Langkah-Langkah Persiapan Pengoperasian Genset

Diposting pada 823 views
Ilmu Pengetahuan ( Event Zero Indonesia ) Langkah-langkah persiapan yang harus dilakukan adalah memeriksa kondisi mesin dan sistem pendukungnya. Perhatikan pula sistem baterai (accumulator) dalam keadaan stand by dan harus selalu diisi (charging) secara baik sehingga dapat menunjang keandalan dan kesiapan penyalaan mula (start up). 

Bagian-bagian lain yang tidak luput untuk diperhatikan dan diperiksa sebelum genset dioperasikan adalah pemeriksaan sistem bahan bakar (fuel system), pemeriksaan pelumasan (lubrication system), sistem pendingin (cooling system), pemeriksaan sistem udara masuk (air inlet system), pemeriksaan sistem kelistrikan (elctrical system).

1. Pemeriksaan sistem bahan bakar

Diketahui bahwa sebelum melakukan pengisian bahan bakar pada tangki, periksa terlebih dahulu kondisi tangki dan pipa-pipanya bersih dari air, kotoran, dan bahan lainnya yang akan mengganggu sistem pembakaran mesin. Setelah pemeriksaan selesai dilakukan baru lakukan pengisian, yakinkan bahan-bakar berada pada batas level yang mencukupi dengan cara mengamati penunjukan level gauge bahan bakar.

2. Pemeriksaan sistem pelumasan

Pada pemeriksaan ini memiliki tujuan yaitu untuk memastikan bahwa mesin terisi pelumas dengan cukup sehingga bisa melumasi bagian-bagian mesin secara baik untuk menghindari terjadinya keausan pada bagian-bagian mesin. Pemeriksaan minyak pelumas dilakukan dengan cara mencabut tuas duga minyak pelumas (oil level) berada pada level yang seharusnya. Bila level tidak mencuupi maka dapat dilakukan penambahan minyak pelumas dengan menggunakan penuang yang bersih dengan minyak pelumas sesuai standart.
Langkah-Langkah Persiapan Pengoperasian Genset
Ilustrasi

3. Pemeriksaan sistem pendingin

Dalam pemeriksaan ini memiliki tujuan untuk memastikan bahwa mesin beroperasi dengan pendingin yang memadai sehingga terhindar dari proses keausan dan tidak terjadi pemanasan yang berlebihan yang bisa mengakibatkan kerusakan pada mesin atau menurunnya efisiensi mesin.

Baca Juga  Defenisi dan Kelebihan dari Buah Nanas

4. Pemeriksaan sistem udara masuk

Dalam pemeriksaan ini memiliki tujuan untuk memastikan bahwa sistem saringan udara pembakaran dalam kondisi optimal sehingga debu/kotoran dapat tersaring dan tidak masuk ke ruang bakar

5. Pemeriksaan sistem kelistrikan

Dalam pemeriksaan ini memiliki tujuan untuk memastikan bahwa pada start up mesin diesel ini dapat dilakukan tanpa mengalami kesulitan yang diakibatkan oleh kurangnya pasokan tegangan/tenaga listrik dari baterai (accumulator).

Demikianlah artikel ini dibuat semoga dapat membantu dan bermanfaat bagi anda.

Salam GENUS (Generasi Penerus)

Loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.