Defenisi dan Kelebihan dari Buah Nanas

Diposting pada 185 views
Ilmu Pengetahuan ( Event Zero Indonesia )


Defenisi dan Kelebihan dari Buah Nanas
Banyak dari kita sudah mengenal buah nanas itu seperti apa bentuk dan rasa pada umumnya buah tersebut. Namun tidak tahu untuk mengetahui asli dari manakah jenis buah yang satu ini. Buah Nanas merupakan salah satu jenis buah yang memiliki kandungan Vitamin A dan C yang dimana kedua vitamin tersebut mampu menangkal radikal bebas

Defenisi dan Kelebihan dari Buah Nanas


Selain memiliki vitamin A dan C, Buah nanas juga mengandung magnesium, zat besi, Fosfor, kalium, kalsium, natrium, sukrosa, dekstrosa dan enzim bromelain. Diketahui dari beberapa sumber yang meliput tentang buah nanas, ternyata buah ini salah satu tanaman tropis asli Brazil, Paraguay, dan Bolivia. Tetapi tentu saja jenis buah ataupun tanaman nanas ini sudah tidak perlu jauh-jauh ke Negara tersebut memperolehnya karena nanas sudah banyak tumbuh subur dan banyak ditanami di daerah Indonesia yang merupakan salah satu Negara tropis yang sudah sangat dikembangkan di Negara-negara tropis. 


Bahkan diketahui di Indonesia buah nanas sering dijadikan sebagai hidangan penutup di salah satu pesta-pesta seperti acara, ulang tahun, khitanan, serta yang lainnya. Karena buahnya yang manis dan segar jadi sangat cocok untuk di jadikan hidangan penutup atau sering disebut dengan cuci mulut oleh anak-anak jaman sekarang dan buah nanas ini dapat pula diolah menjadi selai serta jus oleh masyarakat kita. Selain itu, buah yang satu ini menyimpan begitu banyak manfaat untuk tubuh kita termasuk salah satunya untuk kesehatan. Tentunya saya pun pernah mencobanya dan merasakan dampak baiknya dari buah nanas ini. 


Namun berikut klasifikasi dari tanaman nanas :


Kingdom : Plantae (Tumbuhan)

Subkingdom : Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)

Super Divisi : Spermatophyta (Menghasilkan biji)

Divisi : Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)

Kelas: Liliopsida (berkeping satu / monokotil)

Sub Kelas : Commelinidae

Ordo : Bromeliales

Famili : Bromeliaceae

Genus: Ananas

Spesies : Ananas comosus

Defenisi dan Kelebihan dari Buah Nanas

Dari berbagai sumber diketahui bahwa buah nanas memiliki banyak sekali kelebihan yang sangat baik bagi tubuh manusia, berikut merupakan kelebihan yang dimiliki oleh buah nanas :

  1. Tentu saja karena banyaknya kandungan vitamin A dan C yang terdapat dalam buah nanas yang bersifat antioksidan sehingga mampu menangkal radikal bebas sehingga dapat mencegah terjadinya kanker di dalam tubuh.
  2. Mengatasi peradangan kulit
  3. Melancarkan haid, Nah untuk buah nanas yang masih muda dapat menggugurkan kandungan, oleh karena itu buah nanas dapat dikonsumsi untuk melancarkan haid.
  4. Dapat meningkatkan kualitas penglihatan, karena buah nanas tersebut memiliki kandungan betakaroten sama seperti wortel.
  5. Dapat menurunkan berat badan, Karena didalam buah nanas tersebut mengandung serat yang memberikan efek kenyang lebih lama.
  6. Meningkatkan gula darah, Kadar gula didalam buah nanas ini lumayan tinggi nah, untuk para penderita kadar gula rendah sebaiknya mengkonsumsi buah nanas karena buah nanas tersebut dapat membantu meningkatkan kadar gula darah.
  7. Mampu membantu melunakkan makanan didalam lambung, Karena buah nanas tersebut mengandung enzim bromelain yang dapat berguna untuk membantu melunakkan makanan didalam lambung
  8. Dapat memperkuat gusi serta gigi.
  9. Dan terakhir memperlancar atau membersihkan saluran pernafasan ataupun sesak nafas di dalam paru-paru akibat banyak debu-debu atau benda-benda halus lainnya yang tidak baik buat kesehatan, sebab dulu saya pernah bekerja di toko besi baja, kadang tanpa disadari serbuk besi tersebut terhirup. Dan malamnya kadang batuk-batuk dan sesak di dada, namun sejak mengkonsumsi nanas dan di jus, hal tersebut sudah tidak terjadi lagi dan saya merasa legah dan nyaman dan terbantu sekali.
Demikianlah artikel ini dibuat semoga dapat membantu dan bermanfaat bagi anda tentang defenisi dan kelebihan tanaman buah nanas ini.

Salam GENUS (Generasi Penerus)

 

Loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.