Kelainan dan gangguan pada sistem reproduksi manusia

Pada umumnya sistem reproduksi pada manusia dapat mengalami gangguan akibat banyak faktor salah satunya akibat kelainan atau penyakit. Penyakit pada sistem reproduksi ini dapat disebabkan oleh kuman penyakit, faktor genetik, atau hormon yang terdapat pada individu tersebut. 


Berikut ini merupakan gangguan pada sistem reproduksi pada manusia adalah sebagai berikut :

1. Impotensi

Impotensi adalah suatu ketidakmampuan untuk mempertahankan ereksi penis. Impotensi dapat disebabkan oleh beberapa faktor, anatara lain gangguan produksi hormon testoteron, kelainan psikis, penyakit diabetes mellitus, kecanduan alkohol, obat-obatan (misalnya obat anti tekanan darah tinggi), dan gangguan sistem saraf yang ada pada individu tersebut.

2. Kanker Serviks

Kanker serviks (kanker leher Rahim) banyak dialami wanita yang berusia 40-55 tahun. Kanker serviks diketahui diduga memiliki hubungan erat dengan infeksi Virus Herpes Simpleks tipe dua dan human papilloma virus. Pengobatannya bias dilakukan dengan sinar radioaktif, operasi dan obat-obatan.

3. Tumor Payudara

Tumor yang terjadi di payudara dapat bersifat jinak seperti fibroadenoma, yaitu berupa benjolan yang dapat dihilangkan melalui operasi. Tumor juga dapat bersifat ganas, yang disebut dengan kanker payudara. 


Kanker payudara dialami setelah menopause dan jarang terdapat pada wanita di bawah usia 30 tahun. Pengobatannya dapat dilakukan dengan operasi, obat-obatan maupun dengan sinar radioaktif.

4. Gonorea

Gonorea merupakan penyakit infeksi akut yang menyerang selaput lendir pada uretra, serviks, rectum, sendi, tulang, faring dan mata. Penyakit ini diketahui disebabkan oleh bakteri Neisseria gonorrhoeae. 


Kelainan dan gangguan pada sistem reproduksi manusia
Gonorea ini yang ditularkan dari ibu ke anaknya saat kelahiran dapat menyebabkan kebutaan. Bakteri Neisseria mudah ber-mutasi sehingga dapat tahan terhadap antibiotik. 

Oleh karena itu gonorea harus ditangani secara intensif. Gejala yang ditimbulkan biasanya adalah rasa sakit saat buang air kecil dan keluarnya nanah berwarna kuning kehijauan dari uretra.

5. AIDS (Acquired Immunodeficiency Syndrome)

Penyakit AIDS ini disebabkan oleh Human Immunodefeciency Virus (HIV) yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia, sehingga penderita AIDS menjadi rentan terhadap berbagai macam penyakit infeksi. 


Penyakit flu saja dapat menyebabkan kematian bagi penderita AIDS. Gejala yang ditimbulkan dari AIDS ini sangat sulit untuk diamati karena mirip gejala penyakit lain. Untuk mengetahui ataupun memastikan seseorang terkena AIDS atau terinfeksi HIV diperlukan tes khusus. 

AIDS ini dapat ditularkan dari hubungan seksual, transfusi darah atau dari penggunaan jarum suntik yang tidak steril bahkan dapat dari ibu yang mengandung bayi sehingga bayi tersebut dapat terkena AIDS. 

Berdasarkan perkembangan dan kemajuan teknologi di dalam medis, untuk penanganan atau-pun penyembuhan jenis penyakit ini, belum diketahui obat atau cara penyembuhan-nya sampai akhir ini belum ada cara atau obat untuk menyembuhkan individu yang terkena AIDS atau terinfeksi HIV.

Demikianlah artikel ini dibuat semoga dapat membantu dan bermanfaat untuk menambah pengetahuan kita.

Salam GENUS (Generasi Penerus)

Loading...
loading...

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *