

Maka dari itu, untuk menurunkan kadar kolesterol bisa dilakukan dengan rutin berolahraga. Olahraga adalah aktivitas yang terasa menyenangkan dan tidak akan menyakiti badan jika dilakukan dengan benar.

Dengan melakukan olahraga secar rutin setiap hari, maka tubuh akan terus aktif dan semua lemak-lemak jahat akan segera dilunturkan.

Ketika anda melakukan olahraga, maka anda sedang berusaha mencintai tubuh anda sendiri. Pasalnya 25% resiko kematian akibat tingginya kolesterol dalam tubuh bisa di hilangkan.

6. Memperbanyak Konsumsi Vitamin B3

Cara menurunkan kolesterol yang nomor 6 ini tentunya sangat mudah untuk dilakukan. Bagi anda yang mempunyai kadar kolesterol tinggi, maka disarankan agar mengkonsumsi 1-2 tablet suplemen vitamin B3 setiap hari.

Vitamin B3 yang anda konsumsi mampu menurunkan trigliserida dan LDL di dalam tubuh. Selain itu, Vitamin B3 juga akan meningkatkan kadar kolesterol baik demi menjaga keseimbangan di dalam tubuh.

Perlu anda ketahui, ternyata Vitamin B3 tidak hanya memiliki efek baik saja namun juga memiliki efek negatif. Efek negatif dari konsumsi B3 adalah meningkatnya resiko masalah hati dan asam urat.

Bahkan, penderita diabetes 2 tidak disarankan mengkonsumsi vitamin ini karena bisa meningkatkan kadar gula dalam tubuh.

7. Perbanyak Konsumsi Lemak Tak Jenuh

Meskipun di poin nomor 2 saya sudah menyebutkan jika penderita kolesterol tinggi harus menjauhi konsumsi lemak, namun hal tersebut tidak berarti dia sama sekali tak diperbolehkan mengkonsumsi lemak.

Mereka masih tetap harus mengkonsumsi lemak namun dalam takaran sewajarnya. Bahkan mengkonsumsi lemak tak jenuh sangatlah dianjurkan.

Lemak jenuh ini nantinya akan membantunya menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Beberapa jenis makanan yang memiliki kandungan lemak tak jenuh super tinggi adalah zaitun, kemiri, alpukat, ikan salmon, kedelai, wijen, makarel, biji bunga matahari dan kacang mete.

8. Sarapan Pagi Dengan Gandum

Sarapan adalah kegiatan penting yang harus anda lakukan demi kelancaran rutinitas harian. Karena sarapan adalah waktu paling tepat untuk memberi energi dan nutrisi bagi tubuh. Dengan sarapan, seseorang bisa berkonsentrasi penuh terhadap semua kegiatannya karena perutnya terisi.

Sedangkan jika anda melupakan sarapan, maka aktivitas anda bisa terganggu. Perut anda lapar dan tubuh akan lemas. Namun agar sarapan anda menyehatkan, andapun harus memilih menu yang tepat. Diantaranya adalah sereal dan gandum.

Kedua jenis makanan ini sangatlah direkomendasikan karena mengandung karbohidrat kompleks dan serat yang akan membuat perut anda kenyang dalam jangka waktu lama. Dengan demikian, anda tidak mudah tergoda mengkonsumsi makanan-makanan yang mengandung lemak jahat tinggi.

Selain itu, mengawali hari dengan sereal atu gandum sangatlah bermanfaat dalam menurunkan kadar kolesterol LDL. Apabila anda kesulitan menemukan sereal dan gandum, maka anda bisa mengganti menu sarapan sehat dengan beras merah.Beras merah ini sangatlah cocok dijadikan sebagai menu diet anda.

9. Mengontrol porsi makan dengan telapak tangan

Faktor utama mengapa seseorang sangat mudah terserang kolesterol adalah terlalu banyak makan dalam jumlah yang sangat besar. Kebiasaan ini tentunya tidak baik bagi kesehatan, terutama yang dikonsumsi adalah jenis makanan berlemak tinggi.

Maka dari itu, untuk menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh sebaiknya anda mengatur pola makan. Aturlah pola makan seefektif mungkin dan jangan berlebihan. Anda bisa menakar porsi yang pas bagi tubh anda dengan cara menggunakan telapak tangan.

Setiap kali hendak makan, sebaiknya anda menakar terlebih dahulu menggunakan telapak tangan. Misalnya saja ketika ingin mengkonsumsi ikan, maka ukurannya harus pas dengan telapak tangan anda.

Begitu juga untuk porsi makanan lain, baik sayur ataupun buah-buahan. Khusus untuk nasi, anda bisa menambah takarannya sebanyak satu genggam tangan.

