Aliexpress INT
Kirim Artikel
Need Backlink From This Web PRchecker.info

Macam gangguan dan kelainan yang terjadi pada Ginjal

Ginjal merupakan suatu organ ekskresi / pengeluaran pada manusia yang banyak mengeluarkan sisa-sisa hasil dari metabolisme tubuh. Salah satu hasil dari ekskresi ginjal adalah urine maupun keringat. 


Hal tersebut dibuang dan dikeluarkan karena zat tersebut tidak dapat dipakai kembali atau digunakan lagi dalam proses metabolisme di dalam tubuh dan menjadi racun di dalam tubuh dan apabila tidak dikeluarkan dapat menyebabkan gangguan bagi organ tersebut. 

Ginjal pada manusia dapat mengalami gangguan dan kelainan, antara lain karena serangan bakteri, tumor, abnormalitas bentuk ginjal, atau pembentukan batu ginjal.

Kelainan dan gangguan fungsi ginjal antara lain sebagai berikut:

1. Batu Ginjal

Banyak sudah mengenal jenis penyakit ataupun gangguan yang disebut batu ginjal ini dan pastinya juga banyak terjadi di kehidupan masyarakat luas. Batu ginjal terbentuk karena pengendapan garam kalsium di dalam rongga ginjal, saluran ginjal, atau kantong kemih. 


Batu ginjal ini berbentuk kristal yang tidak dapat larut. Kandungan batu ginjal adalah kalsium oksalat, asam urat, dan kristal kalsium fosfat. Endapan garam ini terbentuk jika seseorang terlalu banyak mengkonsumsi garam mineral dan terlalu sedikit mengonsumsi air.

2. Diabetes mellitus

Diabetes mellitus merupakan suatu penyakit yang hampir di seluruh negara maju mengalami masalah yang namanya diabetes mellitus. Dan kini hingga ke daratan negara berkembang seperti Indonesia. 

Macam gangguan dan kelainan yang terjadi pada Ginjal
Penyakit ini merupakan dampak dari pola gaya hidup yang cenderung lebih banyak mengkonsumsi makanan yang banyak mengadung karbohidrat maupun gula yang tidak selaras dengan aktivitas rutinas yang dijalankan ataupun yang dilakukan sehari-harinya sehingga menyebabkan terjadinya peningkatan kadar gula dalam darah

Secara akademisnya Diabetes mellitus ini adalah penyakit yang muncul karena pancreas tidak dapat menghasilkan atau hanya menghasilkan sedikit hormon insulin. Insulin adalah hormone yang mampu mengubah glukosa menjadi glikogen sehingga mengurangi kadar gula dalam darah

Selain itu insulin juga membantu jaringan tubuh yang menyerap glukosa sehingga dapat digunakan sebagai sumber energi. Diabetes mellitus juga dapat terjadi jika sel-sel hati, otot, dan lemak memiliki respons rendah terhadap insulin. 

Kadar glukosa di urin dan darah diabetes mellitus sangat tinggi. Ini menyebabkan sering buang air kecil, cepat haus dan lapar, serta menimbulkan masalah pada metabolisme lemak dan protein.

3. Ketosi

Katosis adalah ditemukannya senyawa keton di dalam darah. Hal ini dapat terjadi pada orang yang melakukan diet karbohidrat.

4. Hematuria

Hematuria merupakan ditemukannya sel darah merah dalam urin. Hematuria disebabkan peradangan pada organ urinaria atau iritasi akibat gesekan pada batu ginjal.

5. Albuminuria

Albuminuria adalah ditemukannya suatu albumin pada urin. Adanya albumin dalam urin ini merupakan indikasi adanya kerusakan pada membrane kapsul endothelium. Selain itu dapat juga disebabkan oleh iritasi sel-sel ginjal karena masuknya substansi seperti racun bakteri, eter, atau logam berat.

6. Nefritis

Nefritis merupakan suatu kerusakan bagian glomerulus ginjal akibat alergi racun kuman, biasanya disebabkan oleh bakteri streptococcus. Nefritis mengakibatkan seseorang menderita uremia dan oedema. Uremia adalah masuknya kembali asam urin dan urea ke pembuluh darah. Oedema adalah penimbunan air di kaki karena reabsorpsi air terganggu.

Demikianlah artikel ini dibuat semoga dapat bermanfaat dan membantu menambah wawasan anda dalam gangguan dan kelainan yang terjadi pada gingal.

Salam GENUS (Generasi Penerus)

Loading...
loading...

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *