Hati-Hati Saat Menciumi Bayi, Lakukan Tips Berikut Ini Agar Tidak Berdampak Buruk Buat Kesehatannya

Diposting pada 16 views

Hati-Hati Saat Menciumi Bayi, Ini Dampak Buruk Mencium Bayi

Dampak buruk mencium bayi ~ Bayi yang baru lahir memang sangat menggemaskan. Aroma khas bayi memancing seseorang secara refleks untuk menciumnya. Namun bentuk kasih sayang pada bayi yang baru lahir dengan cara menciumi justru bisa memberikan dampak buruk untuk kesehatan sang bayi.

Begitu banyak orang yang menciumi bayi maka akan lebih banyak resiko bakteri dan kuman yang ditransfer pada tubuh sang bayi.

Imun bayi masih belum terbentuk untuk menangkal virus dan kuman penyakit

Bayi yang baru lahir belum memiliki sistem imun yang kuat, dalam beberapa minggu pertama bayi masih mempergunakan sistem antibodi sang ibu.

Hal ini berarti bayi sangat retan akan penyakit yang disebabkan oleh bakteri atau virus seperti penyakit flu, rotavirus, dan lain-lain.

Ada baiknya kita tidak mengijinkan orang lain menciumi wajah atau tangan bayi. Karena bayi sangat suka menghisap tangannya yang menyebabkan kuman dan bakteri sangat mudah masuk dan menularkan penyakit.

Solusi terbaik cobalah untuk lebih menyentuh area kakinya yang memiliki resiko paling rendah dalam menyebarkan kuman penyakit.

Dampak Buruk Mencium Bayi Baru Lahir, Hati-hati Ini Akibatnya
Hati-Hati Saat Menciumi Bayi, Lakukan Tips Berikut Ini Agar Tidak Berdampak Buruk Buat Kesehatannya

Orang tua bayi sebaiknya rutin melakukan vaksinasi yang dianjurkan agar bayi mendapatkan perlindungan yang maksimal dari berbagai penyakit berbahaya.

Meski terdengar kurang sopan, ada baiknya tamu yang menengok bayi yang baru lahir mencuci tangannya terlebih dahulu hingga bersih dan steril menggunakan sabun anti bakteri. Jika perlu tuan rumah menyiapkan atau mempersilahkan mencuci tangan di washtafel sebelum menengok sang bayi.

Selain orang lain yang menengok, anggota keluarga yang setiap saat menyentuh sang bayi harus rajin mencuci tangan, mengingat banyak kuman dan bakteri di dalam rumah yang tidak terlihat kasat mata.

Baca Juga  Cara Mengajar Matematika Kreatif

Sediakan hand sanitizer dekat bayi sehingga siapapun bisa membersihkan tangannya sebelum menyentuh bayi.

Orang tua punya hak membuat larangan menciumi bayi baru lahir.

Selain beberapa uraian sederhana di atas untuk menghindari bayi bersentuhan atau dicium bibirnya. Berikut beberapa hal yang perlu diwaspadai akan resiko bayi yang diciumi oleh orang dewasa atau anak-anak.

1. Hindari sentuhan atau kontak dengan orang dewasa yang sedang sakit.

Karena hal tersebut berpotensi terkena penyakit infeksi pneumokokus. Akibat bakteri Streptococcus pneumonia atau Invasive Pneumococcal Disease (IPD) yang dapat menyebabkan infeksi saluran napas dan menimbulkan komplikasi radang paru-paru, meningitis atau infeksi bakteri di darah.

2. Tegas dalam membuat larangan menciumi mulut bayi.

Buang perasaan tidak enak atau khawatir menyakiti perasaan tamu dengan meminta secara santun untuk tidak mencium bayi anda terutama di mulut. Agar tidak tersinggung, sampaikan dengan sopan bahwa bayi belum bisa di cium tapi masih boleh menyentuh kaki atau perut dengan lembut.

3. Lebih waspada mengawasi bayi prematur

Akan lebih ekstra pengawasan dan larangan yang harus diberlakukan dalam mengawasi bayi prematur. Salah satu masalah yang kerap ditemui pada bayi prematur adalah gangguan pernapasan dan lebih rentan terhadap infeksi kuman akibat daya tahan tubuh yang lemah.

Pada kasus bayi dengan alergi, maka faktor risiko lebih tinggi dan cepat menyebabkan infeksi pada kulit bayi. Untuk bayi yang memiliki asma dapat memicu alerginya kambuh.karena bersentuhan kulit atau kuman menyebar melalui udara yang dihirup pada tempat yang sama dengan orang yang terinfeksi.

4. Waspada terhadap penyakit gigi

Seorang dokter gigi anak dari Allison Park, AS menjelaskan, begitu banyak penelitian mengungkap bahwa mencium bayi bisa menstransfer air liur ibu yang memiliki karies gigi serta mengandung bakteri Streptococcus mutans.

Baca Juga  Pengertian dan Macam-Macam Jenis Zakat

Demikian informasi yang kami berikan, tentang dampak buruk mencium bayi, yang diterima buah hati jika sembarangan di cium. Jadi mulai sekarang, hati-hati ya bunda, jangan sembarang orang mencium buah hati anda. Semoga bermanfaat

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *