Kelebihan dan Kelemahan Sekolah Full Day Untuk Peserta Didik

Diposting pada 4.038 views

Sebelum membahas tentang kelebihan dan kekurangan sekolah full day atau biasa disebut dengan full day school, mari kita ulas terlebih dahulu tentang pengertian full day school. Pengertian full day school secara umum adalah program sekolah yang menyelenggarakan proses belajar mengajar di sekolah selama sehari penuh.

Umumnya sekolah yang menyelenggarakan pendidikan full day school dimulai 07.00 sampai 16.00. Istilah full day school berasal dari kata day school (bahasa Inggris) yang artinya hari sekolah. Pengertian hari sekolah adalah hari yang digunakan sebuah institusi untuk memberikan pendidikan kepada anak-anak (atau usia sekolah).

Kelebihan dan Kekurangan Sekolah Full Day

Kelebihan dan Kekurangan Sekolah Full Day

Kelebihan Full Day School

Konsep Sekolah Full Day sebenarnya bukanlah hal yang baru bagi dunia pendidikan. Selama ini sudah banyak sekolah-sekolah swasta membuka sekolah Full Day. Sistem sekolah Full Day memiliki beberapa kelebihan, diantaranya siswa mendapatkan pembelajaran bervariasi dibandingkan dengan sekolah reguler.

Perkembangan bakat, minat dan kecerdasan siswa juga dapat terispirasi sejak dini melalui pantauan program bimbingan dan konseling dari para guru di sekolah. manfaat lainnya yang didapat dari Sekolah Full day yaitu meningkatnya gengsi orang tua yang memiliki orientasi terhadap hal-hal yang bersifat prestisius.

Kelebihan dengan diterapkannya full day school maka otomatis peserta didik akan menghabiskan lebih banyak waktunya di sekolah. Hal ini akan memudahkan guru dalam mengontrol dan mengawasi perilaku siswanya dan akan meminimalisir pengaruh yang tidak baik dari lingkungan sekitar.

Mengingat usia-usia peserta didik dalam jenjang pendidikan di SD dan SMP merupakan moment yang tepat dalam membentuk kepribadiannya. Melalui diberlakukannya full day school maka guru memiliki lebih banyak waktu mendidik siswa untuk menjadi pribadi yang berkarakter.

Kelemahan Full Day School

Kelemahan full day school jika diterapkan bagi seluruh siswa SD dan SMP yang pertama yaitu program ini belum bisa diterima seluruhnya oleh masyarakat di Indonesia karena perbedaan pendapat dan pandangan.

Selain itu, jika dilihat dari model pembelajarannya yang memerlukan waktu seharian penuh full day school membutuhkan kesiapan fisik dan psikologis siswanya. Jika tidak siap, siswa akan bosan dan frustasi.

Bisa juga siswa akan banyak kehilangan banyak waktu bersama keluarganya di rumah. Anak-anak banyak kehilangan waktu untuk belajar tentang hidup bersama keluarganya di rumah. Selain itu, penerapan konsep full day school ini juga membutuhkan banyak biaya, karena yang jelas jam kerja guru akan bertambah dan otomatis biaya juga bertambah.

Selain itu, pada saat jam istirahat siang para siswa juga membutuhkan makanan. Makanan tersebut harus disediakan atau paling tidak ada di lingkungan sekolah tersebut. Hal itulah yang menyebabkan sekolah Full Day milik swasta biayanya lebih mahal dibandingkan sekolah reguler biasa.

Nah itulah mengenai kelebihan dan kelemahan sekolah full day.

Loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.