Definisi dan Type Motor Satu Fasa

Diposting pada 73 views
Ilmu Pengetahuan ( Event Zero Indonesia )

A.Definisi

Di dalam motor satu fasa ini pada umumnya dibuat dengan daya yang kecil (fractional horse power). Konstruksi-nya juga relatif sederhana, walaupun demikian motor jenis ini tidak terlalu mudah untuk di-analisa. Anda bisa membuktikannya bila anda tidak percaya dengan berbagai contoh dari barang yang terdiri atas motor satu fasa yang kelihatan walau sederhana. 

Motor satu fasa ini ternyata sangat dekat dengan kebutuhan sehari-hari kita dalam rumah tangga maupun sesuatu yang sangat membantu sekali dalam pembuatan sesuatu yang kita harapkan sehingga pekerjaan kita lebih menjadi ringan karena bantuan dari motor satu fasa ini.

Bila anda sudah penasaran peralatan apakah yang digunakan dengan bantuan dari motor satu fasa ini yaitu pompa air, refrigerator, mesin cuci, mesin jahit, mixer dan lain-lain. Tentu dari berbagai contoh yang telah dituliskan tersebut membuat kita makin lebih paham dan tahu apakah penggunaan motor satu fasa ini penting atau tidak. Tentu setelah anda mengetahuinya bahwa motor satu fasa ini tergolong bagian yang terpenting yang membantu dalam kebutuhan pokok manusia. Bahkan sebenarnya banyak lagi contoh-contoh dari motor satu fasa ini baik dalam dunia industri maupun rumah tangga.
Definisi dan Type Motor Satu Fasa

B. Tipe-tipe Motor Satu Fasa

Motor satu fasa ini terbagi atas tiga tipe, yaitu;

1. Motor induksi Satu Fasa

Motor jenis ini diketahui berdasarkan metode yang digunakan untuk pengasutannya dan mengacu pada nama metode yang digunakan nya, seperti resistance start (split phase), capacitor-start, capacitorrun, dan shaded pole.

2. Motor Seri Satu Fasa (Universal)

Motor seri satu fasa dapat digunakan dengan dua macam jenis arus, yaitu arus searah (DC) dan arus bolak balik (AC). Motor jenis ini mampu memberikan torsi asut yang tinggi dan beroperasi pada kecepatan tinggi. Motor universal banyak digunakan pada peralatan rumah tangga dan peralatan yang bersifat portable.

3. Motor Sinkron Satu Fasa

Diketahui bahwa pada tipe motor sinkron satu fasa berputar pada kecepatan konstan dan digunakan pada peralatan yang membutuhkan kecepatan konstan seperti jam. Pada motor sinkron ini juga terdiri atas dua yaitu reluctance motor dan hysterisis motor.

Demikianlah artikel ini dibuat semoga dapat membantu dan bermanfaat bagi anda.

Salam GENUS (Generasi Penerus)

Loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.