10. Konsumsi Minyak Ikan

Fungsi minyak ikan dalam menurunkan kolesterol tinggi di dalam tubuh sama halnya dengan fungsi makanan laut. Kapsul minyak ikan ini mengandung asam lemak omega-3 yang cukup tinggi.

Nantinya asam lemak tersebut bermanfaat untuk menyapu habis trigliserida dan kolesterol. Namun ingat, dosis yang anda konsumsi harus pas.

Jika anda terlalu banyak dalam mengkonsumsi minyak ikan, maka bersiap-siaplah menerima efek negatifnya. Beberapa efek negatif tersebut seperti sakit perut, sendawa, flu dan berubahnya indera pengecap rasa.

Maka dari itu, andapun sebaiknya berhati-hati ketika ingin menerapkan cara menurunkan kolesterol tinggi yang satu ini.

11. Konsumsi Buah Dan Sayur Segar

Cara menurunkan kolesterol tinggi paling mudah selanjutnya adalah mengkonsumsi buah dan sayur segar. Bagi anda yang biasanya ngemil makanan berlemak, mulai saat ini hentikan kebiasaan buruk anda itu dan beralihlah ke cara lebih sehat.

Anda bisa mengkonsumsi buah dan sayur segar sebanyak 5-9 porsi setiap hari. Buah yang kaya akan antioksidan dan beberapa nutrisi lain, sangatlah baik untuk dikonsumsi.

Antioksidan yang ada di dalam buah-buahan mampu melindungi tubuh dari serangan bakteri dan penyakit berbahaya. Selain itu, nutrisi yang terkandung di dalamnya juga akan menurunkan tekanan darah dan menurunkan berat badan secara maksimal.

12. Rutin mengkonsumsi kacang-kacangan

Kacang-kacangan adalah pilihan makanan terbaik yang bisa anda konsumsi untuk menurunkan kolesterol di dalam tubuh. Berbagai kandungan baik yang ada di dalam kacang-kacangan membuatnya menjadi cemilan sehat penurun kolesterol terbaik.

Apalagi jika kacang-kacangan yang anda konsumsi adalah jenis kacang yang kaya akan kandungan lemak tak jenuh tunggal, dan tanpa tercampur gula ataupun coklat. Salah satu jenis kacang yang sangat lezat untuk menemani acara santai anda adalah kacang walnut.

Para pakar kesehatan menyarankan agar penderita kolesterol tinggi mengkonsumsi setidaknya 8 butir kacang walnut. Namun jika anda kesulitan untuk menemukannya, maka anda bisa mengkonsumsi jenis kacang-kacangan lain.

13. Istirahat Yang Cukup

Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, jika salah satu faktor utama mengapa seseorang terkena kolesterol tinggi adalah pola hidup yang tidak sehat.

Tidur yang tidak teratur dan kurang memenuhi jam standart adalah salah satu faktornya. Apalagi jika ia tidur siang lebih dari 30 menit, banyak penelitian yang menyebutkan kebiasaan ini mampu meningkatkan kadar kolesterol di dalam tubuh.

Maka dari itu, sangatlah penting bagi semua orang untuk mengatur jam tidurnya. Apalagi ia adalah penderita diabetes tinggi. Sebaiknya anda tidur siang selama 30 menit dan tidur malam selama 7 jam 30 menit. Inilah pola tidur yang benar.

14. Hindari Stress

Jika anda tidak ingin terkena masalah kolesterol tinggi, maka sebaiknya anda selalu melepaskan beban yang berat dari pikiran anda. Jangan sampai, kesehatan anda terganggu hanya karena anda sering depresi.

Beberapa penelitian yang dilakukan oleh ahli kesehatan menyebutkan jika stress berlebih mampu memicu hipertensi, dan terjadinya penyumbatan di dalam arteri.

Bahkan, orang-orang yang selalu terkena depresi sangatlah beresiko terkena kolesterol tinggi. Hal ini terlihat sepele namun kenyataannya benar-benar menakutkan. Maka dari itu, anda harus mencoba berpikir positif agar tidak mudah stres.

Demikianlah 14 cara menurunkan kolesterol tinggi yang paling mudah dan terbukti efektif. Semoga artikel ini bisa memberi manfaat kepada anda semua.

Silahkan anda menerapkan tips-tips diatas secara rutin setiap hari, setelah melakukannya selama 30 hari. Barulah anda melihat perubahan yang anda rasakan.

Selain cara-cara tersebut, anda pun jangan lupa untuk selalu rutin memeriksakan kesehatan anda ke dokter. Nantinya dokter bisa memberi saran kepada anda, apa yang seharusnya anda lakukan. Jika anda laki-laki berhentilah dari kebiasaan merokok.

Loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.