Defenisi, Peran Dan Manfaat Jaringan Komputer

Diposting pada 1.221 views
Ilmu Pengetahuan ( Event Zero Indonesia )

A. Defenisi

Jaringan komputer dapat didefenisikan sebagai gabungan antara teknologi komputer dan teknologi komunikasi,teknologi ini bisa melahirkan suatu sistem komunikasi data yang cepat, termasuk pemakaian database, software aplikasi dan penggunaan hardware secara bersamaan. Setiap komputer, printer atau perangkat lainnya yang terhubung dengan jaringan itu disebut node. Dalam sebuah jaringan komputer ada yang disebut komputer server dan komputer client. Perannya pun tentu berbeda. Komputer server berfungsi untuk melayani pengiriman dan penerimaan data dari komputer-komputaringan. Komputer server juga berfungsi juga untuk mengatur lalu lintas data dalam jaringan dan berfungsi juga sebagai penyuplai data, program file yang dibutuhkan oleh komputer client. Komputer client adalah komputer menerima pelayanan daro komputer server.

B. Peran

Dalam perannya jaringan komputer berperan dalam komunikasi data atau pergerakan data dari setiap pengguna jaringan. Dalam sistem jaringan tersebut terdapat sebuah komputer pusat atau pengolah pusat. Biasanya komputer pusat ini berupa seperangkat komputer mainframe yang terhubung dengan jumlah terminal. Terminal-terminal ini bisa disimpan berdekatan dengan CPU atau terpisah dengan jarak yang cukup jauh atau bisa sangat jauh sekali, atau bahkan tersimpan luar negri atau dibelahan benua lain.
Hampir di setiap instansi, baik pemerintahan, pendidikan ataupun lembaga bisnis, termasuk lembaga keuangan seperti bank telah menggunakan jaringan komputer atau jaringan yang sudah canggih. Jadi dari hal tersebutlah pengolahan dan komunikasi data bisa dilakukan dengan cepat dari satu tempat ke tempat lain. Salah satu contoh peran karingan komputer dalam komunikasi data adalah untuk pengiriman atau penerimaan email melalui jaringan internet, pengecekan kartu kredit secara online dan lain sebgainya.

C. Manfaat

Tentu dari jaringan komputer ini memberikan suatu manfaat bagi kita semua yaitu :
1. Sebagai sarana komunikasi dan informasi
Mengapa tidak, dalam penggunaan komputer dalam satu jaringan tidak perlu menyampaikan secara lisan informasi atau pesan yang ingin disampaikan. Cukup menyampaikan pesan melalui jaringan komputer.

2. Menghemat Biaya
Tentu dengan adanya jaringan komputer membuat biaya komunikasi dan mendapatkan informasi lebih mudah dan hemat biaya sebab tidak perlu langsung menjumpai ataupun langsung mengambil data ke tempat kejadian yang kita inginkan.

3. Berbagai sumber daya
Dengan adanya jaringan komputer ini tentu juga memberikan suatu kemampuan sumber daya yang ada. Dalam arti sumber daya itu berupa perlengkapan komputer dan lain-lain.

4. Meminimalkan kehilangan data
Jelas apabila komputer yang satu rusak, data atau dokumen dapat diperoleh dari komputer lain yang terhubung dalam satu jaringan.
Demikianlah artikel ini dibuat semoga dapat membantu dan bermanfaat bagi anda.
Salam GENUS (Generasi Penerus)

Baca Juga  MENGENAL MACAM-MACAM ISTILAH DALAM INTERNET
Loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.