KONSTRUKSI MESIN ARUS SEARAH

Diposting pada 910 views
Ilmu Pengetahuan ( Event Zero Indonesia )

Ada tiga hal pokok yang menjadi dasar kerja sebuah mesin listrik, yaitu :

  1. Adanya fluks magnet yang dihasilkan oleh kutub-kutub magnet.
  2. Adanya kawat penghantar listrik, yang merupakan tempat terbentuknya gaya.
  3. Gerakan relatif antara fluk magnet dengan kawat penghantar listrik. Dalam hal ini boleh magnet tetap, sedangkan kawat penghantarnya yang bergerak atau sebaliknya.

Dalam konstruksi sebuah mesin arus searah dapat dibagi atas :
1. Bagian stator :
1.1 Rangka generator atau motor
1.2 Inti kutub magnet dan lilitan penguat magnet
1.3 Sikat komutator

1.4 Kamutator
1.5 Jangkar
2. Bagian Rotor :
2.1 Komutator
2.2 Jangkar
2.3 Lilitan Jangkar

KONSTRUKSI MESIN ARUS SEARAH


Berikut beberapa penjelasan hal- hal yang berkaitan dengan KONTRUKSI MESIN ARUS SEARAH :

1.1 Rangka (Frame)

Fungsi utama dari rangka mesin ini adalah sebagai bagian dari tempat mengalirnya fluks, magnet. Karena itu rangka mesin dibuat dari bahan ferromagnetik. Selain itu juga rangka memiliki fungsi untuk meletakkan alat-alat tertentu dan melindungi bagian mesin lainnya. Diketahui bahwasanya mesin-mesin kecil rangkanya dibuat dari besi tuang, sedangkan mesin-mesin yang besar rangkanya dibuat dari pelat campuran baja yang berbentuk silinder.

1.2 Inti Kutub Magnet dan Lilitan Penguat Magnet

Fluks magnet yang terdapat pada mesin listrik dihasilkan oleh kutub-kutub magnet. Kutub magnet diberi lilitan penguat magnet yang berfungsi untuk tempat aliran arus listrik supaya terjadi proses elektromagnetisme. Disamping itu, kutub magnet dibuat dari bahan berlapis-lapis tipis untuk mengurangi panas karena adanya arus pusar yang terbentuk pada kutub magnet buatan tersebut.

1.3 Sikat Komutator

Fungsi utama sikat adalah sebagai penghubung untuk aliran arus dari lilitan jangkar ke terminal luar (generator) atau dari terminal luar ke lilitan jangkar (motor). Karena itu sikat dibuat dari bahan konduktor. Dalam memilih bahan yang digunakan untuk suatu sikat, perlu memperhatikan ; putaran mesin, kerapatan arus yang melalui sikat, tekanan sikat terhadap komutator.

1.4 Komutator

Diketahui bahwa komutator berfungsi sebagai alat penyearah mekanik, yang bersama-sama dengan sikat membentuk suatu kerja sama yang disebut komutasi. Supaya menghasilkan penyearah yang lebih baik, maka komutator yang digunakan jumlahnya banyak.

1.5 Jangkar

Jangkar dibuat dari bahan yang kuat yang mempunyai sifat ferromagnetik dengan permeabilitas yang cukup besar dengan maksud agar kumparan lilitan jangkar terletak dalam daerah yang imbas magnetnya besar sehingga ggl yang terbentuk dapat bertambah besar.

Baca Juga  Perubahan Fisika, Kimia dan sifat Kimia

Demikianlah artikel ini dibuat semoga dapat membantu dan bermanfaat bagi anda.

Salam GENUS (Generasi Penerus)

Loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.