Contoh Tari Di Jawa Tengah dan Yogyakarta Beserta Pengertian

Diposting pada 4.299 views
Ilmu Pengetahuan ( Event Zero Indonesia )

Di jawa mempunyai kandunganseni tari yang luar biasa banyaksa, adanya bentuk tari klasik, tari rakyat , kreasi baru. Di jawa tengah dan DIY terdapat empat kerajaan, setiap kerajaan mempunyai karakteristik yang berbeda. Tari di jawa antara lain :

a. Tari gambyong

Adalah tarian selamat datang populer da jawa tengah dan DIY. Tarian ini semula tarian Tledek yang kemudian diperhalus.Ada dua jenis tari Gambyong yang populer di masyarakat jawa, yaitu tari Gambyong Parianom dan tari Gambyong pangkur. Termasuk jenis petunjuk atau tontonan.

b. Tari Golek

Adalah tarian tunggal, namun  bisa kelompok. Tarian ini populer di kalangan masyarakat Jawa Tengah maupun DIY. Tarian ini menggambarkan perilaku seorang gadis remaja yang sedang mencari jati diri. Contoh : Golek Sukoretno, Golek Ayun- ayun, Golek Sri Rejeki, Golek Manis.

Contoh Tari Di Jawa Tengah dan Yogyakarta Beserta Pengertian


c. Tarian Gathutkaca Gandrung

Adalah tarian tunggal, tetapi bisa juga ditarikan berpasangan menambah tokoh Pergiwa, diambil dari cetrita pewayangan yaitu Pergiowa dan Pergiwati.

d. Tari Beksan

Beksan adalah tarian berpasangan yang berisi peperangan antara tokoh Ramayana dan Mahabharata. Beksan juga disebut Pethilan.

e. Tari Srimpi

Tari Srimpi adalah tarian pusaka kraton yang ditarikan 4 orang putri.

Contoh Tari Di Jawa Tengah dan Yogyakarta Beserta Pengertian


f. Tari Bedhaya

Adalah tarian pusaka kraton yang ditarikan oleh 3 orang putri menggunakan kostum yang sama. Tari Bedhaya ada 2 macam yang disakralkan, yaitu tari Bedhaya Ketawang dari Solo, tari Bedhaya Semang dari Jogja.

g. Tari Lawung

Lawung adalah tarian putra yang ditarikan secara kelompok dengan menggunakan properti tombak tumpul. Tari terebut jenis tarian yang berkembang di Istana Kraton baik solo maupun yogyakarta. Semua tari tersebut untuk upacara, akan tetapi sekarang ini Lawung banyak berfungsi sebagai tari pertunjukan,

h. Drama tari Wayang Wong

Adalah suatu jenis tarian kelompokdengan dialog prosa yang meng gunakan cerita-cerita yang diambil dari epos Mahabarata dan Ramayana.

  • Wayang wong gaya Surakarta dipentaskan diatas panggung procenium.
  • Wayang wong gaya Yogyakarta biasa dipertunjukkan di pendopo.

i. Sendra tari Ramayana

Adalah salah satu sendrati yang sangat populer di Jawa. Sendrati ini dipentaskan pertama kali pada tahun 1961 oleh koreografer Dr. Suharso, Kusuma kesawa, Ny. Djoko Suhardjo, S. Ngaliman. Penata iringan adalah Ki Cikrowasito dan Ki Marto pangrawit.

j. Drama Tari Langen Mandra Wanara

Adalah dramatari Ramayana yang mengunakan dialog tembang. Langen Mandra Wanara mengambil cerita Ramayana.

k. Drama tari Langendriyan

Adalah bentuk opera Jawa, langendriya juga drama tari yang menggunakan dialog tembang langendriya mengambil cerita Damarwulan.
Langen berarti : hiburan dan kata driya yang berarti opera tari gaya mangkunegaraan lahir pada abad ke 19.

l. Tari Klana Raja

Tari Klana Raja diciptakan oleh ki Soenartono merupakan salah satu tokoh tari dari Kraton Yogyakarta.

m. Tari Klana Topeng

Adalah tari tunggal yang menggambarkan topeng. Tarian ini menggambarkan karakter Prabu Klana Sewanda yang dalam cerita Panji jatuh cinta pada putri Kediri Galuh Candra Kirana.

n. Kuntulan

Adalah merupakan salah satu kesenian rakyat yang ada di daerah istimewa Yogyakarta khususnya di kabupaten Sleman. Menggambarkan gerak-gerik burung kuntul yang banyak ditemukan di wilayah kabupaten Sleman.

o. Tari Kuda Lumping

Adalah tarian rakyat menggunakan properti kuda- kudaan yang terbuat dari kepang (bambu). Di daerah Yogyakarta tarian ini lebih dikenal dengan nama Jathilan, di Banyumas ebeg, di Jawa Tengah Jaran Kepang.

Demikian artikel ini saya buat dan saya susun, SEMOGA BERMANFAAT.

Salam PC ( Prestasi Cemerlang)


Baca Juga  Biografi Tentang Moh. Hatta dan Perjuangannya
Loading...
loading...

One thought on “Contoh Tari Di Jawa Tengah dan Yogyakarta Beserta Pengertian

  1. tari kuda lumping ini sangat bersejarah di kepulauan jawa, saya aja bingung tarian kuda lumping tuh berasal dari jawa barat atau jawa tengah. karena di jawa barat juga wakau saya kecil masih sering dipentaskan kalau ada acara-acara spesial.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.