Teori dan Macam-macam Gaya dalam Fisika

Diposting pada 1.320 views

Pengertian Gaya Fisika

Gaya fisika merupakan suatu dorongan atau tarikan yang menyebabkan adanya perubahan atau perpindahan posisi pada benda yang dikenai gaya-gaya tersebut. Sehingga dapat dikatakan bahwa gaya terjadi pada satu benda dengan benda lainnya yang mendapat perlakuan tarikan maupun dorongan.

Gaya Fisika
Gaya Fisika

Untuk lebih memahami tentang gaya fisika, kami akan memberikan ulasan selengkapnya pada halaman ini. Berikut penjelasan selengkapnya.

Sifat-sifat Gaya Fisika

Dalam ilmu fisika, gaya memiliki tiga sifat dalam kinerja-nya. Berikut beberapa sifat tersebut :

  1. Gaya mampu mengubah arah gerakan benda
  2. Gaya mampu mengubah bentuk suatu benda
  3. Gaya mampu membuat benda bergerak atau berpindah posisi

Pengukuran Gaya Fisika

Besar kecilnya suatu gaya dapat diukur dengan suatu alat yang bernama Neraca Pegas. Gaya memiliki Satuan International yang bernama Newton (N) dan gaya sendiri disimbolkan dengan huruf F (Force). Selain Newton, gaya juga memiliki satuan lain yaitu dyne (1 Newton = 105 dyne).

Macam-macam Gaya Fisika

Gaya dibedakan menjadi dua macam, yaitu gaya sentuh dan gaya tak sentuh.

1. Gaya Sentuh

Gaya sentuh merupakan salah satu jenis gaya yang harus terjadi sebuah kontak langsung atau saling bersentuhan antara benda yang dikenai gaya dengan yang mengerjakan gaya.

Beberapa jenis gaya yang termasuk dalam kelompok gaya sentuh adalah sebagai berikut :

a. Gaya Pegas

Gaya pegas merupakan sebuah gaya yang terjadi pada benda yang memiliki pegas atau memiliki elastisitas. Jadi hasil dari gaya pegas adalah berupa rapatan dan regangan.

Contoh :

  • Anak panah yang meluncur dari busurnya
  • Shockbeaker motor ketika sedang dipakai
  • Batu yang digunakan pada katepel
  • Menarik karet gelang

b. Gaya Gesek

Gaya gesek terjadi ketika ada peristiwa gesekan antara dua buah benda. Luas permukaan benda berbanding lurus dengan besarnya gaya gesek yang ditimbulkan.

Contoh :

  • Memotong kayu dengan menggunakan gergaji
  • Mengamplaas dinding dengan kertas gosok
  • Kendaraan yang melaju akan berhenti ketika direm
  • Mengasah pisau

c. Gaya Otot

Gaya otot terjadi ketika timbul adanya tarikan dan dorongan pada suatu benda. Yang dapat menghasilkan gaya otot tersebut adalah manusia dan hewan.

Contoh :

  • Mendorong meja
  • Sapi menarik gerobak
  • Melakukan tarik tambang
  • Membawa ember
  • Menendang bola

d. Gaya Mesin

Gaya mesin juga termasuk dalam kategori gaya sentuh. Gaya ini dapat terjadi akibat adanya kinerja dari sebuah mesin. Contoh : mesin mobil yang dapat menggerakkan mobil tersebut, dan lain-lain.

6. Gaya Tak Sentuh

Jenis gaya tak sentuh merupakan suatu gaya yang terjadi tanpa adanya kontak langsung ataupun sentuhan pada kedua benda, baik yang dikenai gaya maupun yang mengerjakan gaya. Beberapa kelompok gaya yang termasuk dalam gaya tak sentuh adalah sebagai berikut :

a. Gaya Gravitasi

Proses terjadinya gaya gravitasi yaitu ketika terdapat suatu benda pertama menarik benda lainnya menuju posisi benda pertama tersebut. Contoh gaya gravitasi sangat banyak yang terjadi pada kehidupan kita di bumi ini. Karena bumi merupakan salah satu planet yang memiliki gaya gravitasi kuat.

Contoh :

  • Buah-buahan yang jatuh dari pohonnya
  • Sebuah benda akan kembali ke bawah ketika dilempar ke arah atas

b. Gaya Listrik

Sesuai dengan namanya, bahwa gaya listrik terjadi pada sebuah benda memiliki muatan listrik yang berada di dalam area medan listrik.

Contoh penerapan gaya listrik adalah pada alat-alat elektronik, penggaris plastik yang digosokkan pada rambut dapat mengangkat rambut-rambut tersebut, serpihan kertas yang bergerak ketika didekatkan dengan sisir, serta cahaya yang dihasilkan pada lampu.

c. Gaya Magnet

Gaya berikutnya adalah gaya magnet yang terjadi pada benda yang bersifat magnet sehingga timbul suatu tarikan dan dorongan. Contoh terjadinya gaya magnet adalah ketika kita mendekatkan magnet pada benda-benda yang terbuat dari besi.

Gaya magnet sering diterapkan pada orang-orang yang mencari barang rongsokan, serta tukang arloji yang mencari jarum jam.

Selain itu, gaya magnet juga dapat kita buktikan dengan meletakkan beberapa jarum di atas meja. Jarum-jarum tersebut akan bergerak dan menempel pada magnet yang kita dekatkan lokasinya.

Demikian penjelasan tentang teori gaya pada ilmu fisika serta jenis-jenisnya. Semoga bermanfaat dan menjadi bahan referensi yang membantu proses pembelajaran.

Loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.