Macam-macam kelainan dan gangguan pada sistem peredaran darah

Diposting pada 328 views
Kelainan dan gangguan merupakan suatu gejala ataupun masalah yang terjadi pada suatu bagian tertentu yang bias saja terjadi oleh banyak faktor.

Kelainan dan gangguan pada system peredaran darah ini dapat saja timbul karena suatu pewarisan sifat (keturunan), rusaknya alat peredaran darah akibar kecelakaan atau bias saja dari akibat makanan yang dikonsumsi banyak mengandung lemak dan zat kapur.

Zat makanan tersebut dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah atau berkurangnya elastisitas otot jantung dalam mekanisme pompa dan isap. Banyak sekali kelainan dan gangguan yang bias terjadi di dalam system peredaran darah pada manusia yang tidak semua bisa diobati secara medis.


Macam-macam kelainan dan gangguan pada sistem peredaran darah
Hal tersebut bisa terjadi karena sulitnya dan fatalnya yang terjadi serta suatu yang sudah diwariskan turun menurun merupakan suatu hal yang susah pula diobati. Karena hal tersebut sudah menjadi bagian yang tetap di dalam tubuh pasien ataupun si penderita.

Kelainan ataupun gangguan yang terjadi pada system peredaran darah antara lain :

1. Anemia ( kurang darah )

Mungkin hampir semua orang dewasa sudah tahu dan banyak yang mengenal jenis gangguan anemia. Anemia terjadi karena kurangnya kadar Hb atau kurangnya jumlah sel darah merah (eritrosit) di dalam darah.

2. Leukemia ( kanker darah )

Leukemia terjadi karena bertambahnya leukosit secara tidak terkendali dengan baik yang menyebabkan menjadi kanker darah.

3. Hemofilia

Hemofilia merupakan suatu kelainan yang terjadi diakibatkan darah sukar membeku karena faktor hereditas atau keturunan.

4. Penyakit kuning pada bayi ( eritroblastosisfetalis )

Penyakit kuning pada bayi merupakan kejadian yang terjadi akibat rusaknya eritrosit pada bayi atau janin akibat aglutinasi dari antibody ibu, apabila ibu bergolongan darah Rh negative dan embrio Rh positif. Penyakit ini biasa terjadi pada kandungan yang kedua, jika kandungan yang pertama embrio juga bergolongan darah Rh positif.

5. Varises

Varises merupakan suatu pelebaran pembuluh darah di daerah betis.

6. Trombus

Trombus terjadi karena tersumbatnya pembuluh darah karena benda yang tidak bergerak.

7. Embolus

Embolus terjadi karena tersumbatnya pembuluh darah karena benda yang bergerak.

8. Talasemia

Talasemia merupakan anemia akibat rusaknya gen pembentuk hemoglobin yang bersifat menurun.

9. Penyakit jantung koroner (PJK)

Penyakit jantung koroneri terjadi karena penyempitan arterikoronaria yang mengangkut Oksigen ke jantung.

10. Hemoroid (ambeien)

Hemoroid atau ambeien terjadi karena adanya pelebaran pembuluh darah di sekitar dubur (anus).

11. Atherosklerosis

Atherosklerosis terjadi karena adanya pengerasan pembuluh nadi karena endapan lemak yang terjadi secara terus menerus.

12. Arteriosklerosis

Arteriosklerosis terjadi karena adanya pengerasan pembuluh nadi karena penumpukkan atau endapan kapur yang terjadi secara terus menerus.
Baca Juga  Kelainan dan gangguan pada sistem reproduksi manusia

Dari banyaknya masalah kelainan dan gangguan yang terjadi pada sistem peredaran darah banyak para ilmuan dan para medis untuk mencari tahu pengobatan dan obat maupun cara yang tepat untuk mengatasi permasalahan kelainan dan gangguan tersebut. 


Oleh karena itu banyak rekayasa agar tidak terjadinya permasalahan tersebut serta selagi anda sehat, baiknyalah anda mencegah untuk hidup lebih teratur dan menjaga pola makan yang merupakan salah satu terjadinya kelainan dan gangguan pada sistem peredaraan darah.

Demikianlah artikel ini dibuat semoga dapat membantu dan bermanfaat bagi anda untuk lebih menjaga kesehatan dan pola makan sebab itu bisa menghindari anda dari kelainan dan gangguan pada sistem peredaran darah anda.

Salam GENUS (Generasi Penerus)

Loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.