Defenisi Dan Kriteria Internet Servis Provider (ISP)

Diposting pada 790 views
Ilmu Pengetahuan ( Event Zero Indonesia )

A. Defenisi

Dikalangan masyarakat umum masih banyak belum mengenal dan mengetahui apa itu ISP. ISP (Internet Servis Provider) adalah sebuah perusahaan atau organisasi yang menyediakan jasa internet. Jika ingin menghubungkan komputer ke internet, kita harus mendaftarkan diri ke salah satu ISP. Beberapa ISP adalah RADNET, INDONET, MEGANET, dan lain-lain. Namun apabila anda ingin secara langsung menggunakan ISP secara langsung tanpa mendaftarkan diri terlebih dahulu, anda dapat menggunakan TELKOMNet Instan atau TELKOMNet ISDN.
Defenisi Dan Kriteria Internet Servis Provider (ISP)
ISP-ISP yang ada di Indonesia tergabung dalam Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII). Setiap ISP memberikan penawaran yang tentunya berbeda-beda. Oleh karena itu, jika anda ingin melakukan koneksi ke internet, kita harus tahu jenis koneksi apa yang ingin digunakan. Setelah itu anda bisa memilih ISP yang akan digunakan. 

B. Kriteria ISP (Internet Servis Provider)

Setelah anda memilih ISP yang anda ingin gunakan, selanjutnya anda ada baiknya untuk mengetahui kriteria ISP. Berikut adalah kriteria ISP:

1. Bandwidth

Yaitu lebar saluran data yang dilewati secara bersama-sama oleh data-data yang ditransfer. Semakin banyak data yang ditransfer, maka semakin lambat kecepatannya.

2. Memiliki backbone

Yaitu saluran koneksi utama jaringan ISP dengan internet. Pada umumnya, ISP menyewa backbone dari perusahaan lain atau menggunakan bersama-sama dengan ISP lain namun dapat mengurangi akses masing-masing ISP tersebut.

3. Kecepatan transfer data

Yaitu kecepatan ISP dalam melayani proses transfer data dari internet ke komputer atau sebaliknya. Data-data itu dapat berupa teks, suara, gambar, ataupun vidio dan suara. Kecepatan transfer data dari sebuah komputer server di internet ke komputer sangat tergantung pada kecepatan transfer data dari provider yang kita gunakan.

4. Memiliki server proxy

Server ini berfungsi untuk menyimpan alamat-alamat favorit pelanggan, seperti website-website yang sering dikunjungi pelanggan.

5. Biaya pemakaian

Setiap ISP memiliki penawaran harga yang berbeda. Tentu saja dengan kualitas yang sesuai dengan harga tersebut. Misalnya, ISP Telkomnet Instan dan Telkomnet ISDN. Walaupun berasal dari perusahaan yang sama, namun kedua ISP tersebut memiliki harga dan kualitas yang berbeda.

6. Keamanan data

Perlu anda ketahui dalam penggunaan ISP ada baiknya menggunakan ISP yang terpercaya dan memiliki pertahanan yang kuat untuk menghentikan dan mencegah adanya pembajakan sebab kejadian dalam dunia maya ini sama dengan seperti dunia nyata yang dapat menyebabkan kerugian bila terjadi.

Demikianlah artikel ini saya buat, semoga dapat membantu dan bermanfaat bagi anda- anda semua.

Salam GENUS (Generasi Penerus)
Loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.