Ingatkah Anda Yang Ditemukan Oleh Thomas Alva Edison

Diposting pada 182 views
Ilmu Pengetahuan ( Event Zero Indonesia ) Banyak diantara kita mungkin saat ini sudah tidak mengenal Thomas Alva Edison. Di dalam artikel ini akan memberikan suatu sajian informasi yang ringkas dan ringan untuk dibaca dalam menambah pengetahuan dan wawasan kita tentang penemuan yang sudah sangat membantu kehidupan manusia hingga saat ini dapat kita rasakan dari penemuan beliau tersebut. Mengapa tidak, diketahui bahwa Thomas Alva Edison telah banyak menemukan sesuatu hingga mencapai 3000 penemuan di sepanjang masa. Salah satu dari penemuannya yaitu lampu listrik, sistem distribusi listrik, lokomotif listrik, stasiun tenaga listrik, mikrofon, kinetoskop (proyektor film), laboratorium riset untuk industri, fonograf (berkembang jadi tape-recorder), dan kinetograf (kamera film) dan masih banyak lagi penemuan yang telah ditemukan beliau semasa hidupnya.


Dari penemuannya tersebut telah membangkitkan industri-industri besar bagi industri listrik, rekaman dan film yang akhirnya mempengaruhi kehidupan masyarakat di seluruh dunia. Dia juga dikenal sebagai penemu yang menerapkan prinsip ‘produksi massal’ bagi penemuan-penemuannya. Thomas Alva Edison adalah penemu dari Amerika dan merupakan satu dari penemu terbesar sepanjang sejarah


Beliau mulai bekerja pada usia yang sangat muda dan terus bekerja hingga akhir hayatnya. Beliau sendiri memperoleh keahliannya dalam bidang kelistrikan dan telegraphy (telegraph untuk komunikasi) pada usia belasan tahun. Pada tahun 1868, di usia 21 tahun, dia telah mengembangkan dan mempatenkan penemuannya yang berupa sebuah mesin yang merekam telegraph.


Saat di masa kanak-kanaknya beliau hanya bersekolah di sekolah yang resmi selama tiga bulan, selanjutnya semua pendidikannya diperoleh dari ibunya yang mengajari beliau di rumah. Ibu Thomas A.E. mengajarkan kepadanya cara membaca, menulis, dan matematika. Dia juga sering memberi dan membacakan buku-buku bagi beliau, antara lain buku-buku yang berasal dari penulis seperti Edward Gibbon, William Shakespeare dan Charles Dickens. Ketika di usia 12 tahun, beliau memperoleh penghasilan dengan cara bekerja menjual koran dan surat kabar, buah apel, serta gula-gula di sebuah jalur kereta api. Di usia itu pula, beliau hampir mengalami kehilangan seluruh pendengaran karena penyakit yang dideritanya, penyakit itu membuatnya menjadi setengah tuli. 

Hal tersebut semakin jelas ketika ditemukannya dari berbagai sumber terutama dalam Diarinya, beliau pernah menulis bahwa : “Saya tidak pernah mendengar burung bernyanyi sejak saya berusia 12 tahun.”


Pada usia 15 tahun, beliau sambil tetap berjualan, membeli sebuah mesin cetak kecil bekas yang selanjutnya dipasang pada sebuah bagasi mobil. Kemudian dia mencetak korannya sendiri, WEEKLY HERALD, yang di cetak, diedit dan dijualnya di tempat dia berjualan. Beliau melakukan percobaan dan eksperimen terus menerus hingga penemuan-penemuannya menjadi sempurna. Kata- kata yang tepat untuk menggambarkan kepandaian beliau adalah: “Genius adalah 99% kerja keras”.


Demikianlah artikel ini dibuat semoga dapat membantu dan bemanfaat bagi anda tentang Thomas Alva Edison.

Salam GENUS (Generasi Penerus)

Loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.