Dampak Buruk Riba Bagi Manusia

Diposting pada 353 views

Dampak Buruk Riba

Dampak buruk riba telah dirasakan oleh banyak orang entah dari golongan muslim ataupun yang non muslim. Riba merupakan suatu bentuk kezhaliman yang sayangnya telah menjamur di berbagai kalangan masyarakat. Hampir semua bentuk peminjaman modal atau bentuk transaksi lain melibatkan perilaku riba di dalamnya.

Allah mengharamkan riba dan melaknat para pelakunya jika tidak segera bertaubat. Saking berat dan besarnya masalah riba, banyak ayat Al Qur’an, mulai dari surat Al- Imran ayat 7, An- nisa dan Ar- rum dan Al baqarah membahas bahaya riba.

Dampak Buruk Riba
Dampak Buruk Riba

Ada beberapa dampak buruk riba yang dihasilkan dari perilaku riba. Berikut adalah beberapa diantaranya.

1. Perbuatan Buruk Kaum Yahudi di Masa Lampau

Taukah anda jika riba merupakan salah satu perilaku buruk kaum yahudi? Jika anda merupakan salah satu pelakunya, maka anda menyamai perbuatan kaum yahudi tersebut. Akibatnya, pelaku riba akan mengikuti jejak kaum yahudi di neraka.

2. Krisis Ekonomi

Riba yang dilakukan secara besar- besaran dapat menyebabkan terjadinya krisis ekonomi. Tidak main- main, keberadaan riba yang tidak segera ditanggulangi dapat menyebabkan negara dalam masalah besar.

3. Menyengsarakan Orang

Para pelaku riba umumnya mencari keuntungan sebanyak- banyaknya atas apa yang mereka pinjamkan pada orang lain. Bunga pinjaman yang terlalu besar, membuat peminjam mengalami kesulitan dalam mengembalikan bunga tersebut. Ketika tidak lagi mampu membayar bunga yang ditekankan, maka kehidupan ekonomi seseorang dapat berubah menjadi tidak stabil.

4. Masuk Neraka

Pelaku riba merupakan perilaku yang dilarang oleh Rasul dan Allah SWT. Tidak main- main, pelaku riba diancam oleh Allah masuk kedalam neraka. Bahkan saat diduniapun, harta yang mereka miliki tidaklah berkah. Perbuatan baik layaknya infaqpun tidak akan diterima jika uang yang mereka infaqkan adalah hasil dari riba.

Baca Juga  4 Cara Menghilangkan Sikap Zalim

5. Retaknya Hubungan Persaudaraan

Dampak buruk riba yang selanjutnya adalah retaknya hubungan antar sesama. Hubungan yang awal mulanya sangat erat, bisa retak bahkan berakhir dengan saling bermusuhan akibat riba. Mereka yang haus akan keuntungan, biasanya akan mencari keuntungan yang berlebih tanpa pandang bulu. Akibatnya pihak peminjam akan merasa dirugikan dan membuat hubungan tidak lagi berjalan dengan baik

6. Menambah Pelaku Kriminalitas

Bahaya riba ternyata berkaitan erat dengan banyaknya perilaku kriminalitas. Riba telah banyak menggerogoti aktivitas ekonomi perorangan. Akibatnya banyak dari mereka yang ekonominya menjadi lemah sehingga daya beli masyarakat berkurang.

Akibatnya produsen barang akan mengalami kebangkrutan dan melakukan pemecatan bagi banyak karyawannya. Jika banyak pengangguran maka tidak bisa dipungkiri lagi jika tindak kriminalitas juga semakin banyak.

Demikian artikel tentang dampak buruk riba bagi manusia dan lingkungan sekitar.

 

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *