Dampak Buruk Ledakan Penduduk Dan Cara Tepat Mengatasinya

Diposting pada 1.048 views

Dampak Buruk Ledakan Penduduk ~ Ada banyak sekali masalah yang tengah dihadapi oleh para penduduk dunia dimana salah satunya adalah terjadinya ledakan penduduk. Pertumbuhan penduduk sendiri bisa diartikan sebagai perubahan penduduk dari satu waktu ke waktu dalam suatu wilayah.

Istilah pertumbuhan penduduk sebenarnya bisa digunakan untuk mengukur pertumbuhan bagi semua spesies namun kebanyakan, pertumbuhan penduduk disangkutpautkan dengan manusia.

Cara untuk mengukur pertumbuhan penduduk adalah dengan menggunakan rasio dan bukannya nilai. Berubahnya populasi dari satu periode ke periode lain dihitung melalui persentase populasi sejak dimulainya suatu periode.

Dampak Buruk Ledakan Penduduk Dan Cara Tepat Mengatasinya
Dampak Buruk Ledakan Penduduk Dan Cara Tepat Mengatasinya

Dampak Buruk Ledakan Penduduk Dan Cara Tepat Mengatasinya

Perlu diketahui, jika penduduk dalam suatu negara merupakan objek sekaligus subjek dalam suatu pembangunan. Dikatakan sebagai objek karena penduduk merupakan faktor yang harus dibangun serta ditingkatkan kualitas taraf hidupnya. Penduduk juga merupakan subyek karena mereka adalah pelaku dalam proses pembangunan.

Dilihat dari beberapa segi, penduduk bisa dikatakan sebagai suatu potensi sekaligus beban dalam suatu negara. Ketika suatu negara mengalami pertumbuhan penduduk yang tinggi, maka hal ini akan menjadi masalah tersendiri mengingat kapasitas dari suatu negara yang terbatas.

Pertumbuhan penduduk yang tinggi juga memicu terjadinya ledakan penduduk. Akibatnya, tingkat kesejahteraan penduduk berkurang. Di Indonesia sendiri pertumbuhan penduduk tergolong cepat meski ada kecenderungan menurun di tiap tahunnya.

Langkah dalam mengatasi terjadinya ledakan penduduk

Salah satu langkah yang tepat untuk menghindari terjadinya ledakan penduduk adalah dengan cara melakukan keluarga berencana. Keluarga berencana atau yang sering disingkat pula dengan KB, adalah suatu usaha dalam membatasi jumlah anak dalam sebuah keluarga. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga terkait.

Baca Juga  Kelebihan dan Kelemahan Sekolah Full Day Untuk Peserta Didik

Dalam KB, sebuah keluarga dianjurkan untuk memiliki 2 atau 3 anak saja. Dengan terbentuknya sebuah keluarga kecil, diharapkan kebutuhan dari anggota keluarga keluarga dapat tercukupi sehingga mampu terbentuk sebuah keluarga yang sejahtera.

Selain melakukan keluarga berencana, langkah lain dalam menekan angka kelahiran penduduk yang tinggi adalah dengan cara menunda masa perkawinan. Hal ini dilakukan supaya angka kelahiran bisa berkurang. Meski demikian, dengan banyaknya usia kawin dini di Indonesia, membuat pemerintah kelabakan sendiri dalam menekan angka penduduk yang relatif cepat tersebut.

Dampak negatif ledakan penduduk suatu negara

Ledakan penduduk yang terjadi dalam suatu negara menimbulkan berbagai dampak buruk bagi masyarakat terlebih dalam bidang sosial juga ekonomi. Pertumbuhan penduduk yang relatif cepat tersebut, nyatanya tidak sebanding dengan perkembangan ekonomi yang ada. Ada beberapa dampak buruk ledakan penduduk seperti yang berikut ini.

  1. Sumber-sumber kebutuhan pokok semakin terbatas seperti halnya sandang dan papan yang layak. Akibatnya sumber kebutuhan pokok yang harus dicukupi setiap hari tidak lagi terpenuhi.
  2. Fasilitas sosial yang tidak mencukupi seperti halnya sekolah, tempat rekreasi, dan rumah sakit.
  3. Lapangan kerja yang terbatas namun pelamar kerja yang seolah tidak ada habisnya, akibatnya akan terjadi banyak pengangguran yang berdampak pada kualitas sosial yang menurun. Terlalu banyak pengangguran membuat banyak tunawisma, kriminalitas yang meningkat serta pengemis dimana-mana.

Cara tepat dalam mengatasi ledakan penduduk

Berikut adalah beberapa solusi terbaik dalam mengatasi dampak dari ledakan penduduk

1. Menciptakan lapangan pekerjaan

Menambah lapangan pekerjaan merupakan salah satu hal yang harus dilakukan demi menciptakan kehidupan dengan taraf yang lebih baik.

Dalam hal ini, para pemilik modal dapat bekerja sama dengan pebisnis dalam menciptakan lapangan pekerjaan yang baik dan mumpuni sehingga mampu menarik banyak pencari kerja.

Baca Juga  7 Cara Menghilangkan Pikiran Negatif dari Kepala Anda

2. Menyadarkan pendidikan mengenai kependudukan

Kesadaran masyarakat memiliki andil yang cukup besar dalam mengontrol jumlah penduduk. Akan lebih baik lagi jika masyarakat secara sukarela mensukseskan gerakan KB yang digalakkan oleh pemerintah.

3. Melakukan transmigrasi

Langkah lain yang dirasa tepat untuk mengatasi tingginya jumlah penduduk adalah dengan cara melakukan transmigrasi. Melakukan transmigrasi dapat dilakukan melalui penyebaran penduduk di daerah-daerah yang masih memiliki banyak lahan kosong untuk dihuni.

4. Meningkatkan produksi makanan

Keberadaan sumber makanan, semakin menipis jika penduduk yang mendiami suatu wilayah semakin banyak. Seimbangkan tingginya laju penduduk dengan menambah sumber pangan.

Hal utama untuk mengatasi ledakan penduduk adalah dengan cara menyadarkan masyarakat untuk mengikuti program KB. Sehingga laju penduduk dapat ditekan.

Loading...
loading...

One thought on “Dampak Buruk Ledakan Penduduk Dan Cara Tepat Mengatasinya

  1. kalo dalam mengtasi mmasalah ledakan penduduk di bidang kesehatan itu melalui program keluarga berencana/ program jaminan kesehatan masyarakat?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.