Gangguan yang terjadi pada sistem pernapasan

Diposting pada 7.625 views
Sebelum kita membahas gangguan yang terjadi pada system pernapasan manusia, kita perlu tau sedikit tentang pernapasan.

Pernapasan adalah suatu alat bernafas pada manusia yang bertujuan untuk menghirup udara bebas yang semata-mata untuk mengambil unsur terpentingnya yaitu Oksigen (O2) yang merupakan salah satu bahan untuk memperoleh ATP atau energi.

Gangguan yang terjadi pada sistem pernapasan

Dalam gangguan yang terjadi pada pernapasan, ada beberapa gangguan seperti kelainan atau penyakit. Penyakit atau kelainan yang menyerang system pernapasan ini dapat menyebabkan terganggunya proses pernapasan.


Berikut adalah beberapa contoh gangguan pada system pernapasan pada manusia, yaitu :

1. Asma

Asma merupakan suatu kelainan pyang terjadi akibat dari penyumbatan saluran pernapasan yang disebabkan oleh alergi, seperti debu, bulu ataupun rambut. Kelainan ini dapat diturunkan. Dan juga kelainan ini juga dapat kambuh jika suhu lingkungan sekitar cukup rendah atau keadaan dingin.

2. Tuberkulosis (TBC)

Penyakit ini merupakan suatu penyakit paru-paru yang disebabkan oleh Bakteri Mycobacterium tuberculosis. Bakteri tersebut menimbulkan bintil-bintil pada dinding alveolus. Jika penyakit ini menyerang dan dibiarkan semakin luas, maka dapat menyebabkan sel-sel paru-paru mati. Akibatnya paru-paru akan kuncup atau mengecil. Hal demikianlah yang menyebabkan para penderita TBC napasnya sering terengah-engah.

3. Influenza (flu)

Gangguan flu ini merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus influenza. Penyakit ini timbul dengan gejala bersin-bersin, demam dan pilek. Gangguan ini memang yang paling sering terjadi pada manusia yang menurut saya tidak ada obat permanen yang mampu membunuh secara abadi flu ini. Karena suatu saat ketika kita sembuh pasti suatu saat pula kita akan terkena flu kembali. Namun hal ini tidak perlu dikhwatirkan sekali namun tetap juga jangan disepelein agar tidak menjadi suatu gangguan yang menjadi berbahaya.

4. Bronkhitis

Gangguan penyakit ini terjadi pada cabang batang tenggorokan akibat infeksi. Gejalanya bias dilihat yaitu si penderita mengalami demam dan menghasilkan lender yang menyumbat batang tenggorokan. Akibat dari gangguan ini si penderita akan mengalami sesak napas.

5. Emfisema

Gangguan ini merupakan penyakit pada paru-paru. Paru-paru tersebut mengalami pembengkakan karena pembuluh darahnya kemasukan udara.

6. Kanker paru-paru

Penyakit ini merupakan gangguan yang menjadi salah satu yang paling berbahaya. Sel-sel kanker pada paru-paru terus tumbuh tidak terkendali. 


Penyakit ini lama kelamaan dapat menyerang tubuh. Salah satu pemicu terjadinya kanker paru-paru adalah kebiasaan merokok. Merokok dapat memicu terjadinya kanker paru-paru dan kerusakan paru-paru. 

Oleh sebab itu bagi perokok maupun yang tidak perokok untuk lebih menghindari orang yang sedang merokok maupun sebagai perokok aktif sebelum terjadinya penyakit kanker paru-paru yang dapat membunuh diri sendiri.

Sekianlah penjelasan dari saya tentang gangguan pada sistem pernapasan pada manusia semoga dapat berguna dan bermanfaat bagi anda untuk lebih paham dan mengerti serta lebih perhatian dan peduli untuk menjaga kesehatan pada sistem pernapasan yang kita miliki dan harus syukuri kepada Tuhan Yang Maha Esa. 


Salam GENUS (Generasi Penerus)
Loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.