Cara Menyembuhkan Hidung Tersumbat Sebelah

Diposting pada 114 views

Menyembuhkan Hidung Tersumbat

Apakah anda sering mengalami hidung yang tersumbat? Bagaimana cara menyembuhkan hidung tersumbat ? Hidung tersumbat sebelah memang membuat seseorang menjadi kurang nyaman. Hal ini dikarenakan, rasa kurang lega dalam bernafas akibat adanya cairan yang menutup jalan udara.

Ada beberapa penyebab yang membuat seseorang bisa mengalami hidung tersumbat seperti:

  • Pilek
  • Tingkat kelembapan yang cukup rendah sehingga berakibat pada pembengkakan ataupun iritasi
  • Reaksi dari tubuh akibat sistem imun yang kewalahan dalam menghadapi serangan jaum yang terdapat di udara
  • Menderita sinuitis

Menyembuhkan Hidung Tersumbat

Bagaimana Cara menyembuhkan hidung tersumbat sebelah?

Cara melegakan hidung bisa anda lakukan dengan banyak cara, beberapa diantaranya, seperti cara- cara menyembuhkan hidung tersumbat di bawah ini. Silahkan disimak.

1. Mandi air hangat

Mandi air hangat membantu anda untuk menghilangkan hidung tersumbat karena uap air hangat akan masuk ke dalam rongga hidung dan melegakan-nya.

2. Konsumsi makanan pedas

Ada banyak jenis makanan pedas yang bisa anda konsumsi untuk melegakan hidung anda seperti paprika, cabai, jahe atau wasabi. Makanan- makanan tersebut dapat digunakan untuk melegakan hidung untuk sementara waktu. Namun sayangnya, ketika efek makanan pedas ini habis, bisa saja sumbatan di hidung malah lebih parah.

3. Menggunakan Neti Pot

Untuk beberapa kasus, neti pot sering digunakan untuk mengatasi hidung yang tersumbat. Neti pot juga digunakan sebagai pertolongan pertama tanpa harus menyentuh obat- obatan tertentu. Cara kerja neti pot sendiri adalah dengan cara menipiskan lendir dan membuat lendir keluar dari rongga hidung. Bagi anda yang masih asing dengan penggunaan neti pot, anda bisa mengikuti cara kerja neti pot yang ada pada kemasan produk ini.

4. Baskom air hangat

Cara aman dan mudah lainnya, adalah dengan cara menggunakan baskom yang sebelumnya telah diisi dengan air hangat. Selain menyiapkan air hangat dan baskom, anda juga diharapkan menyiapkan handuk. Cara menggunakan benda- benda ini untuk menghilangkan hidung tersumbat sebelah adalah dengan cara mengisi baskom dengan air hangat untuk selanjutnya, hirup uap yang muncul pada baskom tersebut.

Agar udara panas yang muncul, tidak menyebar kemana- kemana, gunakan handuk untuk menutupi sebagian kepala serta baskom berisi air hangat milik anda.

Selain melakukan cara- cara di atas, untuk menyembuhkan hidung tersumbat anda bisa mengonsumsi obat- obatan tertentu jika memang hidung tersumbat yang anda alami merupakan gejala dari penyakit tertentu layaknya pilek.

Jika memang demikian, tentu hidung tersumbat yang anda alami akan hilang bersamaan dengan sakit yang anda derita.

Loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.