Empat Aliran Seni Lukis Fenomenal

1. Ekspressionisme

Ekspressionisme adalah aliran yang memiliki kecenderungan seorang seniman untuk mendistorsi kenyataan dengan efek-efek emosional.

Ekspressionisme bias ditemukan juga di dalam karya sastra, film, arsitektur, dan music. Istilah emosi ini biasanya lebih menuju pada jenis kemarahan dan depresi daripada emosi bahagia.

Diketahui bahwa “View of Toledo” oleh Greco pada tahun 1595 / 1610 dipercaya memiliki pengaruh besar terhadap ekspressionisme pada abad ke-20. Meskipun lukisan ini beraliran manerisme. Namun pelukis Matthias Grunewald dan El Greco bisa disebut ekspressionisme.

Empat Aliran Seni Lukis Fenomenal
Ekspressionisme

2. Impresionisme

Impresionisme adalah suatu aliran gerakan seni pada abad ke-19 yang dimulai dari Paris pada tahun 1860-an. Nama ini awalnya diambil dari lukisan Claude Monet, “Impression, Sunrise” (Impression, soleil leveant). 


Kritikus Louis Leroy menggunakan kata ini sebagai sindiran dalam artikelnya di Le Charivari. Diketahui dalam sejarahnya perubahan Paris oleh Napoleon III, Academie des beaux-arts mendominasi kegiatan seni di abad 19. 
Empat Aliran Seni Lukis Fenomenal
Impressionisme

Akademi ini adalah penguasa standardisasi tradisional lukisan-lukisan Prancis, termasuk dalam hal tema dan gaya. Tema historis, religius, dan potret sangat dihargai pada saat itu, sementara tema pemandangan dan still life hanya dipandang sebelah mata. 

Academie des bea-ux-arts menginginkan setiap lukisan memperhatikan setiap detail dan finishing yang sempurna, dan diharapkan bias mendekati kemiripan fotografis. Semua goresan kuas sangat diperhatikan dengan mempertimbangkan bahwa hal tersebut adalah cerminan kepribadian, emosi, dan teknik yang dimiliki seorang pelukis. Warna-warna gelap dan suram lebih dihargai dalam aliran ini.

3. Naturalisme (seni rupa)

Aliran Naturalisme di dalam seni rupa adalah usaha yang menampilkan objek realistis dengan penekanan seting alam. Hal tersebut merupakan suatu pedalaman lebih lanjut dari gerakan realisme pada abad ke-19 sebagai reaksi atas kemapanan romantisme

Empat Aliran Seni Lukis Fenomenal
Naturalisme

Salah satu perupa naturalisme di Amerika adalah William Bliss Baker, yang lukisan pemandangan-nya dianggap lukisan realis terbaik dari gerakan ini. Salah satu bagian penting dari aliran ini adalah pandangan Darwinisme mengenai hidup dan kerusakan yang telah ditimbulkan manusia terhadap alam.

4. Abstraksi

Abstraksi adalah aliran yang memiliki usaha untuk mengesampingkan unsur bentuk dari lukisan. Teknik abstraksi yang berkembang pesat seiring merebaknya seni kontemporer saat ini berarti tindakan menghindari peniruan objek secara mentah. 

Empat Aliran Seni Lukis Fenomenal
Abstraksi

Unsur yang dianggap mampu memberikan sensasi keberadaan objek diperkuat untuk menggantikan suatu unsur bentuk yang dikurangi porsinya.

Demikianlah artikel tentang empat jenis aliran seni lukis yang fenomenal ini semoga dapat membantu dan bermanfaat bagi anda.

Salam GENUS (Generasi Penerus)
Loading...
loading...

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *