Inilah Daftar Binatang Paling Berbisa dan Mematikan di Dunia

Daftar Binatang Paling Berbisa ~ Keeksotisan bentuk tubuh dan warna kulit beberapa jenis hewan memang berbanding lurus dengan tingkat kandungan racun pada tubuh mereka.

Beberapa jenis katak bisa membunuh predator dengan kandungan racunnya jika tertelan atau terserap saat menyentuh kulit katak tersebut.

Sebaliknya, ular yang berbisa dapat melumpuhkan mangsanya dengan menyuntikkan racunnya atau menggigit langsung melalui taring yang tajam.

Nah, berikut ini adalah 10 daftar jenis hewan yang memiliki jenis racun paling mematikan yang sebaiknya anda waspadai. Silahkan disimak.

Daftar Binatang Paling Berbisa

1. Katak Panah Beracun (Poison Dart Frog)

Daftar Binatang Paling Berbisa Katak Panah Beracun (Poison Dart Frog)
Daftar Binatang Paling Berbisa Katak Panah Beracun (Poison Dart Frog)

Sebutan untuk “katak panah” sendiri diambil dari istilah adat bangsa Indian – Amerika yang biasa menggunakan racun katak tersebut untuk melumuri ujung anak panah.

Dilaporkan bahwa kandungan racun pada katak ini bahkan mampu membunuh sekitar 10 manusia dewasa hanya dengan 2 miligram racun saja.

2. Ubur – Ubur Kotak (Box Jellyfish)

Daftar Binatang Paling Berbisa Ubur – Ubur Kotak (Box Jellyfish)
Ubur – Ubur Kotak (Box Jellyfish)

Ubur – ubur dari kelas cubozaini merupakan salah satu hewan laut paling beracun yang dapat ditemukan di perairan lepas Australia utara dan daerah tropis Indo – Pasifik.

Ubur – ubur ini memiliki 15 tentakel dengan sekitar 5000 sel penyengat yang cukup mematikan. Dikabarkan setidaknya 5.567 jumlah kasus kematian manusia yang sudah tercatat sejak tahun 1954.

3. Ular Kobra Raja/ Ular Sendok (King Cobra)

Daftar Binatang Paling Berbisa Ular Kobra Raja Ular Sendok (King Cobra)
Ular Kobra Raja Ular Sendok (King Cobra)

Ular Kobra Raja (Ophiophagus Hannah) merupakan jenis ular yang memiliki reputasi racun mematikan dengan durasi kematian manusia dewasa cukup singkat sekitar 30 – 45 menit.

Jika dibandingkan dengan jenis ular mamba hitam, suntikan racun ular ini bisa 5 kali lipat lebih banyak dan mampu melumpuhkan seekor gajah afrika dalam waktu 3 jam saja.

Jenis ular ini dapat ditemukan di daerah dataran tinggi dengan hutan lebat yang tersebar di seluruh Asia Tenggara dan Selatan.

4. Siput Cangkang Kerucut (Marbled Cone Snail)

Daftar Binatang Paling Berbisa Siput Cangkang Kerucut (Marbled Cone Snail)
Daftar Binatang Paling Berbisa Siput Cangkang Kerucut (Marbled Cone Snail)

Satu tetesan racun yang dikeluarkan hewan ini mampu membunuh sekitar 20 manusia dewasa sekaligus.

Siput ini mampu meluncurkan sejenis “tombak” beracun melalui kontraksi otot untuk menangkap mangsa. Dilaporkan sekitar 30 kasus kematian seperti sesak napas akibat sengatan hewan ini.

5. Gurita Cincin Biru (Blue Ringed Octopus)

Daftar Binatang Paling Berbisa Gurita Cincin Biru (Blue Ringed Octopus)
Gurita Cincin Biru (Blue Ringed Octopus)

Gurita yang memiliki ukuran cukup kecil ini (sekitar 12 – 20 cm) memiliki jenis racun yang mengandung tetrodotoxin, salah satu kandungan racun yang bahkan 1.200 kali lebih kuat dari racun sianida.

Racun tersebut dihasilkan oleh bakteri yang terdapat pada kelenjar ludah gurita. Sekitar 26 manusia dewasa bisa terbunuh jika terkena racun tersebut dalam durasi beberapa menit saja.

6. Ikan Lepu Batu (Stone Fish)

Daftar Binatang Paling Berbisa Ikan Lepu Batu (Stone Fish)
Ikan Lepu Batu (Stone Fish)

Ikan yang bisa menyamar menyerupai karang batu ini memiliki kandungan racun pada dua kantung bagian dorsal yang dilapisi sebanyak 13 duri.

Racun ikan ini cukup mematikan karena bisa menyebabkan kejang otot dan kelumpuhan cukup parah sehingga harus diamputasi.

Jenis ikan ini bisa ditemukan di perairan dangkal tropis Laut Merah sampai Queensland.

7. Laba – Laba Brazil (Brazilian Wandering Spider)

Daftar Binatang Paling Berbisa Laba – Laba Brazil (Brazilian Wandering Spider)
Daftar Binatang Paling Berbisa Laba – Laba Brazil (Brazilian Wandering Spider)

Laba – laba yang berwarna kuning cerah ini bahkan masuk kategori laba – laba paling berbisa yang tercatat di Guiness World Book Record tahun 2007.

Jenis laba – laba ini memiliki kandungan racun dengan dosis yang cukup tinggi yang mengakibatkan kelumpuhan otot secara berjam – jam.

8. Ular Taipan (Inland Taipan Snake)

Daftar Binatang Paling Berbisa Ular Taipan (Inland Taipan Snake)
Ular Taipan (Inland Taipan Snake)

Satu lagi spesies ular berbisa paling mematikan di dunia yang berasal dari pedalaman Australia. Ular ini memiliki kandungan racun 200 – 400 kali lipat dari ular kobra biasa.

Racun ular ini bahkan dilaporkan mampu membunuh sebanyak 100 manusia dewasa dalam waktu 45 menit.

9. Ikan Buntal (Puffer Fish)

Daftar Binatang Paling Berbisa Ikan Buntal (Puffer Fish)
Ikan Buntal (Puffer Fish)

Daging ikan jenis ini biasa dikonsumsi oleh masyarakat Jepang dan Korea. Perlu penanganan yang cukup ekstra untuk mengolah ikan ini karena jaringan kulit dan salah satu bagian organ ikan ini ternyata cukup bebahaya bagi manusia.

Racun hewan ini bisa menyebabkan kematian dengan durasi 24 jam. Tercatat sebanyak 20 – 44 kasus keracunan makanan dari olahan dari ikan ini sejak tahun 1996 sampai 2006 di Jepang.

10. Kalajengking (Death Stalker Scorpion)

Daftar Binatang Paling Berbisa Kalajengking (Death Stalker Scorpion)
Daftar Binatang Paling Berbisa Kalajengking (Death Stalker Scorpion)

Jenis kalajengking yang berwarna kuning pucat transparan ini memang cukup mematikan jika dibandingkan spesies sejenisnya.

Spesies yang biasa ditemukan di daerah Afrika Utara dan Timur Tengah ini memiliki kandungan racun yang dapat menyebabkan serangan jantung, koma dan kelumpuhan otot.

Nah itu dia di atas daftar binatang paling berbisa di dunia. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat.

Loading...
loading...
Tags:,

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *