Jenis-jenis Tulang Beserta Fungsinya

Kalian tahu berapa jenis tulang yang terdapat di dalam tubuh kita? Berapa banyaknya? Dan fungsinya apa saja? Untuk anda yang ingin tahu, silahkan baca artikel ini sampai selesai.

Apa itu tulang?

Tulang merupakan jaringan yang tersusun dari sel dan didominasi oleh osteoid, yaitu matrix collagen ekctracelular. Osteoid inilah yang membuat tulang menjadi kuat dan kaku, karena osteoid dimineralisasi deposit yaitu deposit calsium hydroxyapatite.

1. Jenis – Jenis Tulang Yang Ada Pada Tubuh Manusia

Jenis tulang yang terdapat dalam tubuh manusia pada umumya dapat dibagi menjadi 3 berdasarkan letaknya, yaitu:

a. Jenis Tulang Berdasarkan Letak

Tulang-tulang yang saling berhubungan satu sama lain di dalam tubuh membentuk suatu rangka. Tulang-tulang yang menyusun rangka tubuh manusia bisa diklasifikasikan menjadi 3, yaitu:

• Tulang Tengkorak

Jenis Tulang Tengkorak
Jenis Tulang Tengkorak

Penyusun tulang tengkorak ini ternyata adalah berupa tulang pipih yang bersambungan satu sama lain. Pada bayi yang baru lahir, di tulang tengkorak-nya terdapat celah yang lebar pada sambungannya, disebut fontanela.

Fungsi tulang tengkorak ini untuk melindungi organ tubuh yang penting yang strukturnya lunak, seperti otak dan mata. Tulang tengkorak juga berperan penting dalam membentuk wajah.

• Tulang Badan

Jenis Tulang Badan
Jenis Tulang Badan

Tulang badan merupakan cikal bakal penentu bentuk badan manusia. Rangka yang menyusun badan terdiri dari tulang belakang, tulang dada, tulang rusuk, tulang gelang bahu dan tulang gelang panggul.

Fungsi dari tulang badan ini adalah untuk melindungi alat-alat tubuh penting, seperti paru-paru dan jantung.

• Tulang Anggota Gerak

Jenis Tulang Anggota Gerak
Jenis Tulang Anggota Gerak

Tulang anggota gerak yang ada di tubuh kita tersusun atas 2 lengan dan 2 kaki.Lengan disebut juga sebagai anggota gerak atas, sedangkan kaki merupakan anggota gerak bawah.

Tulang pada lengan atas atau humerus, pada ujung atasnya berhubungan dengan gelang bahu, dan pada bagian lainnya berhubungan dengan lengan bawah.

Tulang-tulang yang membentuk pergelangan tangan terdiri dari tulang rawan bawah yang disebut tulang pengumpil atau radius, dan ulna atau tulang hasta.

Tulang kaki; merupakan tulang hasil penggabungan tulang paha atau femur dengan gelang panggul yang saling berhubungan. Tulang paha pada ujungnya dihubungkan oleh tungkai bawah yang tersusun atas 2 tulang, yaitu tulang kering atau tibia dengan tulang kering atau fibula. Terdapat tulang tempurung lutut diantaranya, atau patela.

b. Jenis Tulang Berdasarkan Jaringan yang Menyusunnya

Tulang kita dapat dibagi menjadi 2 berdasarkan jaringan yang menyusunnya, yaitu:

• Tulang Keras

Jenis Tulang Keras
Jenis Tulang Keras

Sifat tulang keras ini memang kaku dan keras, sehingga disebut tulang keras, yang tersusun dari zat fosfor dan kapur. Seiring bertambahnya usia seseorang, semakin banyak zat kapur, semakin keras dan kaku pula tulangnya. Hal ini menyebabkan tulang mudah patah.

• Tulang Rawan

Jenis Tulang Rawan
Jenis Tulang Rawan

Disebut tulang rawan karena memang sifatnya yang liat dan sangat lentur. Zat antar sel-nya juga banyak mengandung zat kapur dan zat perekat. Zat perekat biasanya juga disebut kolagen, dan sangat berperan dalam penyambungan tulang jika terjadi tulang patah atau retak.

Tulang rawan dapat kita jumpai di area hidung, telinga, sambungan antar tulang dan juga di setiap ujung tulang keras.

c. Jenis Tulang Berdasarkan Bentuknya

Jenis Tulang Berdasar Bentuk
Jenis Tulang Berdasar Bentuk

Tulang dapat digolongkan menjadi 3 jenis berdasarkan bentuknya, yaitu:

• Tulang Pipih

Sesuai dengan namanya, tulang pipih juga berbentuk pipih. Bagian dalam tulang pipih berisi sumsum merah dan berongga-rongga seperti membentuk spons.

Contoh tulang pipih terdapat pada tulang belikat, tulang rusuk, tulang dada dan pelipis.

• Tulang Pendek

Berbentuk pendek bulat dan diisi sumsum merah. Contoh tulang pendek terdapat pada tulang pergelangan tangan, ruas tulang belakang, tulang pergelangan kaki dan ruas pada tulang jari.

• Tulang Pipa

Tulang pipa ini bentuknya seperti pipa, panjang dan bulat. Tulang pipa terdapat pada tulang paha, tulang lengan atas dan tulang hasta.

2. Fungsi Tulang pada Tubuh Manusia

Selain fungsi tulang yang sudah sempat saya sebutkan di beberapa penjelasan sub judul di atas, ada beberapa fungsi lagi yang harus Anda ketahui, yaitu:

  • Sebagai penegak atau penahan tubuh.
  • Sebagai pemberi bentuk pada tubuh.
  • Sebagai pelindung organ tubuh vital.
  • Sebagai tempat dimana sel darah merah dibentuk.
  • Sebagai tempat penyimpan cadangan lemak yang terdapat di sumsum kuning.
  • Sebagai tempat menyimpan kalsium dan fosfor.
  • Sebagai tempat melekat-nya otot.

Demikian sekiranya artikel tentang jenis dan fungsi tulang yang ada pada tubuh manusia. Semoga bermanfaat.

Loading...
loading...

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *