Definisi Serta Cara Kerja Enzim

Diposting pada 1.647 views
Mungkin banyak diantara Anda yang sudah mengerti dan paham dengan baik, Apa itu Enzim. Namun Ada beberapa orang yang mungkin sedang mencari tahu definisi Enzim dan bagaimana cara kerjanya??
Untuk itu pada bahasan kali ini kami akan memberikan beberapa informasi tentang definisi Enzim, akan tetapi sebelum lebih jauh membahas tentang Enzim. Sebaiknya Anda juga mengetahui definisi Metabolisme, karena Enzim merupakan aktivator dari Metabolisme dan Katabolisme.
Definisi Enzim dan Cara Kerja
Definisi Enzim dan Cara Kerja

Definisi Enzim

Singkatnya, pengertian Metabolisme adalah suatu reaksi kimia di dalam tubuh makhluk hidup atau disebut juga reaksi biokimia. Sementara Enzim sendiri adalah suatu biokatalisator, yang berfungsi untuk mempercepat sebuah reaksi kimia di dalam tubuh makhluk hidup.
Reaksi kimia dengan bantuan enzim akan mempermudah dan hanya menggunakan sedikit energi. Jadi, dengan kata lain Enzim juga berguna untuk menurunkan energi aktivasi.

Struktur Enzim

Holoenzim atau suatu Enzim terdiri dari sebagian protein dan sebagian bukan protein. Bagian protein pada Enzim ini disebut apoenzim, sementara bagian non protein-nya disebut kofaktor. Struktur Kofaktor ini dapat terdiri dari ion logam (Fe, K, Na, Mg, Cu), atau Koenzim yang berbentuk bahan organik, seperti vitamin B (B1, B2).

Sifat-sifat Enzim

Aktivator Metabolisme yang merupakan salah satu zat terpenting dalam proses metabolisme ini, merupakan molekul protein kompleks yang memiliki sifat berikut :

1. Enzim Bersifat Khusus atau Spesifik

Enzim hanya mampu bekerja pada satu substrat saja, karena itulah Enzim hanya mempengaruhi satu reaksi tanpa mempengaruhi reaksi yang lain.

2. Enzim Bekerja Disuhu Tertentu

Sifat Enzim yang termorabil ini membuat Enzim bekerja dengan cepat pada suhu tinggi dan akan bekerja lambat pada suhu yang rendah.

3. Enzim Dapat Bekerja Bolak-balik

Kerja enzim dapat bolak-balik, karena mampu bereaksi tanpa mempengaruhi hasil akhirnya. Enzim juga akan terbentuk kembali sebagai Enzim di akhir reaksi kimia.

4. Enzim Berkerja pada pH Tertentu

Karena mengandung sebagian besar protein, maka kinerja Enzim juga dipengaruhi oleh tingkat pH. Pada pH rendah Enzim mengalami Koagulasi, sementara pada pH tinggi Enzim mengalami Denaturasi.

Cara Kerja Enzim

Cara kerja Enzim berbasis lock and key yaitu kunci dan anak kunci, artinya terdapat tempat aktif di salah satu sisi Enzim yang memiliki pasangan dengan bentuk dan permukaan substrat yang sama.Oleh sebab itu suatu Enzim hanya bisa dipergunakan pada satu jenis substrat saja.
Suatu molekul Enzim dapat bekerja berkali-kali selama molekul tersebut tidak rusak, karena itu meskipun Enzim merupakan katalis. Akan tetapi tubuh hanya membutuhkan sedikit zat ini.
Itulah beberapa informasi mengenai definisi Enzim dan cara kerjanya semoga bermanfaat dan menjawab pertanyaan Anda.
Loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.