Defenisi Dan Karakteristik Motor Seri Satu Fasa (Universal)

Diposting pada 343 views
Ilmu Pengetahuan ( Event Zero Indonesia )

A. Defenisi

Motor seri satu fasa merupakan bagian yang tergolong dalam motor satu fasa. Motor jenis ini mampu memberikan torsi asut yang tinggi dan beroperasi pada kecepatan tinggi. Motor universal ini banyak digunakan pada peralatan rumah tangga dan bersifat portable.

B. Karakteristik Motor Seri Satu Fasa (Universal)

Motor universal terdiri dari sebuah rotor yang biasa disebut armatur atau jangkar dengan lilitan kumparan sekelilingnya, dan di ujung poros diletakkan komutator yang dibagi atas beberapa lamel. Pada komutator diletakkan sikat karbon yang berfungsi untuk mengalir arus dari sumber luar ke dalam jangkar motor. Saat arus mengalir ke dalam jangkar, maka di jangkar akan berputar di antara kutub magnet yang berada di stator motor. Hampir semua motor universal memiliki kipas pendingin dibagian ujung porosnya. Motor universal banyak digunakan pada peralatan listrik dengan ukuran yang kecil dan sedang, seperti penghisap debu, mesin jahit dan sejenisnya.
Defenisi Dan Karakteristik Motor Seri Satu Fasa (Universal)
Motor universal bisa di operasikan dengan sumber arus searah atau bolak-balik. Kecepatan motor bisa diatur dengan menggunakan rheostat, penyearah, atau perubahan kedudukan sikat karbon yang melewati jangkar motor. Dari sumber yang diketahui bahwa dalam perawatan motor universal ini relatif mudah. Kebanyakan motor tidak berfungsi dengan baik diakibatkan karena kontak sikat karbon ke permukaan komutator tidak baik, ini bisa dilihat dengan adanya spark pada permukaan komutator, sehingga kontak listrik menjadi tidak sempurna. Apabila hal seperti ini terjadi, maka kita dituntut harus mengatur kembali posisi sikat atau mengganti sikat dengan yang baru. 

Jadi bila dilihat dan diamati tentang bagaimana karakteristik dari motor universal ini tentu memiliki banyak keunggulan dan termasuk ke dalam bagian yang tentunya diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan kelebihan itu hingga pada proses perawatan yang telah dilansir diketahui bahwa relatif mudah bila dibandingkan dengan jenis motor lainnya. Mungkin itu hal biasa namun perlu anda ketahui bahwa setelah pemakaian bila ingin peralatan yang kita punya tetap dalam keadaan baik-baik saja dan tidak mengalami kerusakan, tentu harus adanya perawatan.

Demikianlah artikel ini dibuat semoga dapat membantu dan bermanfaat bagi anda.

Salam GENUS (Generasi Penerus)

Loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.