Kelebihan Dan Kekurangan Motor Induksi Tiga Fasa

Diposting pada 114 views
Ilmu Pengetahuan ( Event Zero Indonesia ) Dalam dunia mesin-mesin listrik digunakan untuk mengubah suatu bentuk energi ke energi yang lain, misalnya mesin yang mengubah energi mekanis ke energi listrik disebut generator, dan sebaliknya energi listrik menjadi energi mekanis disebut motor. Masing- masing mesin mempunyai bagian yang diam dan bagian yang bergerak.


Bagian- bagian yang bergerak dan diam terdiri dari inti besi, dipisahkan oleh celah udara dan membentuk rangkaian magnetik di mana fluksi dihasilkan oleh aliran arus melalui kumparan/belitan yang terletak di dalam kedua bagian tersebut.
Kelebihan Dan Kekurangan Motor Induksi Tiga Fasa

Pada umumnya mesin-mesin penggerak yang digunakan di industri mempunyai daya keluaran lebih besar dari 1 hp dan menggunakan motor induksi tiga fasa. Berikut merupakan kelebihan dan kekurangan induksi tiga fasa bila dibandingkan dengan motor lainnya:

Kelebihan dari Motor Induksi ;

  1. Mempunyai konstruksi yang sederhana
  2. Relatif lebih murah harganya bila dibandingkan dengan jenis motor yang lainnya.
  3. Tidak membutuhkan sikat-sikat, sehingga rugi gesekan bisa dikurangi.
  4. Mudah perawatannya.
  5. Menghasilkan putaran yang konstan
  6. Untuk pengasutan tidak memerlukan motor lain sebagai penggerak mula.

Kekurangan dari Motor Induksi ;

  1. Putarannya sulit diatur
  2. Arus asut yang cukup tinggi, berkisar antara 5 sampai dengan 6 kali arus nominal motor.

Inti besi stator dan rotor terbuat dari lapisan baja silikon yang tebalnya berkisar antara 0,35 mm-1 mm yang tersusun secara rapi dan masing-masing terisolasi secara listrik dan diikatkan pada ujung-ujungnya.

Celah udara yang dimiliki antara stator dan rotator pada motor yang berukuran kecil 0,25 mm-0,75 mm, sedangkan pada motor yang berukuran besar bisa mencapai hingga 10 mm. Celah udara yang besar ini disediakan untuk mengantisipasi terjadinya pelengkungan pada sumbuh sebagai akibat dari pembebanan. Tarikan pada pita (belt) atau badan yang tergantung akan menyebabkan sumbu motor melengkung.

Baca Juga  KONSTRUKSI MESIN ARUS SEARAH

Dari hal tersebut semakin bisa dilihat bahwa motor induksi tiga fasa ini memiliki kelebihan yang lebih baik bila dibandingkan dengan motor lainnya.

Demikianlah artikel ini dibuat semoga dapat membantu dan bermanfaat bagi anda.

Salam GENUS (Generasi Penerus)

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *