Cara Menyembuhkan Batuk Pada Bayi Secara Alami

Cara Menyembuhkan Batuk BayiMengatasi batuk pada bayi, harus dilakukan secara berhati- hati. Sebab, daya tahan bayi tentu lebih lemah dibandingkan dengan orang dewasa. Inilah kenapa cara mengobati batuk pada bayi tidak boleh sembarangan dan tidak boleh coba- coba menggunakan obat dewasa bahkan dalam dosis kecil sekalipun.

Cara Menyembuhkan Batuk Bayi

Mengobati batuk pada bayi sebaiknya dilakukan dengan bahan- bahan alami dan hindari penggunaan obat kimia yang berlebihan. Berikut ini beragam ulasan mengobati batuk pada bayi yang bisa anda terapkan untuk menyembuhkan batuk bayi anda.

Cara Menyembuhkan Batuk Bayi
Cara Menyembuhkan Batuk Bayi

1. Mandi air hangat

Obat batuk bayi yang pertama adalah mandi dengan air hangat dan beruap. Uap hangat bagus bagi bayi untuk mengendorkan lendir dalam hidung sang bayi.

2. Penggosok uap

Menggunakan penggosok uap dapat dilakukan untuk membantu bayi, supaya lebih pulas tidur di malam hari. Menggosok uap dapat diterapkan pada bayi dengan usia 3 bulan ke atas.

Menggosok bayi bisa dilakukan dengan mengoleskan minyak kayu putih atau sejenisnya. Sayangnya hasil penggunaan produk terkait, kurang maksimal dan hidung yang tersumbatpun tidak lekas reda.

Penggosok uap bisa anda dapatkan di apotek herbal. Cara menggunakannyapun sangat mudah. Anda tinggal menggosokkannya pada punggung bayi, leher serta bagian pundak bayi.

3. Air putih

Air putih merupakan minuman berkhasiat yang bukan hanya cocok digunakan untuk mengatasi batuk pada bayi melainkan juga bagi orang dewasa. Mengkonsumsi air putih secara cukup ini, dapat diterapkan bagi bayi dengan usia 6 bulan ke atas.

Mengkonsumsi cairan yang cukup, dapat membantu bayi anda terhindar dari dehidrasi dan mampu melegakan hidung tersumbat. Bagi bayi yang masih disusui, sebaiknya pastikan konsumsi ASI bayi anda tercukupi.

4. Madu

Madu merupakan pengobatan alami yang berguna untuk meredakan batuk pada bayi dengan usia 12 bulan ke atas. Beberapa penelitian menyebutkan jika madu bahkan lebih baik dari obat sirup batuk sekalipun.

5. Berkumur dengan air garam

Berkumur dengan air garam untuk meredakan batuk, bisa diterapkan pada bayi yang telah berusia 4 tahun ke atas. Berkumur dengan air garam merupakan salah satu cara yang efektif untuk menghilangkan lendir.

Penggunaan air garam nyatanya sangat efektif dan yang paling penting adalah aman dan mudah ditemukan di rumah sendiri.

Perlu diingat untuk tidak menggunakan obat batuk sembarangan pada bayi yang tengah sakit. Terapkan cara- cara di atas, atau anda bisa langsung berkonsultasi pada dokter untuk penanganan terbaik.

Loading...
loading...

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *