Kompetisi dalam Ekologi Hewan

Diposting pada 1.110 views
Kompetisi adalah suatu persaingan atau-pun usaha yang dilakukan suatu individu atau-pun makhluk hidup untuk mendapatkan sesuatu yang diinginkan dari individu lainnya. Di dalam ekologi hewan pada umumnya setiap individu sering sekali bersaing untuk sumber daya alam maupun daya yang memiliki keterbatasan seperti yang paling utama yaitu; makanan, teritorial atau lawan jenis untuk dijadikan pasangan. 

Jenis kompetisi ekologi hewan

Persaingan atau kompetisi pada dunia hewan pada umumnya ada dua jenis, yaitu :

1. Kompetisi interferensi

Kompetisi Interferensi adalah suatu kompetisi atau persaingan yang mengedepankan konfrontasi atau suatu permasalahan untuk memenangkan  suatu persaingan yang dilakukan.

2. Kompetisi eksploitasi sumber daya

Kompetisi eksploitasi sumber daya yaitu  kompetisi yang menonjolkan suatu penekanan pada eksploitasi sumber daya, tanpa ada mengedepankan suatu konfrontasi yang menyebabkan suatu masalah.

Dari banyaknya suatu persaingan pada hewan, pasti ada saja yang cenderung menghadapi dengan adanya konfrontasi secara langsung dalam berbagai bentuk salah satunya pasti dengan bentuk pertarungan. 

Walau pertarungan yang kadang dapat membahayakan hewan  yang terlibat dalam pertarungan, namun secara umum akan berhenti sebelum terjadinya suatu luka serius pada hewan tersebut. 

Hal tersebut berguna untuk menjaga kesintasan populasi hewan tersebut atau dalam arti kelangsungan hidup suatu populasi hewan tersebut apakah bias bertahan atau akan punah akibat tidak mampu bersaing atau ber-kompetisi dengan hewan lain.

Dari sebab itu, banyak spesies hewan akan melakukan suatu display untuk memenangkan kompetisi sebelum diakhiri dengan konflik, apabila display tidak memberikan suatu jalan keluar antara kedua hewan tersebut atau lebih dari itu. 

Dalam penggunaan display, dilakukan untuk memenangkan kompetisi bertujuan untuk mengecilkan atau meminimalisir resiko yang dihadapi atau diterima ketika melakukan suatu pertarungan yang dapat dialami oleh kompetitor. 
Kompetisi dalam Ekologi Hewan

Jadi dari itu banyak hewan yang masih menggunakan display daripada langsung mengadakan pertarungan yang membahayakan.

Strategi kompetisi hewan

Dari sumber yang diketahui bahwa ada 3 strategi yang ditunjukkan oleh hewan ketika terlibat dalam suatu persaingan, yaitu:

1. Strategi Doves

Strategi ini merupakan suatu strategi yang hanya menggunakan display dan tidak pernah terlibat dalam suatu pertarungan.

2. Strategi Hawks

Strategi ini merupakan suatu strategi yang menggunakan pertarungan untuk melukai dan membunuh hewan lain sebagai lawannya dalam pertarungan.

3. Strategi Bourgeois

Strategi ini merupakan suatu strategi yang berperan sebagai hawks jika sebagai pemilik sumber daya dan berperan sebagai Dove jika dalam posisi yang akan merebut sumber daya hewan lain tersebut.

Salah satu contoh hewan yang mengadakan kompetisi itu seperti singa jantan yang ingin merebut singa betina dari singa jantan yang terlebih dahulu bersamanya atau biasa juga dalam merebut suatu wilayah yang menjadi sumber atau wilayah yang banyak terdapat sumber makanan bagi hewan tersebut.

Demikianlah artikel ini dibuat semoga dapat membantu dan bermanfaat bagi wawasan anda tentang kompetisi di ekologi hewan.

Salam GENUS (Generasi Penerus)
Loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.