Ciri penyakit pilek pada ayam Siam dan cara pencegahannya

Diposting pada 77 views
Penyakit Pilek Ayam adalah salah satu penyakit yang sering menyerang ayam kita, penyakit ini bisa menyerang ayam dewasa maupun yang masih kecil, cara penyebarannya biasanya melalui udara, makanan, dan minuman. 

Untuk itu jika ada ayam yang terkena penyakit pilek ini sebaiknya segera diasingkan atau dikarantina supaya penyakit ini tidak menyebar ke ayam yang lain. Sebab apabila penyakit ini menyebar dapat menjadi kerugian yang sangat besar bagi peternak ayam. 

Mungkin bagi peternak ataupun bagi pemilik ayam yang masih pemula, penyakit pilek pada ayam merupakan suatu kejadian yang hal biasa dan sepele penangannya dan merasa tidak perlu diobati maka akan mampu sembuh dengan sendirinya. nah disitulah banyak orang terkecoh dengan jenis penyakit ini. 

Ciri penyakit pilek pada ayam Siam dan cara pencegahannya
Banyak ayam yang bisa mati tiba-tiba secara perlahan karena jenis penyakit ini karena pastinya ayam akan tentunya lesu dan nafsu makan akan berkurang. akibatnya pasti lambat laut daya tahan tubuhnya akan menurun dan menjadi lemas dan tak berdaya. dan pada akhirnya ayam tersebut akan mati.

Coba saja anda bayangkan apabila penyakitnya menjangkit pada semua ayam yang anda miliki. Apakah anda siap akan mengalami kerugian yang besar karena satu atau dua yam yang pilek/flu? dan apakah anda siap akan memulainya kembali dari nol dengan modal saja mungkin belum kembali tapi sudah mengalami kerugian yang besar. 


Bukannya yang untung di dapat tapi mala kerugian yang menjadi momok terbesar bagi peternak atau pun pemilik ayam. Oleh sebab itu, hendaklah anda lebih teliti lagi dan perhatian mulai dari hal yang kecil seperti halnya penyakit pilek yang terjadi pada ayam anda. 

Sebab hal tersebut menunjukkan salah satu kesuksesan dalam berternak ataupun dalam hal memelihara ayam yang anda sayangi.

Ciri-ciri ayam Siam terjangkit penyakit pilek

Adapun ciri-ciri ayam yang terkena penyakit pilek adalah sebagai berikut :

  • Ayam yang terjangkit penyakit ini akan mengeluarkan cairan pada matanya.
  • Ayam akan terlihat mengantuk dan sayapnya terlihat turun.
  • Mengeluarkan lendir berwarna kekuningan pada hidungnya.
  • Ayam akan terlihat bersin, dan selalu ingin mengeluarkan cairan itu dengan menggelengkan kepalanya.
  • Nafsu makan ayam akan menjadi turun.

Cara pencegahan penyakit pilek ayam Siam

Sebelum ayam kita terkena penyakit ini sebaiknya dilakukan pencegahan karena jika sudah terkena penyakit ini pastinya akan menimbulkan kerugian untuk kita semua, berikut pencegahan yang bisa dilakukan agar penyakit pilek tidak menyerang ayam kita :

  1. Kebersihan kandang harus selalu terjaga.
  2. Usahakan kandang bisa menerima sinar matahari secara langsung.
  3. Jaga kandang agar selalu kering, sebab jika kandang lembab akan memicu penyakit ini.
  4. Berikan vaksinasi pada ayam secara berkala.
  5. Jangan memelihara ayam disatu kandang dengan umur yang berbeda sebab itu menyebabkan banyak masalah.

Demikianlah artikel ini dibuat semoga dapat membantu dan bermanfaat bagi anda dalam hal penyakit pilek/flu pada ayam anda untuk lebih perhatian dan teliti dari hal yang kecil.

Salam GENUS (Generasi Penerus)
Loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.