Hal Penting Ketika Ayam Siam Anda Sesudah Diabar/Dilaga

Diposting pada 242 views
Ilmu Pengetahuan ( Event Zero Indonesia ) Salam guyub sebelumnya saya ucapkan kepada para penghobi ayam baik yang masih belajar tentang ayam siam hingga yang senior. Artikel ini sedikit memberi informasi tentang ayam siam atau ayam Bangkok sebagai kiblat-nya ayam aduan yang berasal dari Negara Gajah Putih atau Thailand. 

 Ketika anda setelah abar atau di laga dalam suatu perkumpulan penghoby ayam atau-pun di dekat rumah anda untuk mengetes kemampuan ayam atau melatih ayam untuk cari urat kata abang-abang senior. Tentu saja setelah itu ayam pasti akan memerlukan perhatian yang ekstra dan sebelum anda ngopi-ngopi bersama teman-teman satu perkumpulan penghobi ayam siam ini, ada baiknya anda terlebih dahulu mengamankan amunisi jagoan anda sebelum ajal menjemputnya.

Bukan menakuti cuma kita tidak tahu takdir ayam atau jagoan anda tutup usia. Oleh karena itu artikel ini akan memberi sedikit informasi hal penting yang harus dilakukan ketika ayam siam anda sudah di abar atau di laga baik dalam waktu yang sedang maupun dalam waktu yang lama. Berikut adalah sajiannya berdasarkan pengalaman yang saya lihat dan praktekkan.

1. Membasahi Ayam dengan baik dan Benar

Ketika anda selesai meng-abar atau melaga ayam anda, tentu hal yang awal biasa dilakukan orang adalah membasahi hampir seluruh bagian tubuh ayam dengan bantuan spon dan air. Namun yang perlu diketahui dalam membasahinya jangan sampai benar-benar basah kuyup seperti ayam yang habis mandi hujan. 

Ketika dibasahi harus di lap kembali hingga agak kering atau biasa digunakan dengan spon itu juga digunakan untuk menghisap air yang digunakan tersebut. Penggunaan air pada saat ayam di abar atau di laga tentu saja gunanya untuk mendinginkan ayam yang sangat kelelahan dan mengembalikan sedikit tenaga ayam pada saat itu. 

Dan tidak lupa juga diberikan minum secukupnya agar ayam tidak terlihat ngos-ngosan dalam pengambilan nafas. Cara pengelapan/ pembasahan bagian ayam ketika siap di abar/ di adu juga memiliki peran dan teknik yang sangat berpengaruh pada ayam. Sebab ketika saya melihat para senior membasahi ayamnya yang saat itu ngos-ngosan ketika dibasahi berdsarkan pengalaman yang ia dapat, dengan seketika ayam tersebut berhenti ngos-ngosan. 

Hal Penting Ketika Ayam Siam Anda Sesudah Diabar/DilagaBahkan seakan-akan ayam tersebut bugar kembali seperti ayam yang belum di adu. Ketika itu saya melihat bagian ayamnya yang dibasahi yang dapat kita contoh yaitu, pertama kali pada bagian anusnya beberapa kali dengan spon. Kenapa mesti anusnya? Karena anusnya merupakan salah satu bagian yang cepat sekali merasakan respon dingin pada air dan bagian tersebutlah yang paling panas sebanarnya pada ayam yang siap di abar atau dilaga. 

Kedua pada bagian atas anus, ketika bagian dalam sayap, ke empat bagian pangkal leher, kelima pada bagian paha dan yang terakhir pada bagian wajah ayam biar lebih fresh dan bersih dari kuman-kuman atau darah-darah yang masih melekat diwajahnya serta biar kelihatan tampan pastinya ayam aduan kita, hehehe. Kemudian tunggu keringlah benar-benar keringlah ayamnya.

2. Memeriksa dan Mengobati Luka Ayam

Langkah berikutnya yaitu mengobati luka ayam. Tentu saja ketika ayam anda siap meng-abar atau melaga ayam anda, pasti ada saja luka-luka, baik kecil maupun luka besar. Ketika itu periksalah seluruh bagian ayam anda apakah semua dengan keadaan normal atau ada bagian yang terluka dan cedera. 


Ketika anda sudah memeriksanya, lakukan hal bijak yang bisa anda lakukan saat itu. Ketika anda mendapati luka-luka pada wajah ayam anda obatilah dengan obat merah Die Da Yao Jing. Beli saja di Toko obat cina. Ini merupakan obat merah yang paling cepat penyembuhannya, karena dari kecil saya sudah menggunakannya hingga saya kena omelin ortu saya Karen ne obat kan untuk manusia dan kategori mahal tapi mala saya gunakan untuk mengobati ayam. 

Dan ketika anda melihat ada memar-memar baik pada badan maupun wajah, olesin saja minyak kusut/urut yang nama pundopuro atau balsam pun bias, pokoknya minyak yang dapat meringgankan memar sambil sedikit mengurut-urut biar makin enak ayam kit abos keluar semua angina-anginnya.

3. Memberi Asupan Makanan

Ketika di langkah kedua anda sudah anda lakukan yang terakhir adalah memberikan asupan gizi yang baik dan tepat sesuai kebutuhan ayam. Namun perlu anda ketahui sebelumnya itu, untuk pertolongan pertamalah dibilng buat si ayam, terlebih dahulu berikan ayam anda tomat, kunyit dan gula merah kalau ada atau yang manis-manis. 


Gunanya tomat sebagai antioksidan untuk menangkap radikal bebas atau racun-racun dalam tubuh dan mendinginkan bagian dalam tubuh ayam dll, kunyit gunanya untuk membunuh kuman-kuman atau bakteri pada bagian dalam tubuh ayam mau tahu ada luka dalam juga, jadi kunyit berguna untuk menstrelilkannya dan terakhir gula merah atau manis-manisan berguna untuk mengembalikan tenaga ayam secara cepat. 

 Setelah itu anda dapat memberikan makanan-makan yang mengandung karbohidrat dan protein, seperti pur 201,202 atau 594. Biar enakan makannya bila disbandingkan jagung yang masih sulit dicerna dan lama prosesnya.

Demikianlah artikel ini dibuat semoga dapat membantu dan bermanfaat bagi anda tentang hal yang penting dilakukan ketika ayam siap di abar atau dilaga.

Salam GENUS (Generasi Penerus)
Loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.