Jaringan tumbuhan

Diposting pada 206 views

Macam jaringan di dalam tumbuhan :

Jaringan tumbuhan

a. Jaringan meristem

Sel- sel pada jaringan meristem memiliki kemampuan untuk membelah diri, jaringan ini terdapat pada kambium dan titik tumbuh. Jaringan meristem pada titik tumbuh yang berfungsi untuk pertumbuhan primer, sedangkan jaringan meristem pada kambium berfungsi untuk pertumbuhan sekunder.

b. Jaringan pengangkut

Jaringan pengangkut dibedakan menjadi dua, yaitu xilem dan floem. Xilem berfungsi mengangkut air dan zat yang terlarut dari akar ke daun. Floem berfungsi mengangkut hasil fotosintesis dari daun ke seluruh tubuh tumbuhan.

c. Jaringan endodermis

Jaringan endodermis terdapat pada akar dan batang. Jaringan ini berfungsi sebagai pelindung untuk mengatur gerakan air dan garam mineral yang masuk kedalam pembuluh pengangkut.

d. Jaringan epidermis

Jaringan ini terdapat du permukaan organ tubuh tumbuhan, dan berfungsi sebagai pelindung jaringan yang ada dibawahnya.

Jaringan tumbuhan

e. Jaringan mesofil

Jaringan ini terdapat dalam lamina daun. jaringan ini terdiri atas jaringan palisade dan jaringan bunga karang yang mengandung klorofil. Klorofil tersebut berfungsi untuk proses fotosintesis.

f. Jaringan parenkim

Jaringan parenkim pada daun dibedakan menjadi dua yaitu parenkim palisade dan parenkim spons. Parenkim palisade memiliki klorofil sehingga dapat berfotosintesis. Parenkim spons merupakan tempat penyimpanan hasil untuk sementara waktu.

g. Jaringan kolenkim

Jaringan palenkim merupakan jaringan yang dinding selnya mengalami penebalan dari selulosa, jaringan ini berfungsi sebagai penguat/ penyokong tubuh.

h. Jaringan sklerenkim

Jaringan  ini dinding selnya mengalami penebalan dari lignin.
[post_ads]

Loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.