Gangguan yang terjadi pada Sistem Pencernaan

Diposting pada 649 views
Pada system pencernaan pada tubuh manusia, dapat pula mengalami gangguan ataupun masalah-masalah yang berbuah menjadi penyakit.

Terganggunya system pencernaan ini dapat diakibatkan oleh banyak faktor yaitu kelainan system pencernaan, masuknya bibit penyakit, makanan yang tidak baik ataupun tidak sehat dan juga gaya hidup yang tidak sehat sehingga dapat menyebabkan gangguan pada pencernaan manusia.
Gangguan yang terjadi pada Sistem Pencernaan
Berikut ini beberapa contoh gangguan pada system pencernaan, terutama yang terjadi pada organ pencernaan.
Gangguan ini terjadi karena terganggunya penyerapan air pada usus besar. Gangguan diare ini dapat sisebabkan oleh bakteri atau infeksi kuman.

2.    Maag

Gangguan maag ini dapat terjadi karena produksi asam lambung berlebihan. Gejala dari gangguan ini, yaitu terasa mual dan perih pada lambung, untuk menghindari gangguan tersebut, dapat dilakukan dengan pola makan yang teratur dan tepat waktu makan. Sebab apabila ini terus berlanjut dapat menyebabkan lapisan lambung dapat rusak atau bahasa sehari-harinya semakin tipis ataupun menjadi bocor. Jadi untuk penangan gejala ini bila sudah terjadi hendak minum air hangatlah dan segeralah minum obat antasida untuk menangani sementara waktu agar tidak semakin parah.

3.    Sembelit

Sembelit yaitu merupakan gangguan yang terjadi akibat penyerapan air di usus besar secara berlebihan. Akibatnya feses menjadi keras.

4.    Parotitis (gondong)

Gangguan ini terjadi pada kelenjar parotid yang membengkak. Gangguan ini disebut juga penyakit gondong.

5.    Apendisitis

Gangguan apendisitis ini disebut juga radang usus buntu. Gangguan ini terjadi pada umbai cacing atau apendiks. Umbai cacing mengalami peradangan akibat infeksi oleh bakteri.

6.    Ulkus

Gangguan ulkus ini merupakan gangguan radang dinding lambung, yaitu gangguan pada lambung yang disebabkan oleh tingginya produksi asam lambung (HCl) dibandingkan makanan yang masuk.

Sekianlah penjelasan dari saya tentang gangguan pada sistem pencernaan pada manusia semoga dapat berguna bagi anda untuk lebih paham dan mengerti serta lebih perhatian dan peduli terhadap diri kita untuk menjaga kesehatan pada sistem pencernaan yang kita miliki dan harus syukuri kepada Tuhan Yang Maha Esa. 

Salam GENUS (Generasi Penerus)

Loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.