Definisi Programmable Logic Controller (PLC)

Diposting pada 205 views
Ilmu Pengetahuan ( Event Zero Indonesia ) Mungkin banyak di antara kita belum mengetahui apakah itu programmable logic controller atau PLC. Nah, sebelum anda mengetahuinya secara langsung, ada baiknya mengetahui dulu sebelum otomatisasi industri berkembang, proses industri menggunakan mesin-mesin yang dikontrol secara langsung oleh pekerja-pekerja dan melibatkan berbagai komponen mekanik. Sistem kontrol kemudian beralih ke sistem yang menggantikan sebagian atau seluruh tugas operator. Sejumlah elemen mekanik atau listrik dihubungkan membentuk sistem kontrol yang berfungsi permanen (hardwired control). Sistem kontrol hardwired yang umum digunakan di industri antara lain sistem kontrol logika relai, elektronik, pneumatik, hidrolik, dan elektronik analog.

Dalam kompleksitas sambungan antara elemen pembentuk sistem kontrol sangat tergantung pada kompleksitas proses pada suatu industri. Pada sistem kontrol kompleks, modifikasi sambungan dan konfigurasi elemen maupun “trouble shooting” pada kegagalan sistem kontrol sangat sulit dilakukan. Dalam perkembangannya komponen mikroelektronika, terutama yang bersifat dapat diprogramkan, menghasilkan sistem kontrol elektronik yang sangat fleksibel (programmable control). Sistem kontrol programmable yang pertama sekali digunakan sebagai pengganti sistem kontrol berbasis logika relai adalah Programmable Logic Controller (PLC).

Definisi Programmable Logic Controller (PLC)

Dari sumbernya bahwa definisi PLC menurut National Electrical Manufactures Association (NEMA) adalah “suatu alat elektronika digital yang menggunakan memori yang dapat diprogram untuk menyimpan instruksi-instruksi dari suatu fungsi tertentu seperti logika, sekuensial, pewaktuan, pencacahan dan aritmatika untuk mengendalikan mesin dari proses”

Sehingga dari operasi PLC terdiri dari evaluasi masukan dari proses industri, memproses masukan sesuai dengan program yang ada memorinya, dan menghasilkan keluaran untuk menggerakkan peralatan-peralatan proses. PLC secara langsung dapat dihubungkan ke aktuator dan transduser dalam proses industri, karena berbagai jenis antar muka standar terdapat pada PLC.

Baca Juga  Pengertian dan Definisi Ringkas Internet

Jadi jangan heran apabila anda menemui suatu mesin yang otomatis tanpa adanya seorang operator bila anda berada di dalam suatu pabrik industri walau tidak kita bisa sangkal bahwa masih banyak pula mesin-mesin yang masih secara manual yang dijalankan oleh operator untuk mesin itu dapat menjalankan tugasnya dengan baik dan semestinya. Namun di jaman yang terus berkembang dan semakin maju pesat, maka banyak mesin-mesin yang telah diproduksi secara otomatis dengan penggunaan PLC ini.

Demikianlah artikel ini dibuat semoga dapat membantu dan bermanfaat bagi anda.

Salam GENUS (Generasi Penerus)

Loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.