Kajian Hukum Pernikahan Sesama Jenis

Diposting pada 107 views
Ilmu Pengetahuan ( Event Zero Indonesia ) Banyak yang bertanya-tanya apakah legal di Negara Indonesia kita ini suatu perkawinan sesama jenis. Sebab hal tersebut telah banyak diperbincangkan dan dibahas yang bukan hanya di dalam negeri tapi hingga ke mancanegara. Dari hal tersebut artikel ini hadir untuk memberi sedikit penjelasan dan ringkasan yang dapat membantu anda untuk menelaah tentang perkawinan yang dilakukan oleh sesama jenis untuk dapat anda pertimbangkan dan pikirkan dengan bijaksana.

Di dalam Undang- undang Indonesia yang terdapat pada Pasal 1 Undang-Undang No. 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan (UU Perkawinan
Sumber : http://www.hukumonline.com/pusatdata/detail/26834/node/18/uu-no-1-tahun-1974-perkawinan
dikatakan di surat tersebut bahwa perkawinan adalah “ikatan lahir batin antara seorang pria dengan seorang wanita sebagai suami istri”. 


Secara jelas untuk mempermudah anda tentang definisi perkawinan dalam udang-undang tersebut bias dijelaskan bahwa di dalam Pasal 1 bahwa “Perkawinan ialah ikatan lahir batin antara seorang pria dengan seorang wanita sebagai suami istri dengan tujuan membentuk keluarga (membentuk rumah tangga) yang bahagia dan kekal berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa”.

Kajian Hukum Pernikahan Sesama JenisPerlu anda ketahui pula bahwa di dalam Undang-Undang, juga terdapat pasal lain yang menegaskan pasal 1, yaitu terdapat pasal 2. Pasal 2 ayat (1) UU Perkawinan dikatakan juga bahwa perkawinan adalah “sah apabila dilakukan menurut hukum masing-masing agamanya dan kepercayaannya”. Tentu saja hal tersebut berarti selain negara hanya mengenal perkawinan antara wanita dan pria, negara juga mengembalikan lagi hal tersebut kepada agama masing-masing. 


Namun bila Negara Indonesia tidak mempermasalahkan jenis kelamin antara pria dan wanita untuk membentuk suatu pernikahan maka perkawinan dengan sesama jenis dapat dikategorikan sah dan legal. Ditambah lagi apabila dalam suatu agama tersebut juga tidak ada pembeda dengan wanita dan pria maka tentu saja dapat dilakukan perkawinan antara sejenis. Tapi sayangnya di Negara Indonesia ini tidak mengakui hal tersebut sehingga untuk Negara Indonesia perkawinan sejenis dalam kategori ilegal.

Amerika Serikat yang baru-baru ini telah mengesahkan perkawinan yang sejenis. Walau pada dasarnya Negara tersebut menentang dan menganggap perkawinan sesama jenis dalam kategori ilegal. Sehingga ketika disahkannya hukum tersebut membuat Presiden Obama berkomentar tentang itu, bahwa menyebut keputusan ini “sebuah kemenangan bagi Amerika”. “Kemajuan dalam perjalanan ini dapat datang perlahan-lahan, kadang-kadang dua langkah maju, satu langkah mundur,” katanya. “Terkadang, ada hari seperti ini, ketika kemajuan yang lambat namun pasti mendapat imbalan-nya berupa keadilan yang datang bagaikan halilintar.”


Perkawinan sesama jenis ini bukan hanya terdapat di Amerika Serikat saja tapi juga sudah banyak di Negara lainnya yang terlebih dahulu seperti diketahui 
– Belanda (tahun 2001), 
– Belgia (2003), 
– Spanyol (2005), 
– Kanada (2005), 
– Afrika selatan (2006), 
– Norwegia (2009), 
– Swedia (2009), 
– Portugal (2010), 
– Islandia (2010), 
– Argentina (2010), dan lain sebagainya.

Demikianlah artikel ini dibuat semoga dapat membantu dan bermanfaat bagi anda tentang kajian hukum pernikahan sesama jenis.

Salam GENUS (Generasi Penerus)

Loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.