Macam Jenis Serta Manfaat Vitamin

Diposting pada 168 views
Di dalam asupan makanan dan minuman yang Anda konsumsi setiap hari, terdapat Vitamin yang mampu memenuhi kebutuhan nutrisi harian yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Lalu apakah Anda tahu apa saja jenis Vitamin ? Dalam artikel ini akan kita bahas tentang macam jenis Vitamin.
Vitamin sangat diperlukan oleh tubuh, bahkan tidak sedikit orang yang mengkonsumsi Vitamin tambahan berupa suplement untuk mempercepat proses penyembuhan atau hanya sekedar penunjang agar tidak drop saat menjalani rutinitas pekerjaan yang menyita waktu dan energi.
Jenis Vitamin
Jenis Vitamin

Berikut Macam Jenis Vitamin Beserta Manfaatnya :

1. Vitamin A

Retinol atau disebut juga Vitamin A berguna untuk menjaga kesehatan mata, antiaging, mengoptimalkan tumbuh kembang janin, antioksidan, dan mencegah malaria.
Kekurangan Vitamin A dapat mengakibatkan katarak, rabun senja, mengalami infeksi, dan membuat kulit kering atau keriput.

Sumber Vitamin A dapat berasal dari, wortel, sayur, hati, daging, serta minyak ikan.

2. Vitamin D

Vitamin ini memiliki peran dalam mengatur penyerapan kalsium dan Fosfat dalam saluran pencernaan juga dapat mengatur kalsifikasi pada tulang dan gigi .
Kekurangan Vitamin D dapat mengakibatkan pertumbuhan gigi terhambat, racketis, gejala tulang menjadi lunak, pembiaran sendi – sendi pada sambungan tulang, perubahan tulang dada atau depormitas, pertumbuhan gigi terlambat, kejang – kejang.
Sumber vitamin D dapat berasal dari ikan salmon, sarden, kuning telur, dalam minyak ikan , mentega, susu yang diperkaya sterol yang dibutuhkan, atau berjemur disinar mata hari pagi.

3. Vitamin E

Selain berfungsi untuk melindungi dan menguatkan jaringan pada kulit serta membantu elastisitas-nya. Namun, Vitamin E ini juga mengandung zat anti oksidant,asam lemak tak jenuh, dan karotin.
Kekurangan Vitamin E menyebabkan anemia hingga kemandulan, selain itu kekurangan Vitamin E membuat kulit Anda kering dan mudah keriput atau penuaan dini.

Sumber Vitamin E dapat berasal dari alpukat, sayuran hijau, minyak sawit , minyak kedelai, minyak jagung, kacang – kacangan , margarin , susu, dan lain sebagainya.

4. Vitamin K

Berperan untuk menggumpalkan atau membekukan darah, sehingga Vitamin ini mampu mencegah keguguran pada kehamilan.
Kekurangan Vitamin K dapat mengakibatkan terjadinya pendarahan yang cukup lama karena peran Vitamin K dalam membekukan darah dalam tubuh tidak terpenuhi.
Sumber vitamin K dapat berasal dari tumbuhan hijau seperti, bayam, sawi, kol, selada, teh hijau, dan lain sebagainya.
Itulah sedikit informasi mengenai beberapa macam jenis serta manfaat Vitamin bagi tubuh, semoga dari artikel ini Anda dapat menyadari betapa pentingnya fungsi Vitamin bagi tubuh.
Loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.