Aliexpress INT
Kirim Artikel
Need Backlink From This Web PRchecker.info

Pengertian dan Macam- macam Gempa Bumi

Macam gempa. Indonesia merupakan salah satu negara yang berada tepat pada pertemuan- pertemuan lempeng- lempeng bumi. Gempa yang berasal dari pergeseran- pergeseran lempeng- lempeng bumi disebut gempa tektonik. Beberapa contoh akibat yang ditimbulkan oleh gempa tektonik ialah gempa di Aceh pada tahun 2004 yang lalu. Kekuatan gempa ini mencapai 9,3 SR.

Gempa ini juga mengakibatkan gelombang tsunami yang memporak porandakan 14 negara yang terkena dampaknya tersebut. Indonesia adalah negara yang paling besar terkena dampak tsunami tersebut. Selain gempa Aceh, juga masih banyak lagi gempa- gempa yang terjadi di Indonesia, salah satunya ialah gempa di Yogyakarta.

Macam Gempa
Macam Gempa

A. Pengertian Gempa Bumi

Gempa Bumi yaitu suatu kejadian dimana bergetarnya permukaan tanah sebagai akibat adanya gelombang seismik terhadap lapisan batuan atau litosfer. Ilmu yang mempelajari tentang gempa bumi sering disebut Seismologi. Sesuai dengan nama ilmu yang mempelajari tentang gempa bumi, alat yang digunakan untuk mengukur kekuatan gempa pun berawalan dengan kata seis, yaitu Seismograf.

B. Macam- macam Gempa

Macam- macam gempa berdasarkan kriteriannya, yaitu:

1. Berdasarkan Penyebabnya, gempa bumi dapat dikelompokan sebagai berikut:

  • Gempa Tektonik, yaitu gempa bumi yang berasal dari pergeseran lempeng- lempeng bumi yang mengakibatkan permukaan tanah menjadi bergerak.
Macam Gempa Tektonik
Macam Gempa Tektonik
  • Gempa Vulkanis, yaitu gempa yang diakibatkan adanya letusan gunung berapi yang sangat keras sehingga tanah disekitarnya menjadi bergerak.
  • Gempa Guguran, yaitu gempa yang diakibatkan runtuhnya masa batuan atau tanah yang sering terjadi teowongan tambang dan gua.

2. Berdasarkan Jarak Hiposentrum-nya

Hiposentrum yaitu pusat gempa yang terletak jauh atau sangat dalam dari perut bumi. Sebaliknya, pusat gempa yang terletak dipermukaan bumi atau diatas hiposentrum disebut Episentrum. Gempa ini sangat berbahaya karena letaknya di permukaan tanah yang dapat menimbulkan kerusakan hebat dan tsunami.

Macam Gempa Pergerakan Lempeng Bumi
Macam Gempa Pergerakan Lempeng Bumi

Berdasarkan Jarak Pusat Gempanya, gempa bumi dapat dibedakan sebagai berikut :

  • Gempa bumi dalam, yaitu gempa bumi yang jarak atau kedalaman hiposentrumnya lebih dari 300 km di bawah permukaan bumi.
  • Gempa bumi menengah, yaitu gempa bumi yang jarak atau kedalaman hiposentrumnya berada antara 100 km dan 300 km di bawah permukaan bumi.
  • Gempa bumi dangkal, yaitu gempa bumi yang jarak atau kedalaman hiposentrumnya kurang dari 100 km dibawah permukaan bumi.

3. Berdasarkan Intensitas atau Kekuatannya

Berdasarkan intensitas atau kekuatan gempa-nya, gempa bumi dapat dibedakan sebagai berikut :

  • Makroseisme, adalah gempa bumi yang ber-intensitas besar dan dapat diketahui secara langsung.
  • Mikroseisme, adalah gempa bumi yang ber-intensitas kecil dan harus alat pengukur kekuatan gempa jika ingin mengetahui intensitas gempan-nya.

Demikian artikel tentang Pengertian dan Macam- macam Gempa  Bumi, semoga bermanfaat. Terima Kasih.

Salam PC (Prestasi Cemerlang)

Loading...
loading...

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *